Tutorial Lengkap Setting WhatsApp Business Untuk Berjualan

Gunakan WhatsApp Business untuk merespon chat konsumen lebih cepat. Ini dia tutorial lengkap setting WhatsApp Business.

Siapa sih yang tidak tau aplikasi WhatsApp, sebagaimana 68.8 juta masyarakat di Indonesia menggunakannya sebagai layanan chatting. Fitur yang sudah berdiri sejak 2009 ini, kini mengeluarkan layanan baru untuk berjualan yang dinamakan sebagai WhatsApp Business. Walaupun sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, ternyata masih cukup banyak yang belum memanfaatkannya secara maksimal. Oleh karena itu, pada kesempatan ini brandztory akan membahas tutorial setting WhatsApp Business secara lengkap.

Buat kamu yang ingin tau lebih lanjut, simak artikel ini ya!

Pada Januari 2018 WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business dengan tujuan untuk mempermudah transaksi bisnis

Pengertian WhatsApp Business

Pengertian WhatsApp Business
Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah suatu aplikasi yang dirancang khusus untuk kebutuhan pelaku usaha. Dengan tujuan memudahkan pelaku usaha berkomunikasi langsung dengan pelanggan, sehingga menciptakan pengalaman belanja yang kuat. Sejak tahun 2018 layanan chatting ini sudah diunduh sebanyak 18 juta kali di Google Play dan App Store serta mempunyai popularitas yang luar biasa bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.  

Menurut Will Cathcart (Head of WhatsApp), sekitar 175 juta orang mengirim pesan ke akun bisnis di WhatsApp setiap harinya. Di Indonesia, WhatsApp merupakan aplikasi terpopuler ke-2 disusul oleh YouTube yang paling sering digunakan oleh masyarakat usia 16 sampai 64 tahun. Oleh karena itu, WhatsApp Business sangatlah efektif untuk kamu gunakan sebagai layanan komunikasi saat berjualan karena kemungkinan besar pelanggan yang kamu miliki sudah menggunakan layanan chatting ini.

Walaupun WhatsApp Business diperuntukkan untuk jualan, pada dasarnya WhatsApp Business memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan WhatsApp, hanya saja adanya fitur bisnis tambahan untuk menampilkan ‘Profil Usaha’. Tenang saja! Walaupun untuk bisnis, kamu dapat menggunakan aplikasi ini dengan gratis namun wajib menggunakan handphone dan nomor telepon untuk keperluan registrasi. Selain itu, fitur ini hanya bisa digunakan oleh satu orang yang bisa kamu tunjuk sebagai Customer Service atau Sales & Marketing untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

Fitur Business Tools WhatsApp Business

Fitur Business Tools WhatsApp Business
source : unsplash

Kamu juga bisa menggunakan beberapa tools yang disediakan oleh WhatsApp business untuk melengkapi detail profil usaha yang akan kamu tawarkan, antara lain:

1. Business Profile

Kamu bisa menggunakan tools ini untuk mengisi Nama, Bidang Usaha, Deskripsi, Alamat, Jam Operasional, Email, dan Website usaha kamu. Jadi, jika ada pelanggan yang ingin mengetahui detail usaha yang kamu tawarkan, hanya perlu melihat business profile pada WhatsApp tersebut.

2. Catalog Manager

Sekarang kamu tidak perlu lagi mengirimkan foto katalog satu per satu lewat chat personal karena di WhatsApp Business ada fitur Catalog Manager yang berfungsi untuk menginput listing produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Auto-Reply

Fitur ini cocok banget buat pebisnis pemula atau masih mengerjakan semua hal sendirian belum mempunyai karyawan. Fitur auto-reply ini dapat memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan karena dapat mengatur balasan chat secara otomatis, namun terbatas hanya Greeting Message, Away Message, dan template balasan lainnya.

4. Label Pesan

Satu lagi fitur yang memudahkan kamu berkomunikasi dengan pelanggan, yaitu label pesan. Fitur label pesan ini sendiri untuk mengelompokkan para pelanggan sesuai dengan isi chatnya. 

5. Iklan & Tautan FB dan IG

Setiap pelaku usaha pasti ingin mengiklankan produknya agar dapat menarik perhatian pelanggan yang lebih banyak. Keuntungan dari WhatsApp Business adalah kamu dapat mengiklankan usahamu juga di Facebook dan mengintegrasikannya dengan akun Facebook dan Instagram kamu. Karena WhatsApp itu sendiri berada di bawah naungan Facebook inc. atau sekarang disebut sebagai Meta. 

6. Statistik

Fitur ini berfungsi untuk mengetahui jumlah pesan yang telah dikirim, tersampaikan, dibalas atau bahkan hanya dibaca. Dengan fitur ini, kamu dapat menilai seberapa besar pengaruh komunikasi interaksi yang kamu lakukan terhadap pelanggan.

8 dari 10 konsumen ingin direspon kurang dari 24 jam

Manfaat Menggunakan WhatsApp Business

Manfaat Menggunakan WhatsApp Business
source : unsplash

Seperti penjelasan di atas, Indonesia merupakan pengguna WhatsApp terbesar ke-2 dari seluruh dunia. Dari banyak platform media sosial yang tersebar di Indonesia pun, WhatsApp merupakan aplikasi paling banyak memiliki user dan paling sering digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan fitur ini:

1. Better Customer Experience

WhatsApp Business dapat mempermudah komunikasi dengan lebih banyak calon pelanggan ataupun pelanggan setia kamu. Yang lebih terpenting lagi, dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat memberikan respon dan pelayanan yang cepat melihat adanya fitur auto-reply.

2. Mudah Digunakan dan Efisien

Banyaknya fitur-fitur bisnis yang tersedia, membuktikan bahwa WhatsApp Business lebih efisien untuk berjualan dibandingkan dengan fitur SMS biasa.

3. Terhubung Dengan WhatsApp dan Media Sosial Lain

Walaupun aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp merupakan dua aplikasi yang berbeda, bukan berarti WhatsApp Business hanya dapat berkomunikasi oleh sesama WhatsApp Business saja. Tapi juga dapat berkomunikasi dengan pengguna aplikasi WhatsApp biasa sehingga inilah yang membuat layanan WhatsApp Business sangat dianjurkan untuk kamu gunakan. 

Bukan hanya itu, kamu juga dapat terhubung dengan media sosial lain yang sama-sama berada di bawah naungan Meta, yaitu Facebook dan Instagram untuk mengiklankan produkmu.

Tahukah kamu, 17 juta dari 18 juta unduhan, berasal dari pengguna Android

4. Bersifat Menguntungkan

WhatsApp Business bertujuan untuk memudahkan penjualan, tentu dengan hasil akhir penjualan yang lebih tinggi. Kenapa? karena memiliki sifat-sifat menguntungkan sebagai berikut:

  • Quick Response : Efisiensi waktu dan usaha sehingga pelanggan pun tidak mudah kehilangan minat untuk membeli.
  • Fast Process : Prosesnya yang cepat dan efektif dapat meningkatkan penjualan.
  • Profil Business : Detail bisnis yang jelas akan membangun kepercayaan pelanggan.
  • Practical : Tersedia fitur-fitur yang membantu kemudahan bisnis.

Tutorial Setting WhatsApp Business

Buat kamu yang tertarik ingin mencoba menggunakan WhatsApp Business, ikuti langkah-langkah tutorial setting WhatsApp Business di bawah ini untuk memulainya.

1. Download & Install WhatsApp Business

Tutorial Setting WhatsApp Business
Tutorial Setting WhatsApp Business

Kamu dapat menemukan aplikasi tersebut di App Store untuk pengguna ios / iPhone dan di Play Store untuk pengguna Android.

2. Klik setujui “Terms of Services”

Setting WhatsApp Business

3. Pilih nomor yang ingin kamu gunakan (Nomor WA personal atau nomor lain) yang memang diperuntukkan untuk jualan

Tutorial WhatsApp Business

4. Pilih nomor yang ingin kamu gunakan (Nomor WA personal atau nomor lain) yang memang diperuntukkan untuk jualan.

Verify WhatsApp Number

5. Masukkan kode verifikasi melalui SMS

Verify WhatsApp Number

6. Lengkapi Profil WhatsApp Business dan klik Next

Tutorial WhatsApp Business

7. Selesai, pilih “explore” untuk mengisi detail bisnis, seperti profil, katalog, dan pesan

Setting WhatsApp Business

8. Lengkapi informasi pada “Business Tools”

Business Tools

9. Lihat Business Profile yang telah kamu buat

Profil Bisnis WhatsApp Business

10. Masukkan katalog produk atau jasa

Katalog Produk WhatsApp Business

11. Atur pesan otomatis untuk pelanggan yang menghubungi

auto-reply WhatsApp Business

12. Atur template balasan chat dengan menggunakan kode “/” (garis miring), kamu bisa atur untuk Greeting Message, Away Message atau pesan lainnya

Quick Reply WhatsApp Business

13. Beri label warna pada chat untuk mengelompokkan chat pelanggan kamu

Tutorial WhatsApp Business

14. Adanya fitur iklan di Facebook kemudian integrasi ke media sosial Facebook dan Instagram

Tutorial WhatsApp Business

15. Masukkan link kontak WhatsApp Business dan chat template untuk konsumen

Tutorial WhatsApp Business

Setelah mengikuti semua tutorial setting WhatsApp Business di atas, kamu baru bisa memanfaatkan fitur dalam WhatsApp Business secara maksimal. Ingat! Tulislah detail usaha dengan kata-kata yang menarik sehingga pelanggan pun akan tertarik untuk membeli produkmu.

Konsumen TIDAK akan melakukan pembelian jika ada pertanyaan yang belum terjawab

Cara Optimasi WA Business Untuk Meningkatkan Penjualan

Optimasi WhatsApp Business
source : unsplash

Hanya menggunakan WhatsApp Business saja tidak cukup, kamu harus mengoptimasi semua fitur yang tersedia. Beberapa cara di bawah ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan, antara lain:

1. Optimasi Setting Up

a. Kembangkan Profil

Coba kembangkan profil bisnismu untuk membangun kepercayaan pelanggan karena semakin lengkap detail bisnis yang kamu berikan, semakin besar pula kredibilitas usaha kamu.

b. Integrasi

Jika usaha kamu mempunyai website, maka hubungkanlah media sosial bisnis kamu dengan website di WhatsApp Business agar pelanggan lebih mudah mencari produkmu.

c. Lengkapi Catalog

Gunakanlah fitur katalog dan upload gambar produk atau jasa yang terbaik beserta deskripsi atau penjelasan produk secara lengkap. Jangan pernah kosongkan fitur katalog karena pelanggan lebih tertarik secara visual terlebih dahulu sebelum membaca tulisan.

d. List Building

Lakukan list building dan label contact sesuai dengan kategori atau status kontak yang kamu miliki, misalnya label untuk Pelanggan Baru, Prospek Menjanjikan, Loyal Customer, dll.

e. Manfaatkan Fitur Iklan

Saat menggunakan fitur iklan, tingkatkan awareness dan reach ke lebih banyak target audiens untuk meningkatkan leads dengan beriklan di media sosial Facebook dan Instagram.

f. Automasi

Manfaatkan fitur Auto-Reply dengan mengumpulkan jawaban dari pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan. Sehingga saat ada pelanggan yang menanyakan hal yang sama maka akan ada jawaban cepat auto-reply dari sistem yang telah kamu tuliskan.

2. Optimasi Dalam Reach & Interact

a. Target Audience

Tentukan target audience yang sesuai dengan pelanggan kamu dan buat personalize broadcast message sesuai dengan profil audience kamu. 

b. Manfaatkan Fitur Group Chat

Setelah mendapatkan chat dari pelanggan, kamu sudah mulai bisa menentukan apa interest dari audience kamu. Oleh karena itu, buatlah grup chat sesuai dengan common interest audience kamu. 

c. Gunakan Bahasa Komunikasi (Konten) Yang Menarik dan Personal

Gunakan bahasa komunikasi yang menarik dan menjual sehingga pelanggan yang membacanya pun tertarik untuk membeli, misalnya jika target audience kamu berusia remaja maka bahasa yang kamu gunakan juga fun.

d. Update Status Menarik Secara Berkala

Selain foto katalog, kamu juga bisa memanfaatkan fitur status. Fitur status bisa kamu gunakan sebagai platform interaksi dengan pelanggan, dimana pelanggan dapat langsung menuliskan pendapatnya dari status yang kamu berikan.

e. Jadikan Sarana Untuk Excellent Customer Service

Manfaatkan semua fitur yang tersedia secara maksimal sehingga kamu bisa menjadikan WhatsApp Business sebagai sarana untuk Excellent Customer Service.

f. Konsistensi & Evaluasi

Lakukan optimasi, interaksi dan update secara konsisten serta evaluasi hasil interaksi kamu. 

7 dari 10 konsumen memilih WhatsApp untuk menghubungi brand

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Saat menggunakan WhatsApp Business, ada dua hal yang harus kamu perhatikan, yaitu Be Yourself atau jangan mengikuti brand lain saat melakukan pemasaran dan gunakan Your Unique untuk Selling Point. Dengan melakukan kedua hal tersebut, maka kamu akan memanfaatkan fitur dengan maksimal saat menggunakan WhatsApp Business.

1. Personal Branding

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat menggunakan WhatsApp Business adalah personal branding atau membangun citra usaha yang baik pada pelanggan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah integrasi ke media sosial Facebook dan instagram. Seperti gambar di bawah, kamu dapat connect WhatsApp Business milikmu ke Facebook bisnis kamu sendiri. Caranya dengan ke kolom setting lalu klik kolom WhatsApp yang bertanda panah di bawah.

Cara Menggunakan WhatsApp Business
Cara Menggunakan WhatsApp Business

Kamu juga dapat connect ke media sosial Instagram dengan cara:

  • Buka profil instagram dan klik edit profil
  • Lihat kolom website
  • Ketik URL WhatsApp Business usaha ke dalam kolom website
  • Setelah itu akan muncul link website usaha kamu di bio profil instagram
  • Kamu juga dapat membagikan link tersebut melalui story instagram dan menjadikannya sebagai highlight
Cara Menggunakan WhatsApp Business
Cara Menggunakan WhatsApp Business

2. WhatsApp Business Ads

WhatsApp Business Ads
WhatsApp Business Ads

Untuk beriklan kamu bisa mengintegrasikannya dengan media sosial Facebook, misalnya saat kamu beriklan di Facebook, akan ada tombol CTA (Call To Action) yang ketika diklik oleh pelanggan maka akan terhubung ke WhatsApp Business produk tersebut. Dengan melakukan cara ini bukan hanya menguntungkan kamu sebagai pelaku usaha saja tapi juga memudahkan konsumen untuk menghubungi saat tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. List Building

Mungkin masih ada beberapa masyarakat Indonesia yang belum mengerti apa manfaat dari list building ini dan bagaimana cara menggunakannya. Pertama-tama ada 3 (tiga) manfaat yang akan kamu dapatkan, yaitu:

  • Menambah contact list secara konvensional, misalnya Pameran, Canvassing, Referensi, Cari Database, dll.
  • Traffic dari CTA Button website atau platform social lainnya, misalnya tombol kontak di website, IG, FB, dll.
  • WhatsApp Ads, misalnya iklan di facebook dengan objektif messages melalui WhatsApp.

Untuk cara menggunakannya, hal yang perlu kamu ingat adalah semakin banyak kontak di WhatsApp Business maka semakin banyak juga orang yang melihat story kamu. Nah untuk memaksimalkan hal ini, kamu dapat melakukan list building atau mengumpulkan database kontak dengan cara sebagai berikut:

1. Persiapkan Lead Magnet 

Kamu bisa membuat video series, voucher diskon, ebook PDF, atau konten apapun yang dapat menarik perhatian pelanggan. Triknya ada pada persyaratan untuk dapat konten yang kamu tawarkan tersebut, yaitu harus mencantumkan nama dan nomor WA mereka.

2. Sediakan Landing Page atau Google Form

Tentu saja mereka perlu platform untuk menuliskan nama dan nomor WA mereka, nah di sini kamu bisa menggunakan landing page ataupun google form yang telah kamu buat sebelumnya atau dapat juga mereka chat langsung ke nomor WA kamu dengan cara save nomor terlebih dahulu.

3. Sharing Edukasi Secara Rutin

Kamu bisa sharing edukasi melalui broadcast masal ke nomor kontak mereka yang sebelumnya sudah kamu save terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa melakukannya melalui story WhatsApp untuk mereka yang sudah menyimpan nomor kamu.

Kesalahan Umum Yang Biasa Kamu Lakukan

Bahasa adalah salah satu faktor terpenting dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Kenapa? karena melalui bahasalah mereka melihat wujud dan citra dari suatu brand. Bahkan menurut Steve Job, bahasa adalah master the topic, the message, dan the delivery.

1. Jawaban Terlalu Singkat

Pernahkah kamu membalas pelanggan dengan contoh di bawah ini? 

Kesalahan Menggunakan WhatsApp
Kesalahan Saat Menggunakan WhatsApp

Memang tidak salah tapi terkesan tidak menarik atau bahkan tidak niat untuk berjualan. Bahasa yang terlalu singkat akan membuat pelanggan kamu kehilangan minatnya untuk membeli suatu produk. Cobalah untuk menggunakan bahasa yang ramah dan jelas sesuai dengan target audience usahamu.

2. Puji Setiap Pilihan Konsumen

Kesalahan Umum WhatsApp
Kesalahan Umum WhatsApp

Ada trik tersendiri, saat konsumen memberikan jawaban dari pertanyaan kamu, jangan ragu untuk memberikan pujian. Buatlah situasi bahwa pilihan mereka memanglah yang terbaik dan bermanfaat untuk mereka.

3. Tidak Beri Penawaran dan Item Terbatas

Beri Penawaran
Beri Penawaran

Jangan lupa untuk arahkan pelanggan seolah-olah produk yang ditawarkan itu eksklusif serta penawaran yang menggiurkan.

WhatsApp Business Cocok Untuk Bisnis Kamu!

Tutorial Setting WhatsApp Business
Tutorial Setting WhatsApp Business

Jika kamu dapat memaksimalkan penggunaan WhatsApp Business, layanan chatting ini cocok untuk pelaksanaan bisnismu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berjualan, jangan lupa follow brandztory juga di media sosial Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru.