8 Tempat Download Musik Bebas Copyright [Gratis]

download musik bebas copyright

Bertepatan dengan Hari Musik Sedunia, brandztory akan membahas tentang hak cipta atau copyright. Maraknya profesi content creator saat ini, membuat copyright sebagai salah satu hal yang wajib kamu ketahui. Kenapa? Karena ketika kamu mengedit suatu video dan menggunakan musik orang lain, maka akan ada hak cipta di dalamnya. Jika melanggar copyright, video akan terblokir atau bahkan terhapus. Nah solusinya, kamu bisa meminta izin terlebih dahulu atau download musik bebas copyright.

Buat kamu yang berprofesi sebagai content creator wajib simak artikel ini karena akan ada tempat download musik bebas copyright gratis ala brandztory.

pengertian copyright
source: freepik

Menurut Pasal 1 nomor (1) UU No. 28 Tahun 2014, hak cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Singkatnya, copyright atau hak cipta adalah hak yang timbul secara otomatis pada diri seseorang yang membuat karya asli, seperti sastra, film, musik, lagu, lirik, dan lain-lain. Jadi, jika kamu tanpa izin menggunakan karya yang terdapat hak cipta lalu mendapatkan banyak viewers atau bahkan menghasilkan uang. Maka kamu dapat digugat pelanggaran hak cipta oleh pemilik karya tersebut. 

Tujuan copyright itu sendiri untuk melindungi karya asli seseorang agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Jika kamu membuat suatu karya lalu dimanfaatkan oleh orang lain untuk tujuan komersil, pasti sangat menyebalkan bukan? Oleh karena itu, penting bagi content creator dan penggiat dunia digital lainnya untuk memperhatikan masalah copyright ini.

tempat download musik bebas copyright
source: unsplash

Saya hanya bersenandung dengan irama musik, kenapa Saya tetap melanggar copyright? Bagaimana jika Saya tidak menggunakan musik tersebut secara mentah-mentah, apakah akan tetap terkena masalah copyright? Apa saja batasan seseorang melanggar copyright?

Google dan YouTube sendiri telah mengeluarkan aturan mengenai copyright. Jika kamu menggunakan musik atau karya yang dilindungi oleh hak cipta, maka YouTube akan mengirimkan Klaim Content ID. Biasanya kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email dari YouTube. Hal ini tetap berlaku walaupun kamu hanya bersenandung atau menggunakan sebagian musik saja karena melodi maupun lirik yang kamu gunakan tersebut dilindungi oleh hak cipta.

Walau begitu, jika kamu mendapatkan Klaim Content ID bukan berarti kamu melanggar hak cipta. Klaim Content ID akan muncul jika pihak YouTube menemukan konten milik orang lain di video  kamu. Pemilik video lain tersebut itulah yang disebut sebagai pemilik hak cipta. Ia dapat memutuskan apakah orang lain boleh menggunakan karyanya atau tidak. Jika tidak ingin orang lain menggunakan kontennya maka ia dapat:

  1. Memblokir video di seluruh dunia atau terbatas pada wilayah tertentu
  2. Membatasi penayangan video di platform tertentu
  3. Membagi hasil pendapatan video tersebut

Hal ini sama halnya dengan penggunaan musik dalam video YouTube. Walaupun begitu, tidak sedikit pula pemilik hak cipta yang mengizinkan kontennya untuk tetap tayang selama dapat memasang iklan pada video tersebut. Untuk perihal monetisasi iklan, ada 2 (dua) kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu:

  1. Hasil dari iklan video tersebut seluruh penghasilannya diberikan kepada pemilik hak cipta
  2. Hasil dari iklan video tersebut sebagian penghasilannya diberikan kepada pemilik hak cipta

Jika kamu bergabung dalam Program Partner YouTube, ada kemungkinan bahwa kamu dapat berbagi pendapatan dengan penerbit musik tersebut. Di dunia musik sendiri, pihak yang diberi kuasa oleh pencipta lagu untuk mengurus hak cipta lagu ciptaannya disebut sebagai publisher. Kamu bisa menghubungi pihak publisher untuk membicarakan masalah royalti lebih lanjut.

Pada kenyataannya, proses perizinan untuk menggunakan musik yang dilindungi oleh hak cipta tidak selalu mudah. Untuk content creator pemula lebih baik menggunakan musik bebas copyright, terutama untuk kamu yang membutuhkan musik sebagai backsound saja. Berikut tempat download musik bebas copyright yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Download Musik Bebas Copyright di YouTube Studio

Jika ingin mengunggah video di YouTube, kamu bisa menggunakan musik dan backsound bebas copyright di YouTube Studio. Lebih tepatnya, kamu bisa membuka menu Koleksi Audio dengan cara berikut ini:

  • Login ke YouTube Studio
  • Dari menu kiri, pilih Koleksi Audio

Kamu juga bisa membuka Koleksi Studio dengan mengakses link ini youtube.com/audiolibrary

YouTube Studio
Download Musik Bebas Copyright di YouTube Studio

Setelah masuk menu Koleksi Audio, kamu akan melihat tampilan seperti di atas. Ada berbagai genre yang bisa kamu temukan, mulai dari pop, hip hop, RnB, sampai dengan rock. Setelah menemukan audio yang kamu suka, klik download untuk mendapatkan file MP3. Ada beberapa audio yang memiliki lisensi Creative Commons. Artinya, kamu harus memberikan kredit kepada artis tersebut dalam deskripsi video kamu. 

2. Facebook Creator Studio

Seperti namanya, untuk mengakses Facebook Creator Studio, kamu harus mempunyai Facebook terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan musik gratis bebas copyright di sini. Uniknya, Creator Studio bukan hanya berisi koleksi audio gratis saja tapi juga pengaturan konten yang akan kamu unggah di Facebook maupun Instagram.

tempat download musik bebas copyright
Download Musik Bebas Copyright di Creator Studio

Untuk mendapatkan musik gratis, kamu bisa membuka menu Creative dan masuk ke dalam menu Koleksi Audio. Di sana ada berbagai pilihan musik berdasarkan genre dan artisnya.

3. Epidemic Sounds

World's Music Day
Download Musik Bebas Copyright di Epidemic Sound

Epidemic Sound adalah salah satu tempat yang populer bagi content creator bahkan untuk pembuatan film. Sayangnya, tidak semua pilihan musik tersedia secara gratis. Jika ingin mendapatkan musik bebas copyright secara gratis, kamu bisa mencoba free trial terlebih dahulu.

4. Download Musik Bebas Copyright di Bensound

Tempat download musik bebas copyright
Download Musik Bebas Copyright di Bensound

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah Bensound. Tidak hanya genre musik pop dan akustik saja, kamu juga bisa mendapatkan genre indie, cinematic, EDM, dan lain-lain. Bensound mengklaim bahwa semua musik miliknya aman untuk tayang di YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, Twitch, Vimeo, dan lain-lain. Untuk mendapatkan musik ini, kamu hanya perlu men-download dan memberikan kredit pada si pembuat musik.

5. Free Sound Effect

download sound effect gratis
Download Musik Bebas Copyright Gratis di Free Sound Effects

Dalam pembuatan video, tentu bukan hanya musik latar saja yang kamu butuhkan. Adanya sound effect dapat mendukung penonton dalam mendalami alur video. Kamu bisa download sound effect, seperti suara petir, suara hujan, suara binatang, dan lain-lain di Free Sound Effect. Caranya mudah, yaitu dengan men-download efek yang kamu inginkan. 

6. HookSounds

Tempat download musik
Download Musik Bebas Copyright di HookSounds

Jika ingin tampil beda, HookSounds lah tempatnya! HookSounds menyediakan berbagai musik orisinil yang dibuat oleh artis in-house miliknya. Jadi, semua musik yang kamu dapatkan dari HookSounds tidak akan ditemukan di tempat lain.

Untuk mendapatkan musik secara gratis, kamu bisa menggunakan lisensi USE & MENTION (non commercial). Sedangkan, untuk full access kamu harus menjadi member berbayar.

7. Premium Beat

Download musik bebas copyright
Download Musik Bebas Copyright di Premium Beat

Kamu juga bisa mendapatkan musik bebas royalti di Premium Beat by Shutterstock. Ada berbagai genre yang tersedia, seperti pop, blues, rock, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan musik ini secara gratis dan juga berbayar. Untuk dapat men-download kamu harus mempunyai akun Premium Beat atau Shutterstock terlebih dahulu.

8. Download Musik Bebas Copyright di Jamendo

Tempat komunitas musik
Download Musik Bebas Copyright di Jamendo

Jamendo menawarkan 2 (dua) fasilitas, yaitu fasilitas gratis dan berbayar. Sama seperti tempat lainnya, berbagai genre, mood, dan artis tersedia di sini. Hanya saja, Jamendo juga menyediakan tempat untuk kamu yang suka membuat musik sehingga tersebar ke banyak orang.

Demikianlah ulasan mengenai copyright dalam rangka memperingati Hari Musik Sedunia. Untuk kamu yang ingin membuat video dengan menggunakan karya orang lain, kamu harus memperhatikan aturan copyright ini ya. Namun, copyright tidak hanya berlaku untuk pembuatan video saja, melainkan karya-karya orisinil lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi Instagram kami di @brandztory agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya.