Manfaat Pemasaran Online (Digital Marketing)

Manfaat Pemasaran Online
Brandztory Blog » Digital Marketing » Manfaat Pemasaran Online (Digital Marketing)

Manfaat Pemasaran Online bisa Anda rasakan terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini. Dalam pengaplikasiannya, Pemasaran Online biasanya mengacu pada kampanye yang ditampilkan melalui perangkat komputer, ponsel, tablet, atau perangkat elektronik lain yang tersambung dengan koneksi internet. Konten kampanye ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk, mulai dari video, iklan bergambar (display ads) hingga posting di media sosial.

Apa Manfaat Pemasaran Online?

Pemasaran digital adalah hal yang wajib Anda lakukan dan menjadi fokus utama dari semua strategi pemasaran bisnis.

Pemasaran secara online telah menjadi pilihan utama pemilik usaha. Selain dapat menjangkau pasar yang lebih luas, berikut beberapa keuntungan lainnya:

1. Konversi Lebih Mudah

Pemasaran online memberikan opsi Call-to-Action, yang memungkinkan konsumen Anda mengambil tindakan segera setelah melihat iklan Anda. Sedangkan jika Anda memuat iklan tradisional, konversi yang dihasilkan berpotensi terlupakan.

Dengan pemasaran online, calon konsumen terus terhubung dengan promosi Anda dan dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian. Mereka mungkin tidak langsung melakukan pembelian, tetapi mereka akan tetap terhubung dengan Anda dan memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi lebih jauh dengan mereka.

2. Pengaturan Lebih Mudah

Pemasaran online memungkinkan Anda mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan. Data yang Anda kumpulkan secara digital, cenderung jauh lebih spesifik dan akurat.

Bayangkan jika Anda melakukan pemasaran tradisional. Anda harus mengumpulkan data calon konsumen secara manual dan ingin mengirimkan penawaran khusus kepada mereka. Anda pasti sudah mengetahui bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal jika kampanye yang Anda buat sesuai dengan minat calon konsumen. Hal ini jauh lebih mudah jika Anda lakukan dengan pemasaran secara digital.

3. Hubungan yang Kuat Dengan Konsumen

Pemasaran online memungkinkan konsumen Anda untuk berkomunikasi secara real-time. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, Brand Community Marketing sangat penting untuk membangun bisnis Anda.

Biasanya keuntungan ini bisa Anda dapatkan di media sosial. Saat Anda posting sebuah konten, baik prospek maupun konsumen dapat dengan mudah berinteraksi dengan Anda. Entah melalui komentar, memberikan reaksi, bahkan membagikan postingan Anda kepada pengikutnya.

4. Hasil yang Terukur

Untuk mengetahui apakah strategi pemasaran Anda berhasil atau tidak, Anda harus menghitung jumlah konversi yang Anda dapatkan. Bagaimana Anda dapat melakukannya dengan pemasaran tradisional? Banyak perusahaan tidak dapat melakukan interaksi langsung dengan konsumennya dan metode survei tidak selalu mendapatkan hasil yang spesifik.

Dengan pemasaran digital, pemantauan hasil konversi menjadi jauh lebih sederhana. Aplikasi dan software pemasaran digital secara otomatis dapat melacak jumlah estimasi konversi dengan hasil yang Anda dapatkan.

5. Efisiensi Biaya Menjadi Manfaat Pemasaran Online yang Paling Utama

Yang paling menguntungkan dari pemasaran digital adalah biaya yang Anda keluarkan jauh lebih rendah. Biaya untuk iklan koran, televisi, hingga billboard memakan biaya yang tidak sedikit tetapi sulit untuk mengukur konversinya.

Sedangkan pemasaran online biaya yang Anda keluarkan jauh lebih rendah dengan hasil yang optimal dan terukur. Bahkan, Anda bisa menargetkan kampanye promosi Anda kepada audiens tertentu.

Pemasaran Online Menghasilkan Pertumbuhan

Pemasaran digital adalah hal yang wajib Anda lakukan dan menjadi fokus utama dari semua strategi pemasaran bisnis. Sejauh ini, belum ada cara yang jauh lebih efektif untuk tetap terhubung dengan konsumen Anda dan tidak ada metode yang memberikan data secara akurat selain Digital Marketing.

Itulah manfaat pemasaran online, jika bisnis Anda belum memiliki tim digital marketing yang handal, silahkan hubungi kami melalui link ini. Atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 yang siap membantu bisnis Anda berkembang di dunia digital.