Kelebihan dan Kekurangan Paid Promote

Benarkah paid promote itu menguntungkan? Seperti strategi promosi lainnya, promosi berbayar ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Semula berawal dari para pelaku usaha yang mengirimkan produk mereka ke artis ataupun influencer, dengan imbalan akan mempromosikan produk tersebut di social media mereka. Tapi karena tren itu semakin populer, lahirlah promosi berbayar dimana kamu sebagai pelaku usaha harus membayar akun dengan engagement yang tinggi untuk mempromosikan produkmu. Dengan harapan followers mereka akan tertarik membeli produk yang kamu tawarkan. Lalu, apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari paid promote?

Tarif Jasa Paid Promote Instagram

Tarif Jasa Paid Promote Instagram
Tarif Jasa Paid Promote Instagram

Pada dasarnya tidak ada tarif standar pada jasa paid promote di Instagram. Namun, tentu saja semakin banyak jumlah followers suatu akun, maka semakin mahal tarif yang ditawarkan. Biasanya untuk ratusan ribu followers mematok tarif ratusan ribu rupiah. Sedangkan, untuk followers jutaan mematok tarif jutaan sampai belasan juta rupiah. Kamu bisa mulai dari tarif murah terlebih dahulu, tidak perlu langsung mahal karena yang terpenting akunnya mempunyai followers yang aktif. 

Untuk menanyakan tarif, kamu bisa langsung menghubungi mereka melalui Direct Message (DM) atau beberapa diantara mereka ada yang menyertakan email di bio instagram. Tata bahasa yang digunakan harus sopan, jelas, dan ringkas, jangan lupa gunakan email perusahaan atau instagram perusahaan ya saat menghubungi. Hal ini penting untuk menjaga brand image kamu sendiri.

Contoh bertanya tarif paid promote:

PAID PROMOTE-

Siang, kami dari BRAND BAGUS ingin bertanya perihal paid promote. 

Brand kami memasarkan produk makanan dan berniat untuk mempromosikan produk di akun kamu. Apakah untuk bulan ini ada slot paid promote yang kosong? dan kira-kira tarifnya untuk iklan di instagram feed dan story berapa ya? 

Terima kasih

*Jika melalui DM berikan judul ‘PAID PROMOTE’ agar mereka tau maksud message-mu sebelum membuka chat

*Jika melalui email berikan subject ‘PAID PROMOTE’ agar tersaring khusus sesuai tujuan

Kelebihan & Kekurangan Paid Promote

Benarkah paid promote itu menguntungkan? Pasti banyak di antara kamu yang bertanya-tanya. Seperti strategi promosi lainnya, promosi berbayar ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

KELEBIHAN

1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Biasanya untuk paid promote cenderung menggunakan akun publik dengan angka followers yang tinggi, seperti tahilalat, dagelan, hai_online, cewekbanget.id, dan lain-lain. Jadi kamu akan mendapatkan target audiens yang lebih luas dan lebih banyak dari berbagai daerah.

2. Lebih Murah dan Efektif

Jika dibandingkan dengan instagram ads dan endorsement, paid promote tergolong yang paling murah. Selain harganya yang terjangkau, promosi ini pun efektif meningkatkan engagement kamu. Efektif karena jika konten akun tersebut memiliki engagement yang baik, maka besar kemungkinannya konten tersebut akan masuk ke explore instagram sehingga tidak hanya followers akun tersebut yang melihatnya.

3. Tidak Wajib Mengirimkan Produk

Kamu ga perlu mengirimkan produk karena semua konten promosi ini berasal dari pelaku usaha. Jadi biaya pengiriman dan biaya produk tidak menjadi beban tambahan, cukup membayar biaya paid promote yang telah disepakati, kamu bisa mempromosikan produk terbaikmu.

4. Lebih Mudah dan Terkontrol

Bagian terbaiknya adalah akun pilihanmu akan mudah untuk post konten produk, dengan begitu tidak akan ada istilah ‘telat post’. Permasalahan yang sering muncul ketika seseorang melakukan endorsement adalah influencer telat post karena harus membuat konten terlebih dahulu, tapi tidak dengan paid promote.

KEKURANGAN

1. Kurang Interaktif 

Walaupun banyak manfaatnya, ternyata promosi ini juga memiliki kekurangan. Biasanya konten yang berasal dari pelaku usaha cenderung kaku dan tidak menarik. Berbeda dengan endorsement yang interaktif karena terkesan influencer itu sendiri yang menawarkan suatu produk.

Untuk itu kamu bisa mengantisipasinya dengan membuat video dan menggunakan copywriting yang interaktif dan menarik.

2. Konten Yang Tidak Sesuai

Untuk berhasil mendapatkan engagement yang tinggi, kamu harus tepat memilih akun yang cocok dengan produkmu. Karena harganya yang terjangkau, kamu bisa melakukan promosi di beberapa akun yang berbeda dengan jumlah dan target audiens yang berbeda.

Tanpa perlu lelah mencari daftar akun dengan engagement tinggi, kamu bisa menggunakan paid promote dengan akun afiliasi kompas di sini. Semua akun memiliki target audiens yang beragam, bisa kamu sesuaikan dengan produk yang akan ditawarkan.

Penasaran mau coba paid promote untuk usahamu? Dapatkan konten yang menarik dengan berkonsultasi dengan tim brandztory, hubungi kami melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan peningkatan penjualan.