Cara Sukses Melakukan Brand Campaign di Instagram

Untuk menjalankan brand campaign Instagram, kamu harus tau makna dan triknya terlebih dahulu. Di akhir nanti ada bocoran kampanye terbaik!

Saat ini para pelaku usaha tidak hanya memasarkan produk secara tatap muka saja, tapi juga menggunakan social media, Instagram. Keefektifannya dalam pemasaran, membuat berbagai macam teknik pemasaran di Instagram pun muncul, salah satunya yaitu marketing brand campaign instagram. Teknik pemasaran melalui kampanye agar meningkatkan penjualan dan brand awareness.

Untuk menjalankan kampanye di Instagram, kamu harus tau seluk beluk serta trik-triknya terlebih dahulu. Tenang aja! Di akhir nanti akan ada bocoran kampanye terbaik di Instagram saat ini.

Pengertian Marketing Brand Campaign Instagram

pengertian brand campaign instagram
source : unsplash

Marketing campaign atau kampanye pemasaran adalah, suatu cara untuk mencapai tujuan yang menguntungkan suatu perusahaan, seperti meningkatkan brand awareness, penjualan, dan brand image. Marketing campaign pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan media apapun, berbeda dengan marketing campaign di instagram.

Apa bedanya? Walaupun sama-sama pemasaran, brand campaign instagram hanya menggunakan instagram sebagai media pemasaran. Oleh karena itu, jenis-jenis dan cara yang digunakan juga berbeda karena disesuaikan dengan target audiens dan fitur dari instagram itu sendiri.

Jenis-Jenis Brand Campaign Instagram

Jenis-jenis brand campaign instagram
source : freepik

Ada 5 (lima) jenis kampanye di Instagram yang sering digunakan oleh para pelaku usaha berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, antara lain:

1. Awareness Campaign

Kampanye yang bertujuan untuk mendapatkan awareness atau kesadaran dari konsumen terhadap suatu brand. Jenis kampanye ini, juga bisa kamu terapkan untuk brand baru ataupun brand yang sudah berjalan, tapi ingin mencapai target audiens yang lebih luas dengan cara menunjukkan apa yang berbeda dan menarik dari brand kamu.

2. Kampanye Promosi

Salah satu cara pemasaran yang sering dilakukan di Instagram, karena bertujuan langsung untuk meningkatkan angka penjualan. Di sini kamu dapat juga memberikan diskon khusus untuk followers di Instagram. Yang terpenting dalam kampanye promosi adalah kamu harus menampilkan CTA (Call To Action) atau link penjualan agar konsumen yang tertarik akan mudah untuk langsung membeli. 

3. Challenge / Giveaway

Dalam kampanye ini, kamu sebagai pelaku usaha akan membuat syarat dan ketentuan yang harus diikuti oleh konsumen dengan imbalan uang atau hadiah. Kelebihan dari kampanye ini adalah, kamu juga dapat memperluas target konsumen melalui share atau tag yang dilakukan oleh konsumen yang mengikuti giveaway tersebut.

4. Kampanye Peluncuran Produk

Salah satu strategi yang bisa kamu ikuti saat meluncurkan produk baru adalah dengan melaksanakan kampanye ini. Kamu bisa membuat kampanye dari jauh-jauh hari untuk membuat konsumen penasaran atau kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer atau selebriti untuk mendapatkan awareness yang lebih luas.

5. Kampanye User Generated Content (UGC)

Di sini, kamu akan mengajak para konsumen yang sudah mencoba produk untuk membagikan pengalamannya di instagram dengan hashtag khusus. Kamu juga bisa mengkombinasikan kampanye ini dengan kampanye giveaway, agar konsumen makin tertarik untuk membagikan pengalamannya. Kelebihan dari kampanye ini adalah kamu mendapatkan testimoni konsumen yang jujur dan apa adanya.

Tips Menjalankan Brand Campaign Instagram

Tips Menjalankan Campaign Instagram
source : unsplash

Efektifnya kampanye di instagram membuat banyak pelaku usaha berlomba-lomba meningkatkan penjualannya dengan teknik ini. Namun, tetaplah berhati-hati! Kampanye instagram tidak semudah kelihatannya, kamu juga harus memperhatikan hal-hal di bawah ini; 

1. Tentukan 4T Instagram

Menentukan tujuan adalah hal utama yang harus kamu lakukan sebelum membuat sebuah kampanye di Instagram. Tidak hanya tujuan, ada 4 hal yang berhubungan erat untuk terealisasikannya tujuan tersebut atau disingkat sebagai 4T, yaitu Tujuan, Taktik, Timeline, dan Total Pengeluaran.

2. Tujuan

Kamu harus menentukan tujuan apa yang ingin dicapai dari kampanye Instagram tersebut. Apakah untuk penjualan atau brand awareness? Karena taktik yang digunakan pun berbeda.

3. Taktik

Jika kamu ingin mengadakan giveaway, tentukan modal yang akan dikeluarkan untuk biaya hadiah dan keperluan lainnya. Tapi, jika untuk influencer marketing, kamu harus mencari tau beberapa influencer yang sesuai dengan tema kampanye kamu. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan perusahaan lain yang produknya berhubungan dengan produk yang kamu miliki agar kedua perusahaan mendapatkan iklan.

4. Timeline

Untuk kampanye giveaway dan peluncuran produk, kamu juga harus menentukan jangka waktu berakhirnya. Namun untuk kampanye rutin, biasanya tidak ada jangka waktu khusus selama konsep yang dijalankan masih sesuai.

5. Total Pengeluaran

Kamu bisa mulai dengan budget kecil terlebih dahulu, jika kampanye terlihat mempunyai efek yang signifikan, kamu bisa menaikkan budget-nya.

6. Gunakan Hashtag 

Hashtag efektif untuk mempromosikan kampanye kamu. Gunakan hashtag yang unik dan menarik, dengan beberapa tips ini yang bisa kamu ikuti, yaitu:

  • Ringkas namun jelas
  • Unik, belum pernah digunakan orang lain
  • Berhubungan dengan brand/produk kamu
  • Gunakan lebih dari satu hashtag

Contoh Campaign di Instagram

1. Silverqueen #serumaksimal

contoh campaign di instagram
source : instagram.com/silverqueenid/

Produk: Coklat batangan

Tujuan: Sebagai kampaye rutin yang menunjukkan silverqueen selalu asik dikonsumsi kapanpun dan di manapun serta mengajak followers untuk seru-seruan melalui giveaway yang diadakan.

Jenis campaign: Karena kampanye ini berlangsung selama beberapa bulan, jenis campaignnya pun bermacam-macam, yaitu kampanye giveaway dan awareness.

Cara kerja: Menjalankan kampanye dengan hashtag #serumaksimal selama beberapa bulan. Silverqueen memberikan variasi konten, mulai dari meme, post greeting, movie parody, giveaway (games), dan post lainnya yang bertujuan untuk brand awareness

2. Milkita #mysweetsmoment #curcolanmam

brand campaign instagram
source : instagram.com/milkita_indonesia/

Produk: Permen susu

Tujuan: Kampanye yang bertujuan khusus untuk memberikan emotional support kepada para ibu di seluruh Indonesia dan memberikan kesadaran jika seorang ibu juga butuh ‘me time’ agar tidak jenuh.

Jenis campaign: Awareness campaign, giveaway, dan kampanye User Generated Content (UGC).

Cara kerja: Menjalankan kampanye selama beberapa bulan, dengan cara mengadakan webinar untuk memberikan edukasi, bekerja sama dengan beberapa influencers, dan mengadakan giveaway untuk mengajak para ibu saling berbagi cerita dan menguatkan.

3. Aqua #bijakberplastik #satuAQUAsatupohon

Produk: Air Mineral 

Tujuan: Sebagai brand awareness, agar masyarakat tau ada kemasan botol terbaru dari aqua yang ramah lingkungan dan memiliki makna yang tinggi karena berasal dari daur ulang. Selain itu, juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga pohon dengan beralih membeli aqua life.

Jenis campaign: Kampanye peluncuran produk, awareness, giveaway, dan juga kampanye User Generated Content (UGC).

Cara kerja: Bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mencapai tujuan kampanye, memberikan edukasi dan bekerja sama dengan para aktivis lingkungan dari berbagai wilayah.

4. Brandztory #giveawayanyway

Produk: Jasa untuk pemasaran brand

Tujuan: Untuk membantu usaha berskala kecil (UMKM) memasarkan usahanya melalui social media brandztory. Selain itu juga, memberi kesempatan UMKM menunjukkan keunikan dari produknya.

Jenis campaign: Kampanye giveaway – social support

Cara kerja: Membuat kontes giveaway saat hari kemerdekaan dengan ketentuan UMKM harus membagikan cerita usaha bisnisnya yang menarik melalui instagram feeds miliknya agar mendapatkan hadiah khusus.

5. LG Indonesia #funwithLG

contoh campaign di instagram
source : instagram.com/lgeindonesia/

Produk: Elektronik

Tujuan: Memberikan promosi khusus untuk followers LG di Instagram

Jenis campaign: Kampanye promosi

Cara kerja: Menggunakan judul tetap ‘STAY SMART WITH LG’ sehingga masyarakat akan langsung tau jika LG sedang ada diskon khusus dalam jangka waktu terbatas.

6. HarletteBeauty #pejuangkulitsehat

contoh campaign di instagram
source : instagram.com/harlettebeauty/

Produk: Perawatan wajah (skincare)

Tujuan: Memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa jerawatan itu suatu hal yang wajar, namun tidak boleh dibiarkan, harus selalu berusaha untuk tampil percaya diri dengan tujuan akhir penjualan. 

Jenis campaign: Kampanye awareness, giveaway, dan kampanye User Generated Content (UGC).

Cara kerja: Bekerja sama dengan influencer dan konsumen harlette yang mempunyai permasalahan kulit seperti, jerawat, pori-pori besar, dan juga kulit kusam untuk berbagi cerita perjuangan melawan masalah kulit yang mereka alami.

7. Adidas Originals #ORIGINALis

contoh campaign di instagram
source : instagram.com/adidasoriginals/

Produk: Sepatu

Tujuan: Untuk mempromosikan produk terbaru dan mendapatkan klaim dari masyarakat bahwa adidas original, produk yang baru dikeluarkan merupakan brand yang mencerminkan budaya hiphop.

Jenis campaign: Kampanye peluncuran produk dan Awareness campaign.

Cara kerja: Bekerja sama dengan rapper hiphop ternama, seperti Snoop Dogg, Desiigner, dan Stromzy menunjukkan bahwa adidas merupakan fashion figure dalam industri hiphop.

8. Happysoyaoil #janganberhentimakanenak #happysoyaoil

contoh campaign di instagram
source : instagram.com/happysoyaoil/

Produk: Minyak goreng

Tujuan: Mengajak masyarakat untuk jangan pernah takut makan enak terutama makanan gorengan karena sekarang sudah ada minyak soya yang mengandung kebaikan kedelai.

Jenis campaign: Awareness campaign dan giveaway

Cara kerja: Memberikan resep-resep sehat tapi tetap enak melalui instagram feeds dan stories. Selain itu juga bekerja sama dengan influencer untuk membagikan pengalamannya menggunakan hashtag happysoyaoil dan mengajak followers-nya untuk jangan berhenti makan enak karena sudah ada cara yang sehat.

9. Xiaomi Indonesia #xiaomijourney #xiaomi11series

Produk: Perangkat elektronik

Tujuan: Untuk memperkenalkan produk terbaru xiaomi, yaitu xiaomi11series sekaligus mendapatkan nilai positif dari masyarakat bahwa xiaomi merupakan brand yang peduli terhadap keindahan alam dan hubungan antar manusia yang harmonis.

Jenis campaign: Kampanye peluncuran produk dan awareness campaign.

Cara kerja: Membuat video series dengan xiaomi11series dengan kualitas yang HD yang mendokumentasikan setiap perjuangan kehidupan dari berbagai kalangan agar membuka perspektif baru dalam hidup.

10. Airbnb #weaccept

Produk: Sewa penginapan

Tujuan: Mendapatkan hati masyarakat bahwa airbnb merupakan brand yang menerima berbagai macam suku dan berbagai perbedaan.

Jenis campaign: Awareness campaign.

Cara kerja: Airbnb menyuarakan pendapat terhadap permasalahan politik saat ini melalui video dan foto yang mereka tampilkan. Memang pernyataan politik tidak selalu berhasil dan mendapatkan citra positif, namun di sini air bnb berhasil menjadi trending topic dan mendapatkan citra positif dari konsumen.

Itu dia penjelasan lengkap tentang marketing brand campaign di instagram, mulai dari pengertian sampai dengan contoh kampanye terbaik dari berbagai industri. Tapi pada kenyataannya membuat kampanye itu tidak mudah, jika kamu ingin membuat kampanye yang menarik bisa hubungi kami melalui link ini atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598.