Cara Membuat Foto Produk Estetik

Cara Membuat Foto Produk

Menurut penelitian Weebly, 75% konsumen menyatakan bahwa gambar atau foto sangat menentukan keputusan mereka saat membeli. Dalam hal ini, pelaku usaha dituntut untuk mengasilkan foto dari produknya semenarik mungkin sebagai gerbang utama penilaian konsumen. Bagaimana cara membuat foto produk yang menarik?

Membuat Foto Produk Estetik

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Ada banyak jenis-jenis foto produk yang dapat kamu terapkan, lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut 7 cara membuat foto kamu menjadi lebih estetik.

  1. Tentukan Tema yang Menarik

    Tentukan Tema yang Menarik
    Usahakan pilih tema yang sesuai dengan brand identity kamu. Dengan begitu, konsumen pun secara tidak langsung akan langsung tau keunikan brand kamu. Tema foto pun dapat meningkatkan ketertarikan konsumen untuk melihat suatu produk.

    Misalnya, jika kamu menjual peralatan masak, gunakanlah “setting” seorang ibu sedang memasak di dapur. Buatlah cerita di setiap jepretan foto.

  2. Gunakan Kamera Terbaik

    Gunakan Kamera Terbaik
    Kamera sangat menentukan kualitas hasil foto produk. Dalam hal ini tidak harus kamera mahal, saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki spesifikasi sangat baik. Gunakan kamera terbaik yang kamu miliki dan lebih baik jika kamu menggunakan alat pendukung, seperti tripod dan lighting untuk mendapatkan hasil yang konsisten dengan pencahayaan yang terang.

  3. Perhatikan Komposisi Cahaya

    Perhatikan Pencahayaan dan Komposisi
    Untuk menghasilkan foto yang jelas dan menarik, selalu perhatikan pencahayaan dan komposisi saat memfoto produk. Pastikan hasil foto tidak gelap, dalam hal ini bisa menggunakan lighting. Namun jika kamu tidak memiliki alat pendukung, cari tempat terang atau outdoor agar foto terlihat lebih cerah.

  4. Gunakan Backdrop Foto

    Gunakan Background Foto
    Bagi kamu yang ingin menerapkan detailed shots ataupun white background shots, pastikan menyiapkan background terlebih dahulu. Penggunaan background dapat meminimalisir pengeluaran kamu karena dapat membuat studio mini sendiri tanpa menyewa studio lain. Pilih background yang dapat menonjolkan fitur produk kamu, seperti warna putih atau warna cerah yang cocok untuk berbagai macam produk.

  5. Ambil Gambar Sebanyak-banyaknya

    Take Shots Sebanyak-banyaknya
    Lebih banyak pilihan lebih baik. Usahakan untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya agar kamu dapat menentukan foto mana yang terbaik. Tidak lupa untuk mengambil foto dari berbagai sisi, dengan begitu kamu akan tau bagian mana yang lebih baik kamu tonjolkan.

  6. Manfaatkan Aplikasi Edit Foto

    Manfaatkan Aplikasi Edit Foto
    Bagi kamu yang menggunakan kamera smartphone ataupun kamera profesional, dapat memanfaatkan aplikasi edit foto yang tersedia, seperti photoshop, snapseed, dan vsco. Tahap edit ini bertujuan untuk mempercantik foto produk kamu, bukan untuk memanipulasi produk agar terlihat berbeda dengan aslinya.

  7. Gunakan Watermark Pada Foto

    Gunakan Watermark Pada Foto
    Untuk menjaga foto tidak disalahgunakan oleh pihak lain, gunakan watermark di setiap foto produk yang kamu publish. Dengan begitu brand image kamu pun tidak akan tercoreng karena adanya produk tiruan.

Foto Produk Penting Untuk Meningkatkan Penjualan

Setiap pelaku usaha pasti ingin meningkatkan penjualan bisnisnya, dalam hal ini foto produk berperan penting. Foto yang berkualitas dapat menarik lebih banyak konsumen, namun kenyataannya tidak mudah menghasilkan foto yang jelas, berkualitas, dan menarik.

Jika kamu kesulitan menghasilkan foto produk yang berkualitas, silahkan hubungi kami melalui link ini, atau chat melalui Whatsapp, di nomor: +628118811598 yang siap membantu kamu mendapatkan foto produk berkualitas untuk meningkatkan penjualan bisnis.