Benarkah Digital Marketing Dapat Meningkatkan Penjualan?

manfaat digital marketing

Semenjak adanya pandemi, persaingan bisnis semakin sengit. Para pengusaha berlomba-lomba menggunakan strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan mereka. Manfaat digital marketing di sini, untuk memasarkan produk melalui media digital atau internet. Kegiatan pemasaran tersebut juga meliputi Website Marketing, Social Media Marketing, Seo Content Marketing, Photo & Video Branding, dsb. 

Terlebih, sekarang sekitar 96% pengguna internet pernah membeli produk/jasa secara online. Jadi, jika kamu masih belum menggunakan strategi digital marketing, maka inilah saat yang tepat! Tapi pertanyaannya, apakah benar digital marketing dapat meningkatkan penjualan? Berikut ulasannya.

Kenapa Digital Marketing Itu Penting?

peran digital marketing
source: unsplash.com

Saat ini hampir semua bisnis telah beralih ke jaringan digital. Bukan hanya bisnis besar saja, tapi juga ada 16 juta UMKM yang sudah beralih ke dunia digital (online) sehingga jika belum mengganti strategi bisnismu, maka akan sulit bersaing di era digital ini.

Manfaat utama digital marketing adalah, menjangkau target konsumen secara efisien melalui media digital dengan maksud meningkatkan penjualan. Berbeda dengan strategi pemasaran tradisional, jika menggunakan strategi digital marketing, kamu dapat menjangkau pelanggan dari berbagai kota, atau bahkan luar negri. Kamu juga dapat menargetkan secara spesifik, audiens seperti apa yang paling cocok dengan produkmu.

Misalnya, kamu menjual produk kecantikan anti-aging, maka kamu dapat mengiklankan produk secara digital ke berbagai kota, dengan target audiens pria/wanita usia 30 tahun ke atas. Dengan menerapkan strategi digital marketing pada perusahaan, kamu juga membantu perusahaan untuk berkembang. Jadi, digital marketing sangatlah penting untuk pertumbuhan suatu perusahaan, terutama di era serba digital ini.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Setiap strategi bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum menjalankan strategi digital marketing, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

A. Kelebihan Digital Marketing

media sosial
source: unsplash

1. Pemasaran lebih mudah & efektif

Ada berbagai platform digital yang bisa kamu gunakan untuk pemasaran, seperti social media dan marketplace. Di Indonesia sendiri social media terpopuler dipegang oleh TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter. Sedangkan, untuk marketplace adalah Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dll. Cara penggunaannya pun mudah, kamu hanya perlu memilih beberapa platform tersebut dan memasarkan produk di sana. 

2. Menjangkau konsumen lebih luas dan tertarget

Selain mudah, pemasaran pun lebih efektif karena kamu dapat mengiklankan produk ke calon konsumen yang berpotensi untuk membeli. Misalnya, di instagram kamu bisa menggunakan fitur Instagram Ads dan Facebook Ads Manager. 

3. Biaya pemasaran lebih terjangkau

Biaya penerapan strategi digital marketing lebih terjangkau dibandingkan marketing tradisional. Pada marketing tradisional, biasanya mengiklankan produk melalui televisi atau radio di jam-jam tertentu. Cara ini memerlukan biaya yang cenderung besar dan target audiensnya pun kurang spesifik.

Sedangkan, biaya digital marketing dapat kamu sesuaikan dengan budget yang dimiliki dan targetnya pun lebih tepat sasaran. Jadi, kamu bisa mengeluarkan biaya yang lebih sedikit dengan hasil yang lebih signifikan. 

4. Kemudahan dalam pengumpulan data konsumen

Kelebihan lain dari digital marketing adalah kemudahan dalam pengumpulan data konsumen. Data ini berupa lokasi konsumen, usia, jenis kelamin, serta preferensi produk saat pembelian. Dengan data-data ini, kamu jadi tahu konsumen seperti apa yang tertarik dengan produkmu. Kamu bisa menggunakan data konsumen ini untuk mengembangkan strategi bisnis berikutnya. 

5. Memudahkan konsumen menerima informasi produk

Saat ini bukan hanya marketplace saja yang menyediakan katalog produk, tapi juga social media. Dengan adanya katalog produk, konsumen akan lebih mudah mencari informasi produk yang ditawarkan. Terlebih lagi, sekarang ada banyak fitur-fitur baru, seperti live shopping dimana calon konsumen bebas bertanya secara dua arah dengan penjual.

B. Kekurangan Digital Marketing

contoh digital marketing
source: freepik

1. Membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam penerapannya 

Manfaat utama digital marketing memang memudahkan perusahaan dalam melakukan pemasaran bisnis. Namun, dengan syarat mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni. Kenapa? Karena dalam penerapannya kamu harus menggunakan alat-alat, seperti Google Analytic, Facebook Ads Manager, Google Ads, Ahref, Semrush, dll. Alat-alat tersebut sangat rumit untuk dipahami oleh orang awam. Oleh karena itulah, brandztory hadir untuk membantu kamu!

Brandztory adalah perusahaan jasa digital marketing agency yang telah menangani banyak klien dari berbagai industri. Tim digital marketing brandztory akan membuat strategi pemasaran terbaik, sesuai dengan tujuan dan budget bisnismu! Dengan biaya yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan hasil yang signifikan. Jadi, tunggu apa lagi?

2. Harus mempunyai passion dan konsistensi

Digital marketing pun harus dijalankan secara terus menerus dan konsisten. Jika tidak memiliki passion dan konsistensi, rasanya akan sulit mendapatkan hasil yang maksimal. Setiap perusahaan harus mencari SDM yang mempunyai pengetahuan digital marketing dan passion terhadap dunia tersebut. Daripada bingung mencari, langsung hubungi tim ahli brandztory saja!

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Manfaat Digital Marketing?

Digital marketing bisa meningkatkan penjualan bisnis milikmu selama kamu menjalankannya dengan optimal. Buat kamu yang ingin tahu tips & trik menjalankan strategi digital marketing, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Gunakan platform jualan yang sesuai

Tahukah kamu? Setiap platform social media dan marketplace mempunyai target pasar yang berbeda-beda. Untuk memaksimalkan hasil penjualan, pilihlah platform yang paling mendekati dengan target konsumen kamu. Jika target konsumen yang dituju adalah Business to Business (B2B), maka lebih efektif menggunakan Linkedin dan Google Business. Untuk pemasaran, biasanya lebih sering dilakukan melalui social media. Uraian mengenai kriteria audiens pada social media, bisa dilihat di bawah ini:

manfaat digital marketing
Kriteria pengguna dari berbagai social media | Manfaat digital marketing

Untuk mencegah adanya penipuan, biasanya penjual membuat toko online di marketplace. Di marketplace, ada pihak ketiga yang menjamin kepercayaan antara penjual dan pembeli. Kamu bisa pilih marketplace yang paling sesuai dengan bisnismu.

pentingnya digital marketing
Kriteria berbagai marketplace yang bisa kamu pilih

2. Sediakan media komunikasi yang responsif

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyediakan media komunikasi yang responsif. Salah satu media komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah WhatsApp. Media komunikasi ini harus tersedia di seluruh platform pemasaran. Apabila memasarkan produk melalui social media, kamu bisa menggunakan link untuk mengarahkan pembeli ke nomor WhatsApp bisnis dan toko online di marketplace.

contoh tampilan linktree
source: instagram.com/rumahindofood 

Sedangkan untuk website, harus menyediakan menu ‘Contact Us’ dan akan lebih baik jika ada icon ‘WhatsApp’ di setiap menu.

jasa digital marketing
source: brandztory.com

3. Lebih banyak metode pembayaran lebih baik

Ingat! Konsumenmu tersebar di berbagai kota, yang tentunya mempunyai fasilitas dan kebiasaan yang berbeda pula. Oleh karena itu, semakin banyak pilihan pembayaran akan lebih baik. Karena tidak jarang ada konsumen yang jadi ‘enggan membeli’ karena kesulitan dengan metode pembayaran yang tersedia. Jika kamu menggunakan platform marketplace, di sana sudah menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti transfer antar bank, rekening bersama, OVO, Gopay, Dana, Linkaja, dll.

4. Optimasi strategi digital marketing secara berkala

Kenapa digital marketing terkadang tidak memberikan hasil yang maksimal? Iya, jawabannya, karena pengusaha seringkali lupa mengoptimasi strategi digital marketing secara berkala. Algoritma digital ini bersifat sangat dinamis, jadi kamu harus sering menganalisa dan mengoptimasi kembali untuk strategi berikutnya.

Misalnya, pada bulan April-Mei-Juni penjualan melalui social media sebesar 70-100 transaksi/hari. Namun, pada bulan Juli ada penurunan yang signifikan, yaitu 30 transaksi/hari. Penurunan ini dapat kamu analisa melalui laporan digital konsumen, setelah tau permasalahannya, kamu baru dapat mengoptimasi strategi digital yang lebih baik pada bulan Agustus nanti.

5. Sukses jalankan digital marketing bersama Brandztory

Kesulitan saat menjalankan strategi digital marketing? Konsultasikan saja dengan tim brandztory. Di sini kami mempunyai tim ahli digital marketing yang passionate dan berdedikasi tinggi. Setiap orang mempunyai ahli yang berbeda-beda, seperti Social Media Marketing, SEO Content Marketing, Google & Social Media Ads, SEO & SEM, Google Analytic, Website Development, dan Desain Grafis. 

Yuk realisasikan sekarang juga! Sukses jalankan digital marketing bersama kami dengan klik link ini atau chat melalui WhatsApp di nomor: +628118811598.