Bikin Nostalgia! Ini Dia Recap Trend Tahun 2021 Di Dunia Kreatif

Recap Trend 2021

Tak terasa ya ternyata tahun 2021 hanya tersisa beberapa hari lagi. Kalo ngomongin tahun 2021, kreativitas dan teknologi ga akan pernah luput didalamnya. Situasi pandemi yang melanda Indonesia, membuat masyarakat menyalurkan rasa stres mereka ke dalam kreativitas yang mereka miliki. Nah, di momen akhir tahun ini, brandztory akan recap trend 2021 di dunia teknologi kreatif yang booming dan menarik, mulai dari kampanye #StopAsianHate dari Erigo sampai desain Adidas? 

Mau tau apa aja trennya? Yuk nostalgia bareng-bareng.

Recap Trend 2021

Recap Trend Kreatif 2021

# Januari 2021

1. Review Eiger 

Review Eiger 2021
source: www.instagram.com/eigeradventure/

Peristiwa ini merupakan salah satu pelajaran berharga bagi pelaku usaha. Pada bulan Januari lalu brand perlengkapan outdoor dan hiking, Eiger, viral di dunia maya. Seseorang bernama Dian Widiyanarko membagikan surat dari pihak Eiger di akun instagramnya. 

Surat tersebut berisi keberatan dari pihak Eiger atas video review yang dibuat oleh Dian. Berdasarkan surat yang ada dalam Instagram Dian, Eiger menilai kualitas video review milik Dian kurang bagus, sehingga produknya terlihat buruk. Dari beberapa poin keberatan yang tertulis dalam surat, pihak Eiger berharap agar Dian selaku content creator memperbaiki kualitas video atau menghapus video tersebut.

Akibat dari viralnya surat ini, Eiger menjadi trending topic di social media, twitter, namun dengan citra yang buruk karena dianggap telah membatasi ruang bicara masyarakat sebagai konsumen. 

Creative Advise ala Brandztory:

Jika kamu punya suatu bisnis, usahakan untuk selalu mendapatkan honest review atau ulasan jujur dari konsumen sehingga bisnis kamu akan lebih cepat untuk berkembang. Komunikasi dua arah antar pelaku usaha dan konsumen sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus kamu benahi, selain itu review dari konsumen juga dapat meningkatkan brand image kamu loh.

# Maret 2021

2. Erigo Campaign

Erigo Campaign
source: www.instagram.com/erigostore/

Kalo ngomongin recap trend 2021, kamu ga boleh melewatkan berita ini. Ada yang pernah mendengar clothing brand Erigo? Rasanya tahun 2021 merupakan tahun kejayaan bagi mereka. Fashion clothing brand yang satu ini sempat viral kemarin karena keberhasilannya dalam menayangkan campaign di Billboard Times Square Amerika Serikat. Bukan hanya itu, Erigo juga menyelenggarakan campaign ini dengan maksud mulia, yaitu menyebarkan pesan #StopAsianHate dimana saat itu Erigo satu-satunya brand Asia yang mengkampanyekan pesan tersebut. 

Permasalahannya, tidak sedikit pula netizen yang mencibir strategi marketing Erigo, banyak yang menduga strategi marketing tersebut hanya semata-mata untuk menaikkan angka penjualan di dalam negeri, melihat customer behavior masyarakat Indonesia yang menyukai hal-hal kebarat-baratan atau go international

Erigo Campaign New York
source: www.instagram.com/erigostore/

Walaupun begitu Erigo tetap membuktikan kesuksesannya dengan mengikuti acara New York Fashion Week (NYFW) di Amerika pada tanggal 9 September 2021 dengan menampilkan Spring/Summer Collection 2022.

Creative Advise ala Brandztory: 

Walaupun terlihat overproud dan terlihat sangat beresiko, tapi ternyata ‘strategi ini’ masih cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat Indonesia karena selain membanggakan produk lokal, juga dapat meningkatkan recognition bagi brand itu sendiri. Buat kamu yang ingin menerapkan strategi marketing ini, siap-siap menyiapkan modal sebesar miliaran rupiah ya!

# Juni 2021

3. BTS Meal

Pada tanggal 9 juni 2021 retail makanan, McDonald’s Indonesia, ramai pengunjung. Menu baru McD yang berisi sembilan potong nugget ayam, kentang goreng, minuman soda coca cola, saus cajun, dan sweet chili mendapatkan angka penjualan yang tinggi walaupun dengan harga yang cukup mahal, yaitu Rp 40.909,- s.d. Rp 51.000,-. Menu baru tersebut berkolaborasi dengan BTS, boyband terkenal dari Korea Selatan dengan sebutan BTS Meal. Antusiasnya yang luar biasa membuat berbagai cabang McD kewalahan menangani pesanan.

viral BTS Meal
source: pinterest

Yang menarik dari menu ini adalah kemasannya yang berwarna ungu dan mempunyai motif ciri khas dari boyband BTS itu sendiri. Sayangnya saat ini McDonald tidak memproduksi BTS Meal lagi, semoga di tahun depan akan ada kolaborasi lainnya ya!

Creative Advise ala Brandztory:

Kolaborasi dengan artis populer merupakan strategi marketing yang cukup efektif, karena terbukti dapat meningkatkan angka penjualan suatu brand. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak yang menggunakan strategi ini, salah satunya Shopee dan Tokopedia berkolaborasi dengan artis kpop karena besarnya antusias masyarakat Indonesia atas budaya Korea.

# Juli 2021

4. Olimpiade Tokyo

Kalo berbicara Olimpiade Tokyo 2020, rasanya kata ‘teknologi canggih’ tak luput darinya. Walaupun sempat tertunda satu tahun karena pandemi, Olimpiade Tokyo 2020 berhasil memukau para penonton di seluruh dunia dengan opening ceremony-nya. Jepang berhasil memberikan pengalaman penyiaran yang sangat canggih, memberikan kesan seakan-akan penonton menonton secara langsung.

Olimpiade Tokyo
source: pinterest

Olympic Broadcasting Service (OBS) untuk pertama kalinya memfilmkan seluruh pertandingan dengan gambar ultra high definition (4K) dan 3D Athlete-Tracking untuk menunjukkan aksi pertandingan dari segala sudut. Bukan hanya itu, OBS juga menggunakan smart robot dalam penyelenggaraan acara.

Creative Advise ala Brandztory:

Mengikuti perkembangan teknologi itu penting agar konsumen kamu lebih tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu value atau nilai produk dan brand yang kamu tawarkan juga akan meningkat. Ada kalanya kamu harus menyesuaikan brand image dengan perkembangan teknologi saat ini.

# Oktober 2021

5. Facebook Berubah Jadi Meta?

Tiba-tiba pada bulan Oktober seluruh masyarakat di dunia gempar karena kabar Facebook berubah menjadi Meta. Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook mengumumkan berita ini melalui video secara virtual. Banyak yang salah mengira bahwa social media Facebook akan di-take down, padahal nyatanya hanya perubahan nama pada induk Facebook Inc-nya saja. 

Perubahan nama Facebook Inc. menjadi metaverse mempunyai maksud bahwa Facebook Inc. di masa yang akan datang tidak hanya sebagai ruang interaksi virtual biasa, namun juga dapat menggambarkan dunia virtual baru seperti satu ruangan dimana semua orang dapat bekerja, berkomunikasi, dan bermain game bersama. 

Creative Advise ala Brandztory:

Tindakan Facebook Inc. menjadi Meta disebut juga sebagai rebranding suatu perusahaan. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa perusahaan terkenal seperti Facebook masih melakukan rebranding besar-besaran? Ternyata walaupun suatu brand sudah terkenal, rebranding tetap diperlukan untuk selalu sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat nantinya.

# November 2021

6. Jumlah Dislike YouTube Dihapus

Jumlah Dislike YouTube Dihapus
source: youtube.com/brandztory

Mungkin diantara kamu ada yang bergembira saat mendengar berita ini, YouTube telah resmi menghapus jumlah dislike di setiap video. Rencana penghapusan dislike ini sudah diumumkan sejak bulan Maret lalu, tapi belum diputuskan secara resmi karena masih melewati masa uji coba. Sampai akhirnya pada bulan November, YouTube meresmikannya. YouTube percaya jumlah dislike hanya membawa efek negatif karena seringkali tombol dan jumlah dislike digunakan tidak sebagaimana mestinya. 

Sekarang kamu udah ga perlu khawatir lagi dengan jumlah dislike yang ada di video-mu. Sebagai content creator pun kamu bisa lebih maksimal membuat karya terbaik. 

Creative Advise ala Brandztory:

Para pelaku usaha perlu menerapkan tindakan YouTube ini, karena perubahan dapat terjadi seiring berjalannya waktu. Salah satu contohnya perubahan pada YouTube ini, merupakan salah satu perubahan yang berdasarkan keluhan konsumen atau customer experience selama ini, dengan maksud meningkatkan customer satisfaction atau kepuasan konsumen.

# November 2021

7. Adidas Salah Klaim Desain Wayang Kulit

Pada 13 November lalu, Adidas meluncurkan koleksi sepatu terbaru dengan konsep CITY PACK, bekerja sama dengan enam seniman kreatif asal Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Salah satu desain yang diluncurkan adalah desain wayang kulit. Permasalahannya, adidas di sini mengklaim Wayang Kulit sebagai warisan budaya Malaysia, bukan Indonesia. 

Strategi marketing Adidas yang bermaksud menggaet konsumen internasional, terutama dari keenam negara kolaborasi tersebut telah hancur. Walaupun telah ada klarifikasi dan permintaan maaf dari Adidas tapi minat konsumen Indonesia untuk membeli sepatu tersebut sudah turun. 

Creative Advise ala Brandztory:

Jika kamu ingin menerapkan strategi marketing yang menggunakan warisan budaya dari daerah tertentu, penting bagi kamu untuk mengetahui asal usul pasti budaya tersebut. Walaupun begitu, strategi marketing Adidas di atas patut untuk diikuti karena konsepnya yang menarik dan efektif.

Recap Trend 2021

Dalam setahun ini banyak hal yang terjadi ya, terutama di dunia teknologi kreatif, mulai dari perkembangan teknologi yang semakin canggih sampai beragam strategi marketing yang menarik. Berdasarkan tren di atas, banyak hal yang dapat dipelajari, salah satunya pembaharuan brand image agar selalu sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini. Salah satu caranya dengan membuat website baru! Nah buat kamu yang ingin punya website yang up to date, langsung hubungi tim brandztory melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan website terbaikmu.

Summary
Bikin Nostalgia! Ini Dia Recap Trend Tahun 2021 Di Dunia Kreatif
Article Name
Bikin Nostalgia! Ini Dia Recap Trend Tahun 2021 Di Dunia Kreatif
Description
Di akhir tahun ini, brandztory akan recap trend di tahun 2021 tentang teknologi kreatif yang booming dan menarik. Simak yuk rangkumannya!
Author
Publisher Name
Brandztory
Publisher Logo