Jenis- Jenis Pemasaran Online (Digital Marketing)

Jenis - Jenis Pemasaran Online (Digital Marketing)
Brandztory Blog » Digital Marketing » Jenis- Jenis Pemasaran Online (Digital Marketing)

Sejak pandemi COVID-19 yang berlangsung satu tahun silam, memaksa seluruh warga untuk melakukan transformasi digital. Semua kegiatan konvensional beralih menjadi online untuk memutus rantai penyebaran virus. Pemilik usaha menghadapi tantangan baru seiring dengan perkembangan teknologi. Pemasaran secara online menjadi wajib agar bisnis tidak tertinggal. Kini internet sudah menjadi hal yang utama dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, pada tahun 2020 Bank Indonesia mencatat kenaikan nilai transaksi digital sebesar 64,5%. Simak Jenis – Jenis Pemasaran Online (Digital Marketing) berikut ini.

Pemasaran online, yang juga disebut Digital Marketing, adalah kegiatan promosi brand untuk menjangkau pelanggan potensial melalui jaringan internet. Pada dasarnya, pemasaran yang melibatkan perangkat komunikasi digital adalah Pemasaran Online.

Terdapat 6 jenis pemasaran online yang paling banyak digunakan, yaitu:

1. Jenis Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial

Beberapa platform media sosial yang paling sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, TikTok dan LinkedIn. Platform tersebut merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia.

Dengan jumlah pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia, media sosial dapat Anda manfaatkan untuk pemasaran online brand Anda. Media sosial melibatkan partisipasi audiens yang aktif, sehingga sangat cocok jika Anda ingin membangun komunikasi yang kuat dengan calon konsumen.

Selain itu, platform media sosial menyediakan metriks insight atau analisis audiens yang sangat berguna untuk memahami jangkauan kampanye Anda. Dengan demikian, Anda dapat menentukan konten seperti apa yang lebih disukai oleh calon konsumen.

Banyak brand-brand besar menggunakan media sosial untuk membangun citra mereka ketimbang berjualan secara langsung. Karena konten yang bersifat “Hard-Selling” tidak disukai oleh audiens yang cenderung menggunakan media sosial sebagai sarana hiburan. Namun kembali lagi, itu semua tergantung pada tujuan Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Brandztory dapat membantu strategi Social Media Marketing Anda, silahkan hubungi kami.

2. Mesin Pencari (Search Engine)

Penggunaan mesin pencari seperti Google telah menjadi bagian dari hidup kita saat ini. Maka dari itu, Search Engine Optimization (SEO) merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meningkatkan pemasaran Anda secara online.

SEO (optimasi mesin pencari) secara teknis adalah upaya untuk menampilkan website Anda di halaman pertama Google. Contoh, jika Anda menuliskan “Brandztory” di Google Search maka Anda akan menemukan website www.brandztory.com di halaman pertama Google. Strategi ini dapat Anda gunakan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Anda.

Mesin Pencari Google (Search Engine)
Mesin Pencari Google (Search Engine)

3. Jenis Pemasaran Online Content Marketing

SEO adalah faktor utama dalam konten marketing, strategi yang digunakan untuk mendistribusikan konten-konten yang menarik dan relevan kepada target audiens. Sebaik apapun materi tulisannya, jika tidak mengikuti kaidah-kaidah SEO maka audiens akan sulit menemukannya.

Seperti strategi pemasaran pada umumnya, jenis pemasaran online ini bertujuan untuk merubah prospek menjadi konsumen. Namun, pendekatannya berbeda dengan iklan tradisional. Alih-alih menarik prospek dengan nilai suatu produk yang ditawarkan, Content Marketing melakukan pendekatan secara personal yang dituangkan melalui tulisan.

4. Jenis Pemasaran Online Email Marketing

Konsep Email Marketing sangat sederhana, Anda mengirim email blast yang berisikan pesan promosi dan berharap penerima membaca email tersebut. Nyatanya, mengeksekusi email marketing jauh lebih rumit dari yang dibayangkan.

Pertama, Anda harus membuat daftar penerima email berdasarkan karakteristiknya. Misal, produk yang Anda jual adalah perlengkapan bayi. Maka Anda harus mengklasifikasi daftar penerima email antara ibu, ayah, dan umum. Anda harus bisa membuat konten yang menarik untuk audiens agar email Anda dibaca. Tiap klasifikasi tersebut menentukan gaya penyampaian promosi produk Anda agar mereka tertarik terhadap produk tersebut.

Kemudian, nyatakan dengan jelas isi email Anda di bagian judul. Karena umumnya audiens memutuskan akan membuka email yang diterima saat melihat judulnya.

5. Digital Advertising

Digital Advertising adalah kegiatan promosi iklan yang disalurkan melalui internet. Google Ads, Facebook Ads, TikTok Business, LinkedIn Ads adalah beberapa platform penyedia iklan digital.

Pada praktiknya, terdapat berbagai strategi untuk mencapai tujuan iklan Anda, salah satunya adalah Native Ads. Iklan ini bersifat “Soft-selling” karena promosi yang disampaikan tidak mencolok dan membaur dengan konten di sekitarnya. Audiens mengetahui Anda membayar untuk menjalankan iklan tersebut, akibatnya mereka akan menyimpulkan bahwa iklannya bias dan cenderung akan mengabaikannya.

Native Ads mengatasi bias tersebut dengan menawarkan informasi atau hiburan dan mengurangi isi promosi produk. Meski demikian, tujuan utama Native Ads adalah soft-selling tetapi bukan untuk menipu konsumen.

6. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing atau pemasaran berbasis afiliasi memungkinkan seseorang menghasilkan uang dengan mempromosikan bisnis milik orang lain layaknya makelar. Biasanya, hubungan ini menggunakan metode bagi hasil. Jika produk Anda berhasil mereka jual maka Anda memberikan komisi sebagai imbalannya. Contohnya, beberapa bank yang memberikan komisi bagi nasabah yang mengajak orang untuk membuka rekening di bank tersebut dengan memberikan kode referal.

Metode promosi ini semakin gencar dilakukan pemilik usaha, terlebih lagi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Berbagai sektor usaha terdampak langsung yang menyebabkan menurunnya omset perusahaan. Affiliate Marketing menjadi salah satu opsi terbaik untuk mempertahankan bisnis agar bisa bertahan dan terus berkembang.

Itulah beberapa jenis pemasaran online. Jika bisnis Anda belum memiliki tim digital marketing yang handal, silahkan hubungi kami melalui link ini. Atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 yang siap membantu bisnis Anda berkembang di dunia digital.