Tips Buat Toko Online Shop

Tips Membuat Toko Online (Online Shop)

Akhir-akhir ini perkembangan bisnis sedang meroket di industri online seperti marketplace, ecommerce atau toko online sendiri. Berikut Tips dalam Membuat Toko Online (Online Shop):

Blog » Tips Membuat Toko Online (Online Shop)

Akhir-akhir ini perkembangan bisnis sedang meroket di industri online seperti marketplace, ecommerce atau toko online sendiri. Hal ini, berimbas pada maraknya pembuatan toko online oleh pelaku usaha. Apalagi membuatnya cukup mudah dan cepat. Wajar apabila banyak penjual beralih menggunakan sistem digital. Berikut Tips dalam Membuat Toko Online (Online Shop):

Dengan jangkauan yang sangat luas, maka kesempatan menjaring calon konsumen juga semakin besar. Berjualan secara online terbilang sangat efektif dengan beragam kemudahan dan keuntungannya.

Toko online atau Olshop (Online Shop) juga memungkinkan penjual untuk mengelola stok barang menjadi lebih mudah. Selain itu, Olshop tidak memiliki jam operasional seperti toko konvensional. Sehingga, memungkinkan konsumen untuk membeli produk kapanpun dan di manapun.

Tips Mudah Buat Toko Online (Online Shop)

Peran website sebagai media promosi dinilai cukup efektif, karena informasi yang disampaikan dapat diakses dengan mudah oleh calon konsumen. Hal ini membuat pemilihan konten menjadi sangat penting bagi pelaku usaha.

1. Buat Toko Online dengan WordPress

Membuat website toko secara online, tidak sesulit yang dibayangkan. Langkah pertama adalah mencari referensi tema website toko yang sesuai. Kemudian sewa atau beli hosting dan domain untuk menyimpan website toko. Kedua, install CMS WordPress dan plugin WooCommerce di hosting. Berikutnya, download tema website toko melalui panel Dasbor di WordPress. Terakhir, upload dan update deskripsi barang dagangan pada website toko tersebut serta tentukan metode pembayarannya.

Saat website toko sudah tayang, maka Anda dapat melakukan penambahan atau pengurangan produk secara berkala. Anda juga dapat merubah harga sesuai keinginan termasuk melakukan berbagai strategi pemasaran agar konsumen lebih tertarik berbelanja di toko. Tak kalah penting lakukan optimasi Search Engine agar website mudah di temukan di Google.

2. Menyewa Jasa Buat Website

Masih berkaitan dengan website maka tidak lepas dari peran penyedia jasanya. Sekarang ini banyak sekali penyedia jasa pembuatan website toko. Hanya saja ketika memilih agensi maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini; tentukan kebutuhan dan fitur-fitur yang akan ditampilkan di website toko. Kemudian, siapkan budget sesuai konsep yang diinginkan. Harga yang diberikan jasa pembuat website sangat bervariasi tergantung dari konsep dan kebutuhan fitur yang diinginkan. Jika Anda seorang pemula, tidak ada salahnya memilih tema website dengan fitur standar untuk memudahkan pengelolaannya.

Hadirnya jasa pembuat website memudahkan pelaku usaha agar tidak perlu repot membuat dan mengoptimasi toko onlinenya. Pemilik usaha tinggal menyampaikan fitur-fitur apa saja yang diinginkan untuk memudahkan pengunjung website untuk berbelanja. Bila perlu, diskusikan mengenai harga hingga kontrak agar proses pembuatan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Komunikasi sangat diperlukan oleh penyedia jasa dengan pemilik usaha agar website toko berjalan sesuai rencana dan budget yang telah ditentukan.

Yang paling penting, pastikan penyedia jasa tersebut memiliki reputasi baik serta berpengalaman dibidangnya. Terlihat dari beberapa ulasan dari klien sebelumnya sebagai tolak ukur penilaian. Diskusikan juga semua hal terkait fitur-fitur website toko agar sesuai kebutuhan sehingga memudahkan proses jual-beli konsumen di website tersebut.

Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat dan jika Anda berminat untuk membuat toko online, silahkan konsultasikan dengan tim kami melalui link ini. Atau bisa chat melalui Whatsapp di nomor: +628118811598.