Syarat Daftar TikTok Shop Terlengkap & Terbaru 2022

Syarat Daftar TikTok Shop Terlengkap & Terbaru 2022

Aplikasi TikTok kini menjadi salah satu social media populer dengan jumlah download yang paling banyak. Merujuk dari databoks, aplikasi yang mulai booming pada tahun 2019 ini berhasil menarik hati 22,2 juta pengguna di Indonesia. Dengan angka pengguna yang tinggi, TikTok memberikan peluang yang besar bagi pebisnis untuk mempromosikan dan menjual produknya melalui TikTok Shop. Buat kamu yang ingin meningkatkan profit bisnis, berjualan di aplikasi TikTok Shop ini juga bisa kamu coba! Ikuti syarat daftar TikTok Shop terlengkap hanya di artikel ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan TikTok Shop? 

Semakin banyaknya platform marketplace di social media, seperti Facebook dan Instagram, membuat TikTok ikut bersaing dengan memberikan gebrakan baru, yaitu TikTok Shop. TikTok Shop itu sendiri bertujuan untuk mempermudah pebisnis berjualan online. Terutama dengan tingginya angka pengguna TikTok di Indonesia, membuat TikTok Shop menjadi salah satu yang dapat diperhitungkan. Ada berbagai fitur yang tersedia, buat kamu yang telah menjadi pengguna TikTok pasti sudah tidak asing dengan fitur-fitur ini:

  • Video Pendek 
  • Live Streaming
  • TikTok Ads
  • TikTok Affiliate

Berbagai fitur di atas dirancang khusus untuk memudahkan penjualan online. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Lebih mudah untuk meningkatkan brand awareness
  2. Menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih seru melalui video pendek dan live streaming
  3. Memudahkan konsumen untuk berbelanja karena adanya fitur TikTok Shop
  4. Meningkatkan kepercayaan konsumen pada suatu brand karena berjualan secara langsung melalui live streaming
  5. Dapat berkolaborasi dengan content creator untuk mempromosikan produk melalui TikTok Affiliate.

Mungkin kamu masih ada yang ragu untuk terjun ke dunia TikTok, apalagi dalam hal penjualan online Facebook masih menjadi primadona. 

Tapi tahukah kamu? Ada banyak brand yang berhasil menaikkan penjualan melalui TikTok, hal ini ditunjukkan secara langsung oleh TikTok Shop di laman websitenya, salah satunya adalah brand BIOAQUA. Brand ini berhasil mendapatkan penjualan 700.000+ dan mendapatkan 34x peningkatan GMV / Gross Merchandise Value. Jadi tidaklah heran jika kamu sering mendapati konten BIOAQUA di FYP-mu.

Syarat Daftar TikTok Shop 2022 

jualan di tiktok shop
source : unsplash

Sebelum menjalankan TikTok Shop, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi karena pembuatan akun TikTok sebagai pengguna dan akun jualan di TikTok Shop tidaklah sama. Kamu bisa melihat persyaratannya secara lengkap di laman TikTok Shop Seller University, namun brandztory telah merangkumnya secara singkat, hal-hal apa saja yang harus kamu ketahui:

Syarat Kelayakan Daftar TikTok Shop

Sayangnya, TikTok baru menerima penjual dari negara-negara tertentu saja. Namun jangan khawatir! Karena Indonesia merupakan salah satu negara yang terdaftar. Untuk saat ini TikTok Shop hanya berlaku di negara Indonesia, United Kingdom, The United Kingdom of Great Britain, dan Northern Ireland. 

Pembuatan Nama Toko

TikTok cukup strict dalam pembuatan nama toko, ada banyak persyaratan yang harus kamu penuhi, salah satu yang harus kamu perhatikan antara lain:

  1. Tidak boleh berisi perbandingan atau kata-kata seperti “lebih baik” dan “terbaik”
  2. Dilarang menduplikasi nama toko penjual lain di TikTok Shop
  3. Tidak boleh menggunakan kata-kata yang berkaitan dengan TikTok tanpa seizinnya, begitupula dengan platform online shop lainnya.

Keterangan Kontak Informasi

Informasi kontak yang benar, akurat dan lengkap sangatlah penting. Semua informasi tersebut harus meliputi negara, provinsi, kabupaten, dan alamat tempat tinggal/ kantor yang lengkap.

Verifikasi Syarat Daftar TikTok Shop

Selain itu kamu juga harus lolos verifikasi dari TikTok, kamu bisa mengajukan permohonan secara perorangan maupun perusahaan selama memenuhi dokumen secara lengkap. Jadi, mulai dari bisnis UMKM sampai dengan brand besar dapat memanfaatkan TikTok Shop ini. 

Rekening Bank

Syarat daftar TikTok Shop yang berikutnya adalah, kamu harus memberikan informasi yang lengkap dan akurat mau itu untuk korporat maupun perorangan. 

Ketentuan Syarat Daftar TikTok Shop Lainnya

Satu entitas yang terverifikasi dapat mendaftarkan sampai dengan 5 akun penjual di TikTok Shop. Jika kamu diminta memberikan dokumen ataupun informasi tambahan karena adanya peraturan baru, maka akan ada pemberitahuan lebih lanjut.

Cara Jualan di TikTok Shop 

Setelah mengetahui persyaratannya, tentu langkah selanjutnya adalah membuat akun dan mendaftarkannya di TikTok Shop. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar mudah lolos verifikasi! 

1. Daftar Akun TikTok Seller

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan akun di TikTok Shop Seller Center. Kamu bisa mendaftar dengan akun TikTok yang sudah ada ataupun mendaftar sebagai akun baru. Yang terpenting pastikan kamu sudah berusia lebih dari 18 tahun untuk lolos verifikasi.

daftar akun tiktok seller
Source: TikTok Shop Seller Center

2. Tampilan Pengaturan TikTok Shop

Setelah berhasil membuat akun, kamu akan mendapatkan tampilan seperti ini. Kamu akan diminta untuk memposting produk pertama dan segera menjalankan penjualan. Selain itu, dalam pengaturan juga dapat terlihat berapa penghasilan yang telah didapat dari masing-masing produk. Sistem pengaturannya yang lengkap akan memudahkanmu dalam evaluasi hasil penjualan.

pengaturan tiktok shop
Source: TikTok Shop Seller Center

3. Verifikasi Dokumen 

Agar dapat menjalankan bisnis, kamu harus mengunduh dan memverifikasi dokumen bisnis. Klik tombol ‘unggah dokumen’ dan isi informasi penjual, mulai dari jenis bisnis apakah korporasi atau perorangan sampai dengan nama toko. Pastikan nama toko merupakan nama yang terbaik karena kamu tidak dapat mengubahnya nanti. Setelah itu baru unggahlah semua dokumen bisnismu.

verifikasi dokumen
Source: TikTok Shop Seller Center

4. Lengkapi Informasi & Upload Produk

Langkah selanjutnya adalah upload produk. Tapi untuk bisa upload produk, kamu harus melengkapi informasi bisnis terlebih dahulu. Setelah klik tombol ‘tambah produk’ kamu akan disajikan form informasi seperti di bawah ini. Pastikan nama, nomor telepon, dan alamat yang ditulis benar dan akurat. 

profile & upload produk
Source: TikTok Shop Seller Center

Selanjutnya, kamu bisa upload produk yang ingin kamu jual untuk pertama kali. Jika suatu saat nanti kamu ingin menambahkan produk, klik tombol ‘tambah produk’ di kolom ‘Produk’ sebelah kiri layar. 

5. Tautkan Rekening Bank

Jika sebelumnya sudah melakukan verifikasi dokumen, kamu dapat langsung menautkan rekening bank untuk proses transaksi penjualan. Pastikan rekening yang didaftarkan merupakan rekening bisnis karena akan sulit untuk mengubahnya kembali.

tautkan rekening bank
Source: TikTok Shop Seller Center

Alasan TikTok Shop Ditolak

Tidak jarang ada beberapa pengajuan TikTok Shop yang ditolak, pada umumnya penolakan tersebut dikarenakan hal-hal berikut ini:

  1. Bisnis yang berjalan tidak sesuai dengan dokumen yang telah kamu input.
  2. Perwakilan nama yang selalu berubah-ubah di akun TikTok Shop, tidak sama dengan nama yang tercantum dalam dokumen indentitas.
  3. Ada dokumen yang tidak valid maupun kadaluarsa 
  4. Scan dokumen yang diunggah tidak dapat terbaca jelas

Untuk menghindari penolakan tersebut, ada baiknya kamu persiapkan terlebih dahulu semua persyaratan yang telah brandztory rangkum di atas ya.

Tips Sukses Berjualan di TikTok Shop

Setelah berhasil membuat toko dan lolos verifikasi, pasti setiap pebisnis ingin penjualannya sukses. Kamu harus bisa memanfaatkan segala fitur yang tersedia untuk mendapatkan hasil yang maksimal, apa aja caranya? Ikuti tips yang brandztory rangkum di bawah ini:

1. Pastikan Tidak Menggunakan Deskripsi Berlebihan

Hati-hati dalam memilih kata-kata karena TikTok melarang penggunaan kata-kata yang memperdaya dan menyesatkan. Berikut contoh deskripsi yang tidak diperbolehkan, antara lain:

  • Tidak boleh berisi janji yang berlebihan mengenai efek produk

Lotion: Dapatkan kaki ramping seketika

Perawatan Kulit: Membandingkan “sebelum & sesudah” pemakaian:

  • Tanpa ada bukti, mengklaim suatu hal, sepeti produk terlaris nomor 1 atau 100% bahan alami
  • Tidak boleh membandingkan dengan produk dari produk atau e-commerce lain

2. Buat Katalog Produk Seatraktif Mungkin

Setiap konsumen yang ingin membeli produkmu, pasti akan melihat katalog produk terlebih dahulu mau itu promosi melalui video pendek maupun live streaming. Jadi, pastikan upload foto produk & deskripsi yang terbaik, yang jelas, dan menarik sehingga konsumen yang melihatnya pun semakin ingin membelinya. 

tips sukses tiktok shop
Source: TikTok @bioaquaofficialstore

3. Buat Konten Yang Menarik & UGC

Jika ingin meningkatkan traffic pada akunmu, maka konten yang kamu buat harus masuk FYP / For Your Page yang mana konten tersebut akan muncul di beranda banyak user. Tapi untuk bisa masuk FYP, tentu kontenmu juga harus menarik. Selain menarik, usahakan kontenmu juga bersifat User Generated Content (UGC) misalnya jika ada konsumen yang bertanya di kolom komentar, kamu menjawabnya dengan video penjelasan. Kalau seperti itu, akan lebih menarik bukan? Dan konsumen lain pun juga dapat melihatnya.

4. Promosi Melalui TikTok Ads

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengiklankan produkmu melalui TikTok Ads. Dengan biaya yang terjangkau, kamu bisa menargetkan pasar yang spesifik untuk mendapatkan angka penjualan yang lebih tinggi. Setiap konten iklan pun secara otomatis akan muncul di FYP pasar yang telah kamu tunjuk sebelumnya.

Manfaatkan konten yang sedang viral dan hastag trending untuk menaikkan traffic-mu! Cari tau topik apa saja yang sedang viral di kolom discover, usahakan kontennya pun yang berhubungan dengan produkmu ya.

6. Bekerja Sama Dengan Content Creator

Saat ini ada program baru yang bisa kamu coba, yaitu TikTok Affiliate. Kamu juga bisa bekerja sama dengan content creator yang sedang booming untuk meningkatkan traffic. Dengan ini, bukan hanya pebisnis saja yang bisa menghasilkan uang tapi pengguna TikTok (content creator) juga bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan dengan mempromosikan suatu produk.

Tertarik Untuk Berbisnis Di TikTok?

Gimana? Apakah kamu tertarik untuk berbisnis di TikTok? Mungkin terlihat rumit namun dengan strategi yang tepat, berbisnis di TikTok akan memberikan keuntungan yang lebih besar. Jika kamu tertarik tapi masih ragu karena proses pengelolaannya, hubungi brandztory! Klik link ini atau melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 untuk konsultasi strategi pemasaran terbaik. Jangan lupa kunjungi @brandztory di TikTok juga ya, banyak konten menarik dan edukatif.