Strategi Paid Promote Agar Jualan Laris Manis

Paid Promote

Penjualan secara online merajalela, teknik social media marketing pun semakin diminati. Banyaknya masyarakat yang menggunakan social media menjadi salah satu alasan utama. Terlebih saat ini telah dipermudah dengan adanya fitur iklan di setiap social media. Bukan hanya itu, pernahkah kamu mendengar paid promote? Jika kamu sering melihat akun favoritmu mempromosikan produk di social media-nya itulah yang disebut sebagai paid promote atau promosi berbayar.

Walau terlihat populer, ternyata masih banyak yang meragukan keuntungan dari paid promote ini. Buat kamu yang tertarik, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Paid Promote?

Semula berawal dari para pelaku usaha yang mengirimkan produk mereka ke artis ataupun influencer, dengan imbalan akan mempromosikan produk tersebut di social media mereka. Tapi karena tren itu semakin populer, lahirlah promosi berbayar dimana kamu sebagai pelaku usaha harus membayar akun dengan engagement yang tinggi untuk mempromosikan produkmu. Dengan harapan followers mereka akan tertarik membeli produk yang kamu tawarkan.

Paid promote juga terkenal dengan kemudahannya karena kamu tidak perlu mengirimkan produk, cukup kirimkan konten foto atau video produk untuk di-post oleh akun yang telah kamu pilih. Social media yang paling sering digunakan untuk promosi ini adalah instagram karena adanya fitur yang beragam, seperti instagram feed, story, reels, dan ig tv, walaupun twitter dan youtube tidak kalah populer juga. 

Karena instagram merupakan social media yang paling populer saat ini, untuk selanjutnya akan menjelaskan lebih lanjut segala hal tentang paid promote instagram ya! Biar usaha kamu pun lebih meningkat angka penjualannya.

Kelebihan & Kekurangan Paid Promote

Kelebihan & Kekurangan Paid Promote
(source:pinterest)

Benarkah paid promote itu menguntungkan? Pasti banyak di antara kamu yang bertanya-tanya. Seperti strategi promosi lainnya, promosi berbayar ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

KELEBIHAN

1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Biasanya untuk paid promote cenderung menggunakan akun publik dengan angka followers yang tinggi, seperti tahilalat, dagelan, hai_online, cewekbanget.id, dan lain-lain. Jadi kamu akan mendapatkan target audiens yang lebih luas dan lebih banyak dari berbagai daerah.

2. Lebih Murah dan Efektif

Jika dibandingkan dengan instagram ads dan endorsement, paid promote tergolong yang paling murah. Selain harganya yang terjangkau, promosi ini pun efektif meningkatkan engagement kamu. Efektif karena jika konten akun tersebut memiliki engagement yang baik, maka besar kemungkinannya konten tersebut akan masuk ke explore instagram sehingga tidak hanya followers akun tersebut yang melihatnya.

3. Tidak Wajib Mengirimkan Produk

Kamu ga perlu mengirimkan produk karena semua konten promosi ini berasal dari pelaku usaha. Jadi biaya pengiriman dan biaya produk tidak menjadi beban tambahan, cukup membayar biaya paid promote yang telah disepakati, kamu bisa mempromosikan produk terbaikmu.

4. Lebih Mudah dan Terkontrol

Bagian terbaiknya adalah akun pilihanmu akan mudah untuk post konten produk, dengan begitu tidak akan ada istilah ‘telat post’. Permasalahan yang sering muncul ketika seseorang melakukan endorsement adalah influencer telat post karena harus membuat konten terlebih dahulu, tapi tidak dengan paid promote.

KEKURANGAN

1. Kurang Interaktif 

Walaupun banyak manfaatnya, ternyata promosi ini juga memiliki kekurangan. Biasanya konten yang berasal dari pelaku usaha cenderung kaku dan tidak menarik. Berbeda dengan endorsement yang interaktif karena terkesan influencer itu sendiri yang menawarkan suatu produk.

Untuk itu kamu bisa mengantisipasinya dengan membuat video dan menggunakan copywriting yang interaktif dan menarik.

2. Konten Yang Tidak Sesuai

Untuk berhasil mendapatkan engagement yang tinggi, kamu harus tepat memilih akun yang cocok dengan produkmu. Karena harganya yang terjangkau, kamu bisa melakukan promosi di beberapa akun yang berbeda dengan jumlah dan target audiens yang berbeda.

Tanpa perlu lelah mencari daftar akun dengan engagement tinggi, kamu bisa menggunakan paid promote dengan akun afiliasi kompas di sini. Semua akun memiliki target audiens yang beragam, bisa kamu sesuaikan dengan produk yang akan ditawarkan.

Tarif Jasa Paid Promote Instagram

Tarif Jasa Paid Promote Instagram
Tarif Jasa Paid Promote Instagram

Pada dasarnya tidak ada tarif standar pada jasa paid promote di Instagram. Namun, tentu saja semakin banyak jumlah followers suatu akun, maka semakin mahal tarif yang ditawarkan. Biasanya untuk ratusan ribu followers mematok tarif ratusan ribu rupiah. Sedangkan, untuk followers jutaan mematok tarif jutaan sampai belasan juta rupiah. Kamu bisa mulai dari tarif murah terlebih dahulu, tidak perlu langsung mahal karena yang terpenting akunnya mempunyai followers yang aktif. 

Untuk menanyakan tarif, kamu bisa langsung menghubungi mereka melalui Direct Message (DM) atau beberapa diantara mereka ada yang menyertakan email di bio instagram. Tata bahasa yang digunakan harus sopan, jelas, dan ringkas, jangan lupa gunakan email perusahaan atau instagram perusahaan ya saat menghubungi. Hal ini penting untuk menjaga brand image kamu sendiri.

Contoh bertanya tarif paid promote:

PAID PROMOTE-

Siang, kami dari BRAND BAGUS ingin bertanya perihal paid promote. 

Brand kami memasarkan produk makanan dan berniat untuk mempromosikan produk di akun kamu. Apakah untuk bulan ini ada slot paid promote yang kosong? dan kira-kira tarifnya untuk iklan di instagram feed dan story berapa ya? 

Terima kasih

*Jika melalui DM berikan judul ‘PAID PROMOTE’ agar mereka tau maksud message-mu sebelum membuka chat

*Jika melalui email berikan subject ‘PAID PROMOTE’ agar tersaring khusus sesuai tujuan

Tips Paid Promote di Instagram

Tips Paid Promote di Instagram
(source:pinterest)

Buat kamu yang ingin mencoba menggunakan paid promote, lebih baik baca tips di bawah ini dulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Pastikan Brand Kamu Mempunyai Social Media

Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lebih baik lakukan promosi setelah brand kamu mempunyai akun instagram. Gunanya untuk mempermudah konsumen yang tertarik dengan produkmu. Salah satu contohnya, saat akun instagram kamu di-tag langsung dari akun paid promote agar konsumen tinggal klik akunmu dan mudah menghubungi jika ingin membeli.

2. Siap Menampung Orderan Banyak

Jangan lakukan paid promote jika brand kamu belum siap menerima orderan banyak karena dapat merusak brand image-mu. Ketika promosi berhasil, sangat memungkinkan bila orderan akan bertambah 2-3x lipat daripada biasanya. Oleh karena itu, kesiapan brand dalam menerima orderan harus benar-benar diperhatikan. Cek kesiapan bahan baku untuk produksi dalam jumlah besar dan kesiapan tim customer service untuk melayani konsumen.

3. Mempunyai Konten Yang Menarik

Lagi-lagi bukan hanya akun paid promote-nya saja yang harus mempunyai konten menarik, tapi akun brand milikmu juga. Kenapa? karena jika ada konsumen yang tertarik namun saat melihat isi konten instagram-mu kosong, tidak ada yang menarik, dan tidak ada informasi yang jelas, sudah pasti mereka tidak jadi membeli. Oleh karena itu, kesiapan brand itu sangat penting untuk keberhasilan promosi.

4. Pilih Akun Dengan Audiens Yang Sesuai

Akun instagram-mu sudah siap? Sekarang waktunya memilih akun. Pilihlah akun dengan topik yang sesuai dengan produkmu, misalnya jika kamu menjual produk makanan maka carilah akun yang sering me-review makanan enak. Dengan begitu, sasaran konsumen kamu pun sesuai karena yang melihat iklan produkmu memang orang-orang yang tertarik untuk mencari informasi tentang makanan.

Jangan hanya terpaku pada satu akun saja, cari beberapa akun yang sekiranya cocok untuk tempat promosi produkmu. Apalagi jika ini paid promote pertamamu, mencoba beberapa akun untuk melihat akun seperti apa yang paling cocok dengan brandmu itu penting. Mulai dari akun dengan tarif yang sangat murah sampai tarif yang cukup mahal karena belum tentu yang mahal itu yang terbaik.

6. Pastikan Akun Terpilih Mempunyai Followers Aktif

Biasanya promosi instagram dilakukan di instagram feed dan instagram story karena fitur-fitur itulah yang paling banyak interaksi dengan followers. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk memastikan akun yang terpilih mempunyai followers aktif dan sering berinteraksi melalui konten-konten mereka. Kamu bisa memastikan melalui jumlah komentar, likes, dan followers yang mereka miliki, seperti untuk followers ratusan ribu, minimal mempunyai komentar atau likes ratusan. Jangan sampai followers mereka bukan followers asli dan aktif ya.

7. Gunakan Foto Yang Eye Catching

Tips ini juga tidak kalah pentingnya, karena foto merupakan gerbang utama yang menentukan apakah konsumen ingin mencari tau produk lebih lanjut atau tidak. Jika kamu menawarkan produk makanan, usahakan foto yang ditampilkan tampak menggugah selera. Tidak jarang ada konsumen yang impulsif membeli karena tertarik dengan gambar yang ditampilkan.

8. Berikan Copywriting Yang Persuasif

Bukan hanya foto, berikan juga tulisan yang persuasif. Misalnya, seperti promosi LAZADA di bawah tercantum copywriting ‘DISKON TERBESAR SATU HARI’ untuk memicu rasa penasaran konsumen. Tidak perlu minder, brand besar seperti Lazada saja tetap melakukan paid promote di Instagram, karena mereka tau keefektifannya dalam menarik perhatian konsumen.

Paid Promote
(source: instagram.com/hai_online/)

Jangan lupa untuk menampilkan caption yang menarik juga ya, buat semenyenangkan mungkin seakan-akan kamu dan konsumen berinteraksi langsung. Dengan penutup, instruksi apa yang harus dilakukan konsumen jika tertarik dengan tawaranmu, misalnya langsung kunjungi instagram kami @BRANDBAGUS untuk pemesanan.

9. Pilih Waktu Paling Optimal

Tidak setiap waktu orang membuka instagram, oleh karenanya lebih baik kamu riset terlebih dulu followers di akun tersebut aktif pada jam berapa. Pada umumnya pengguna instagram aktif pada jam 6 – 8 malam di hari kerja, lebih baik kamu meminta iklanmu ditayangkan saat jam-jam tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Udah berkali-kali paid promote tapi tetap ga mendapatkan hasil yang signifikan? Mungkin kontenmu kurang menarik! Dapatkan konten yang menarik dengan berkonsultasi dengan tim brandztory, hubungi kami melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan peningkatan penjualan.

Summary
Strategi Paid Promote Agar Jualan Laris Manis
Article Name
Strategi Paid Promote Agar Jualan Laris Manis
Description
Ternyata masih banyak yang meragukan keuntungan dari paid promote ini. Buat kamu yang tertarik, yuk simak penjelasan di bawah ini.
Author
Publisher Name
Brandztory
Publisher Logo