Manfaat dan Tipe Brand Activation yang Sering Ditemui

Manfaat Brand Activation

Salah satu cara suatu brand untuk menarik calon konsumen adalah melalui kegiatan promosi yang memberikan pengalaman nyata dari produk mereka. Kegiatan ini biasa disebut marketer sebagai “Brand Activation”, lalu apa aja sih manfaat Brand Activation untuk brand kamu?

Brand activation adalah kegiatan promosi yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen terhadap suatu brand, dengan cara memberikan pengalaman secara nyata. Semakin kuat hubungan emosional yang timbul antara konsumen dengan brand, maka semakin sukses pula kegiatan promosi tersebut. 

Manfaat Brand Activation

Saat ingin mengadakan kegiatan promosi, pasti juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena manfaat yang didapatkan sebanding dengan usaha yang diberikan. 

1. Meningkatkan Minat Konsumen

Setiap orang tertarik dengan hal-hal yang unik dan menyenangkan, kunci inilah yang bisa kamu gunakan agar dapat meningkatkan minat konsumen. Salah satu caranya, dengan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk merasakan produk melalui games atau challenge.

2. Mendapatkan Feedback Secara Langsung

Suatu brand seringkali kesulitan untuk mendapatkan feedback yang jujur dan membangun. Saat acara berlangsung, kamu bisa menanyakan dan mendapatkan feedback dari konsumen, seperti hal apa saja yang mereka sukai dan apa saja yang harus dibenahi dari produk yang ditawarkan. 

3. Meningkatkan Penjualan

Kamu juga bisa menawarkan produk dengan diskon khusus untuk konsumen yang mengikuti kegiatan tersebut, dengan begitu kamu akan mendapatkan peningkatan angka penjualan. Semakin banyak orang yang tertarik, semakin banyak orang yang ingin membeli.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Jika brand yang kamu miliki adalah brand baru atau ingin meluncurkan produk baru, brand activation adalah cara yang tepat! Karena hanya dalam satu kegiatan kamu bisa menampilkan secara eksklusif ke konsumen, spesifikasi unik apa saja yang produk itu tawarkan. 

5. Menimbulkan Adanya Brand Loyalty

Eratnya hubungan emosional yang terbentuk saat kegiatan, akan membentuk brand loyalty. Kesan memiliki dan tidak ingin beralih ke produk lain akan timbul, terutama jika kamu mengadakan brand activation setiap peluncuran produk baru, keinginan untuk menjadi orang pertama yang mencoba produk akan muncul di perasaan konsumen.

Tipe-tipe Brand Activation

Tipe Brand Activation
Tipe-tipe Brand Activation

1. Experimental Activation

Tipe activation yang fokus untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi konsumen. Kegiatan yang memberi kesempatan kepada konsumen untuk mencoba menggunakan produk. Misalnya, peluncuran produk baru Lenovo dengan fitur virtual reality-nya.

2. Social Media Activation

Tipe ini cukup popular di antara para brand, karena banyaknya masyarakat yang menggunakan social media. Salah satu contohnya adalah kampanye yang diadakan di instagram, seperti giveaway ataupun video challenge.

3. Promotion Activation

Jika ingin mengadakan promo khusus di momen-momen tertentu, kamu bisa mengadakan tipe activation ini. Misalnya, mengadakan kegiatan pada momen hari kemerdekaan dengan diskon up to 70% untuk semua produk.

4. Marketing Event Activation

Kegiatan seperti pameran, expo, dan festival merupakan salah satu contoh bentuk tipe ini. Semua kegiatan yang dapat diikuti oleh konsumen secara langsung. Promotion activation bisa juga termasuk sebagai marketing event jika kamu mengadakan acara tersebut secara offline.

5. Sponsorship Activation

Seperti namanya, tipe ini merupakan kegiatan promosi yang mempunyai sponsor khusus dari perusahaan lain. Dengan imbalan, terpampangnya logo brand perusahaan tersebut atau adanya stand official store saat acara berlangsung.

Setelah mengetahui manfaat dan tipe-tipe Brand Activation, kamu tertarik ngga mengadakan kegiatan ini? Atau masih bingung mau konsep apa? Konsultasikan aja dengan brandztory, dengan menghubungi melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan ide yang menarik dan unik untuk produkmu.