Manfaat SEO Untuk Website Bisnismu Yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat SEO

Tujuan perusahaan membuat website tentu untuk meningkatkan keuntungan bisnis miliknya. Tapi apakah membuat website saja cukup? Rasanya sangat disayangkan jika sudah mempunyai website tapi tidak teroptimasi secara maksimal. Salah satu cara mengoptimasi website adalah dengan menerapkan SEO. Namun nyatanya, masih cukup banyak pebisnis yang masih belum tahu manfaat SEO itu sendiri.

Jika kamu sudah familiar dengan kata SEO, hal yang paling sering terpikirkan adalah SEO dapat membuat website berada di halaman pertama search engine Google. Padahal bukan hanya itu saja, ada banyak manfaat SEO lainnya yang wajib kamu tahu. Buat kamu yang penasaran, semua akan brandztory kupas tuntas di sini!

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Penerapan SEO merupakan salah satu strategi untuk membuat website berada di halaman pertama dengan ranking teratas pada search engine Google. Penempatan website ini sangat penting karena masyarakat Indonesia terbiasa untuk mencari tahu sesuatu hal melalui Google. 

Menurut survey katadata, pangsa pasar Google sebagai mesin pencari / search engine mencapai 92,2%. Sementara sisanya dibagi dengan mesin pencari lain, yaitu Bing 2,9%, Yahoo! 1,5%, Baidu 1,1%, DuckDuckGo 0,6%, dan YANDEX 0,5%. Jadi, jika websitemu berada di halaman pertama maka semakin banyak pula audiens yang berkunjung ke website bisnismu. Mayoritas pengguna terbiasa untuk mengelik halaman website di halaman pertama saja, semakin tinggi ranking suatu website di Google maka semakin terpercaya kredibilitas suatu perusahaan di mata audiens.

pangsa pasar mesin pencari internet
Pangsa Pasar Mesin Pencari Internet – katadata.co.id

Dengan menerapkan SEO, kamu mengoptimasi website bisnis agar memenuhi standar search engine Google sehingga pantas tampil di halaman pertama. Bukan hanya itu, SEO juga dapat membantu website bisnis kamu mendapatkan traffic yang tepat. Dengan begitu, audiens yang mengunjungi website kamu adalah orang-orang yang sesuai dengan target pasar bisnismu. 

Perbedaan SEO dan SEM

Optimasi website agar terletak di ranking teratas bukan hanya dilakukan dengan penerapan SEO saja. Ada teknik marketing lainnya yang disebut sebagai SEM singkatan dari Search Engine Marketing. SEO dan SEM sama-sama upaya untuk menempatkan website di posisi teratas. Lalu, apa perbedaannya?

Dalam penerapan SEO, biasanya memerlukan waktu sampai suatu website dapat berada di halaman pertama. Sedangkan, SEM adalah strategi marketing untuk membuat website ada di posisi teratas pada halaman pencarian Google dengan waktu yang lebih cepat dan instan. Perbedaan waktu ini bukannya tanpa alasan, untuk menerapkan SEM kamu harus mengeluarkan biaya iklan, sedangkan SEO merupakan layanan tak berbayar (gratis) dan berbayar. Kamu bisa memilih layanan yang sesuai dengan keperluan bisnismu.

Tampilan di mesin pencarian pun berbeda, pada SEM akan ada label iklan atau ads karena berbayar. Oleh karena itu, durasi website tampil di halaman depan pun terbatas. Jika durasi iklan habis maka ranking website akan kembali seperti semula. 

Perbedaan SEM dan SEO
Perbedaan SEM dan SEO

Cara penerapannya pun berbeda, jika kamu ingin menerapkan SEM maka membutuhkan tools, seperti Google Ads dan Keyword Planner. Sedangkan, SEO tidak wajib menggunakan tools namun tidak menutup kemungkinan kamu akan membutuhkannya saat penerapan. Semakin banyak tools yang kamu gunakan maka semakin spesifik pula detail analisis yang kamu dapatkan.

Jenis-jenis SEO

Sebelum menerapkan SEO, kamu harus tau perbedaan dari ketiga jenis SEO di bawah ini, antara lain:

1. On Page SEO

On Page SEO adalah SEO utama untuk mengoptimalkan konten dalam website agar link website mendapatkan ranking teratas. Konten ini dapat berupa artikel yang bersifat SEO friendly. Untuk membuat artikel SEO friendly kamu harus menemukan keyword terbaik yang relevan. Carilah kata kunci dengan menggunakan tools keyword planner dan letakkan kata kunci tersebut pada bagian judul, sub judul, meta deskripsi, dan paragraf pertama. 

Jika kamu baru mulai belajar SEO, jenis On Page SEO ini wajib untuk kamu kuasai. Kamu bisa gunakan tools plugin SEO, seperti Yoast untuk membantumu mengoptimasi artikel milikmu.

2. Off Page SEO

manfaat seo
Manfaat SEO Untuk Website Bisnis

Berbeda dengan On Page SEO yang fokus pada konten dalam website, Off Page SEO fokus mengoptimasi SEO di luar website. Singkatnya, untuk memahami Google bahwa konten milikmu bermanfaat bagi orang lain. Hal ini dapat dilihat dari:

a. Link Building

Link building atau biasa disebut sebagai backlink adalah cara mengoptimasi SEO dengan meletakkan link konten kamu di website lain. Misalnya, ada website yang membuat konten dengan sumber dari website milikmu, maka kamu akan mendapatkan backlink. Semakin besar backlink yang kamu dapatkan maka semakin Google percaya bahwa konten dalam websitemu bermanfaat. 

b. Domain Authority & Page Authority

Semakin tinggi domain authority dan page authority yang suatu website miliki maka semakin tinggi pula peluang website tersebut berada di ranking teratas mesin pencarian Google. Di sini menggunakan tools Moz. 

3. Technical SEO

Technical SEO adalah cara mengoptimasi website melalui struktur website itu sendiri. Aspek-aspek yang harus berjalan maksimal, seperti kecepatan website, keamanan situs (SSL), layout website, navigasi, dan XML Sitemap. Jika websitemu memiliki struktur yang bagus maka akan mudah dibaca oleh Google.

Manfaat SEO Untuk Website Bisnis

manfaat seo
source: freepik

Kenapa pembuatan website harus diiringi dengan penerapan SEO? Padahal kan bisa promosi melalui social media dan channel marketing lainnya. Ini dia manfaat SEO yang harus kamu tahu, antara lain:

1. Peluang Meningkatkan Traffic Website

Jika kamu menerapkan SEO, peluang website milikmu berada di halaman pertama akan lebih besar. Hal ini akan memudahkan audiens untuk menemukan website milikmu pula, jadi tak heran jika traffic yang masuk ke dalam website menjadi lebih banyak. Semakin banyak audiens yang mengunjungi website, maka semakin meningkat pula brand awareness bisnismu.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, semakin banyak audiens yang mengunjungi website, maka semakin meningkat pula brand awareness suatu bisnis. Brand awareness adalah istilah yang menandakan bahwa ada masyarakat yang mengenali dan mengingat merek suatu bisnis. Brand awareness ini akan menciptakan rasa kepercayaan konsumen terhadap suatu brand.

3. Menemukan Target Audiens Yang Sesuai

Pengunjung akan menemukan website milikmu dengan cara mengetikkan satu kata kunci di search engine Google. Kata kunci tersebut adalah kata kunci yang telah kamu optimasi melalui konten SEO friendly. Misalnya, kamu membuat konten mengenai perawatan rambut maka audiens yang mengeklik website milikmu adalah orang yang ingin melakukan perawatan rambut.

4. Mendapatkan Leads Untuk Meningkatkan Penjualan

SEO mampu menjangkau target audiens yang lebih luas dan tertarget. Orang yang mengeklik link website dari search engine adalah orang-orang yang mempunyai interest dan kebutuhan yang sama dengan niche website bisnismu. Jadi, audiens tersebut sudah tersaring berdasarkan interest mereka dan mempunyai kemungkinan closing rate lebih tinggi.

5. Memperoleh Data SEO Untuk Mengembangkan Bisnis

Jika menerapkan SEO, kamu dapat menggunakan tools yang disebut sebagai Google Analytic. Tools ini dapat memberikan laporan mengenai pengaruh SEO terhadap perkembangan website, seperti:

  • Jumlah pengunjung website
  • Jumlah pengunjung baru website (unique visitor)
  • Rata-rata durasi pengunjung berada di website
  • Jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman (bounce rate)
  • Angka jumlah pengunjung yang melakukan tindakan tertentu melalui CTA (conversion)
  • Jumlah pengunjung di setiap halaman menu website

Cara Kerja SEO 

Cara kerja SEO sangat bergantung dengan algoritma dari mesin pencari yang kamu gunakan. Menurut brightlocal.com, lebih dari 81% masyarakat di dunia mencari informasi produk melalui Google. Oleh karena itu, di sini brandztory akan membahas cara kerja SEO berdasarkan algoritma Google.

Search engine Google memiliki web crawler untuk menyimpan informasi website ke database. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan daftar halaman website terbaik (ranking) dengan tata cara berikut ini:

  1. Crawling: Mengumpulkan informasi setiap halaman website
  2. Indexing: Menyimpan semua informasi website tersebut ke dalam index (database) dengan cara mengidentifikasi konten, struktur website, dan kredibilitas setiap halaman website.
  3. Ranking: Menampilkan konten sesuai ranking berdasarkan daftar halaman website terbaik.

Lalu, bagaimana menjadi website yang kredibel di mata Google? 

1. Gunakan Google Analytic

Dengan Google Analytic, kamu akan tahu halaman mana yang memiliki banyak pengunjung dan mana juga yang tidak, berapa pengunjung yang datang setiap harinya, bounce rate setiap halaman, dan lain-lain. Dengan informasi ini, kamu jadi tau hal-hal apa saja yang harus kamu optimasi dalam halaman website.

2. Hubungkan dengan Google Business

Optimasi Google Business
Optimasi SEO dengan menghubungkan Google Business

Tools ini akan menampilkan informasi bisnis milikmu, seperti nama brand, lokasi, email, jam kerja, nomor telepon, website, foto, dan review konsumen. Hal ini akan memudahkan audiens mencari informasi bisnis milikmu.

3. Buatlah Konten Yang Berkualitas dan Trendy

Buatlah konten yang sedang booming saat ini namun tetap relevan dengan niche bisnismu. Selain itu, usahakan membuat konten yang menjawab pertanyaan masyarakat saat ini. Dengan begitu kamu akan mendapatkan konten yang berkualitas.

4. Pilihlah Kata Kunci yang Relevan

Manfaat SEO
Google Keyword Planner

Pilihlah kata kunci yang sesuai dengan niche bisnis dan banyak dicari orang. Misalnya, kamu menjual produk pisang goreng maka gunakanlah kata kunci yang sesuai, seperti ‘pisang goreng di Jakarta’. Kamu bisa melakukan riset melalui Google keyword planner, Google Suggest, Neilpatel, dan Google Trends.

5. Perbanyak Backlink

Backlink adalah salah satu faktor yang cukup penting jika ingin dinilai kredibel oleh Google. Semakin banyak backlink maka semakin Google percaya bahwa website milikmu bermanfaat bagi banyak orang. Backlink adalah link yang tertanam di website lain yang mengarah ke website kamu.

6. Buat User Experience Terbaik

User Experience adalah pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu website. Jika User Experience menarik dan mudah digunakan maka akan meningkatkan kepuasan pengguna. User Experience ini, seperti tampilan website, usability, dan desain interaksi.

Realisasikan Manfaat SEO Sekarang!

Itu dia penjelasan lengkap mengenai penerapan SEO. Dengan SEO kamu bisa optimasi website agar dapat tampil di halaman depan Google. Tentu itu akan bermanfaat untuk bisnismu karena traffic website akan meningkat, leads bertambah, angka penjualan pun lebih tinggi. Yuk realisasikan manfaat SEO tersebut sekarang juga! Masih bingung? Optimasi SEO dengan mudah dengan Brandztory. Kamu bisa hubungi tim kami melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598.

Summary
Manfaat SEO Untuk Website Bisnismu Yang Wajib Kamu Tahu
Article Name
Manfaat SEO Untuk Website Bisnismu Yang Wajib Kamu Tahu
Description
Punya website tapi belum tahu manfaat SEO? Optimasi website dengan menerapkan SEO untuk meningkatkan penjualan bisnismu.
Author
Publisher Name
Brandztory
Publisher Logo