Buat Toko Online, Bangun Kepercayaan Konsumen

buat toko online
Brandztory Blog » Website & SEO » Buat Toko Online, Bangun Kepercayaan Konsumen

Akhir-akhir ini perkembangan bisnis memang meningkat tajam apalagi menggunakan sistem online yang lengkap dengan segala kelebihannya. Seiring berkembangnya dunia digital, berimbas pada maraknya pembuatan toko online. Apalagi membuatnya cukup mudah dan cepat. Wajar apabila banyak penjual beralih menggunakan sistem digital.

Hampir semua konsumen, cenderung memilih berbelanja secara online. Alasannya cukup sederhana, yakni kecepatan proses hingga kemudahan membayar. Toko online juga mempermudah konsumen dalam melihat spesifikasi suatu produk. Tinggal bandingkan beberapa toko dengan produk sejenis sebelum membeli.

1. Manfaat Membuat Toko Online

Dengan jangkauan yang sangat luas, maka kesempatan menjaring calon konsumen juga semakin besar. Berjualan secara online terbilang sangat efektif dengan beragam kemudahan dan keuntungannya.

Pemilik usaha konvensional sebaiknya mulai melirik calon konsumen di internet, karena kehadiran usahanya di internet dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Saat konsumen percaya pada suatu produk, maka konsumen dengan sendirinya akan merekomendasikan produk tersebut.

Toko online atau Olshop (Online Shop) juga memungkinkan penjual untuk mengelola stok barang menjadi lebih mudah. Selain itu, Olshop tidak memiliki jam operasional seperti toko konvensional. Sehingga, memungkinkan konsumen untuk membeli produk kapanpun dan di manapun.

Keuntungan menggiurkan lainnya adalah, penjual dapat menyentuh pasar ekspor dengan mudah. Olshop memungkinkan transaksi jual-beli secara online ke luar negeri, dengan bantuan payment gateway seperti PayPal. Dengan kemudahan ini, secara otomatis akan membuat bisnis berkembang.

Dengan jangkauan yang tidak terbatas, buat toko online berkesempatan lebih besar untuk menjaring calon konsumen.

2. Integrasi Offline dengan Online

Eksistensi sebuah bisnis memang patut menjadi perhatian, mengingat keberhasilan usaha seringkali dikaitkan dengan seberapa terkenal produk tersebut di kalangan konsumen. Toko offline, secara fisik memang membuat konsumen merasa nyaman saat memilih produk. Karena, konsumen berkesempatan mencoba dan menyentuh langsung untuk mengetahui kualitas produk bukan hanya membaca penjelasannya.

Dengan adanya Olshop, konsumen akan semakin mudah mencari informasi suatu produk. Hal ini sangat dibutuhkan oleh konsumen, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Berbeda dengan toko konvensional, toko yang dibuat dengan sistem online memiliki kemudahan menjalankannya tanpa butuh karyawan. Pemilik bisnis dapat menjalankannya di mana saja tanpa menyita banyak waktu.

Tidak seperti toko konvensional, membuat Online Shop tidak membutuhkan lahan serta biaya yang besar. Maka dari itu, toko online sangat cocok untuk diterapkan oleh bisnis berskala kecil seperti UMKM.

3. Tips Mudah Buat Toko Online

Peran website sebagai media promosi dinilai cukup efektif, karena informasi yang disampaikan dapat diakses dengan mudah oleh calon konsumen. Hal ini membuat pemilihan konten menjadi sangat penting bagi pelaku usaha.

3.1. Buat Toko Online dengan WordPress

Membuat website toko secara online, tidak sesulit yang dibayangkan. Langkah pertama adalah mencari referensi tema website toko yang sesuai. Kemudian sewa atau beli hosting dan domain untuk menyimpan website toko. Kedua, install CMS WordPress dan plugin WooCommerce di hosting. Berikutnya, download tema website toko melalui panel Dasbor di WordPress. Terakhir, upload dan update deskripsi barang dagangan pada website toko tersebut serta tentukan metode pembayarannya.

Saat website toko sudah tayang, maka Anda dapat melakukan penambahan atau pengurangan produk secara berkala. Anda juga dapat merubah harga sesuai keinginan termasuk melakukan berbagai strategi pemasaran agar konsumen lebih tertarik berbelanja di toko. Yang tak kalah penting, lakukanlah optimasi Search Engine agar website mudah ditemukan di Google.

3.2. Menyewa Jasa Buat Website

Masih berkaitan dengan website maka tidak lepas dari peran penyedia jasanya. Sekarang ini banyak sekali penyedia jasa pembuatan website toko. Hanya saja ketika memilih agensi maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini; tentukan kebutuhan dan fitur-fitur yang akan ditampilkan di website toko. Kemudian, siapkan budget sesuai konsep yang diinginkan. Harga yang diberikan jasa pembuat website sangat bervariasi tergantung dari konsep dan kebutuhan fitur yang diinginkan. Jika Anda seorang pemula, tidak ada salahnya memilih tema website dengan fitur standar untuk memudahkan pengelolaannya.

Hadirnya jasa pembuat website memudahkan pelaku usaha agar tidak perlu repot membuat dan mengoptimasi toko onlinenya. Pemilik usaha tinggal menyampaikan fitur-fitur apa saja yang diinginkan untuk memudahkan pengunjung website untuk berbelanja. Bila perlu, diskusikan mengenai harga hingga kontrak agar proses pembuatan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Komunikasi sangat diperlukan oleh penyedia jasa dengan pemilik usaha agar website toko berjalan sesuai rencana dan budget yang telah ditentukan.

Yang paling penting, pastikan penyedia jasa tersebut memiliki reputasi baik serta berpengalaman dibidangnya. Terlihat dari beberapa ulasan dari klien sebelumnya sebagai tolak ukur penilaian. Diskusikan juga semua hal terkait fitur-fitur website toko agar sesuai kebutuhan sehingga memudahkan proses jual-beli konsumen di website tersebut.

Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat dan jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar Buat Toko Online, silahkan hubungi kami melalui link ini. Atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598.