Jenis-jenis Foto Produk Yang Perlu Kamu Ketahui

jenis foto produk

Foto adalah semua gambar yang merupakan hasil dari kegiatan fotografi. Sedangkan, suatu barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan disebut sebagai produk. Dalam hal ini, jenis foto produk adalah semua hasil visual gambar yang ditujukan untuk kegiatan promosi produk tersebut.

Foto diambil dengan menggunakan metode fotografi yang dapat memperlihatkan detail dan bentuk barang secara jelas. Biasanya, foto digunakan pada katalog, brosur, sosial media dan juga website. Pada dasarnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik calon konsumen agar membeli produk dalam gambar.

Jika ingin mulai berbisnis, kamu perlu memperhatikan konsep foto yang sesuai dalam bidang usahanya. Karena, baik pelaku usaha skala kecil (UMKM) maupun yang berskala besar harus mengutamakan “wajah” dari produknya. Terdapat banyak sekali jenis-jenis foto produk, beberapa di antaranya yaitu:

Jenis-jenis Foto Produk

1. Individual Shots

Individual Shots

Jenis ini cukup populer karena kesannya yang simple, elegan, dan detail. Foto jenis ini hanya menampilkan satu buah produk (single product) agar fokus konsumen tertuju hanya pada prdouk tersebut. Tujuannya, untuk mempertegas fitur dan detail pada produk yang di tawarkan.

2. Group Shots

Group Shots

Group Shots adalah teknik yang menampilkan dua atau lebih produk secara bersamaan dalam satu frame. Produk-produk skincare biasanya banyak memanfaatkan teknik ini, yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan antar produk satu dengan lainnya. Dengan begitu konsumen tidak hanya tertarik pada satu produk karena mengetahui ada hubungan antar kedua atau lebih produk tersebut.

3. White Background Shots

White Background Shots

Jenis ini sering digunakan karena kemampuannya yang efektif menonjolkan fitur-fitur produk. Selain dapat menunjukkan fitur produk secara jelas, juga dapat memberikan kesan mahal dan rapi.

4. Scale Shots

Scale Shots

Kelebihan dari Scale shots adalah dapat memberikan gambaran kepada konsumen seberapa besar produk kamu. Selain melalui deskripsi produk, besaran produk juga dapat ditunjukkan dalam gambar.

Dengan cara membandingkan dua objek dengan ukuran yang bertentangan, seperti besarnya botol dalam genggaman tangan seseorang.

5. 360 Product Photography

360 Product Photography

Biasanya konsumen lebih menyukai foto-foto jenis ini, karena dapat melihat produk dari sisi manapun. Namun jenis ini membutuhkan usaha yang ekstra bagi fotografer karena harus mengambil gambar produk puluhan kali dari berbagai sisi dan menggabungkannya menjadi satu gambar.

Sebanding dengan usaha yang ekstra, penjualan pun cenderung lebih tinggi.

6. Ghost Mannequin Photography

Ghost Mannequin Photography

Bagi kamu yang memiliki bisnis pakaian, jenis foto ini bisa kamu coba. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran saat pakaian tersebut digunakan. Menariknya, model / objek yang mengenakan pakaian tersebut di edit sedemikian rupa agar “tidak terlihat”, sehingga disebut sebagai Ghost Mannequin atau foto tanpa model.

7. Lifestyle Shots

Lifestyle Shots
( Source: Unsplash.com )

Buat kamu yang ingin menunjukkan gambaran suatu produk dalam kegiatan sehari-hari, sebaiknya menggunakan jenis Lifestyle Shots. Sebagai contoh, foto seorang pendaki yang menggunakan tas backpack saat mendaki gunung. Tujuannya agar konsumen dapat memperkirakan kapan dan dalam keadaan seperti apa produk itu dapat bermanfaat untuknya.

8. Zoom / Detailed Shots

Zoom / Detailed Shots
( Source: Unsplash.com )

Jenis foto ini menunjukkan fitur-fitur dan detail tekstur secara close up. Misalnya, foto sisi belakang produk jam tangan yang akan detail. Dengan jenis foto ini, kamu dapat menunjukkan secara khusus fitur apa yang membedakan produk kamu dengan produk lainnya.

Foto Produk Penting Untuk Meningkatkan Penjualan

Setiap pelaku usaha pasti ingin meningkatkan penjualan bisnisnya, dalam hal ini foto produk berperan penting. Foto yang berkualitas dapat menarik lebih banyak konsumen, namun kenyataannya tidak mudah menghasilkan foto yang jelas, berkualitas, dan menarik.

Jika kamu kesulitan menghasilkan foto produk yang berkualitas, silahkan hubungi kami melalui link ini, atau chat melalui Whatsapp, di nomor: +628118811598 yang siap membantu kamu mendapatkan foto produk berkualitas untuk meningkatkan penjualan bisnis.