Digital Marketing Expert: Pengertian, Peran & Skill

Brandztory Blog » Digital Marketing » Digital Marketing Expert

Jika Anda tertarik dengan dunia pemasaran (khususnya pemasaran online), Anda mungkin ingin mempertimbangkan karier sebagai salah satu Digital Marketing Expert!

Hampir semua pemilik bisnis, cenderung memilih pemasaran melalui internet marketing. Alasannya cukup sederhana, yakni kecepatan proses hingga kemudahan tracking. Digital marketing juga mempermudah pelaku bisnis dalam mengambil suatau keputusan.

1. Apakah Digital Marketing Expert itu?

Iklan konvensional tidak lagi efektif seperti dulu. Sekarang, perusahaan harus menyediakan konten yang bermakna bagi konsumen sehingga membuat mereka lebih mudah ditemukan dengan cepat secara online. Digital Marketing Expert adalah seseorang yang memimpin tim marketing untuk mengidentifikasi target pasar, menciptakan citra merek, dan membuat serta memelihara kampanye pemasaran melalui internet dan teknologi digital.

Pemilik usaha sebaiknya mulai melirik calon konsumen di internet, karena kehadiran usahanya di internet dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Saat konsumen percaya pada suatu produk, maka konsumen dengan sendirinya akan merekomendasikan produk tersebut.

Digital Marketing Expert bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pemasaran produk atau jasa yang di terapkan secara online.

2. Apa yang di lakukan Digital Marketing?

Pakar pemasaran dapat memilih skill dalam bidang tertentu, seperti Search Engine Optimization (SEO), Pencarian berbayar / Pay Per-Click (PPC), media sosial, dan konten kreator. Selain itu, mereka harus memiliki keahlian umum pemasaran secara digital yang disebut sebagai Digital Marketing Specialist.

Peran digital marketing memiliki tujuan dan sasaran yang sama dengan marketing konvensional. Yaitu untuk meningkatkan Brand Awarness, mempromosikan produk atau layanan perusahaan, serta mendorong prospek menuju konversi. Tidak seperti marketing konvensional, digital marketing menggunakan saluran pemasaran dengan berkomunikasi secara efektif melalui platform teknologi yang sesuai.

Tim digital marketing bekerja melakukan kampanye secara online dengan efektif serta membuat tujuan bisnis menjadi suatu kampanye pemasaran yang sukses. Mereka harus mahir dalam mengevaluasi kebutuhan pasar konsumen. Tidak hanya itu, spesialis pemasaran juga harus memahami bagaimana dan di mana memperoleh pengetahuan tentang tren dan permintaan konsumen.

Digital Marketing Expert bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran yang di terapkan secara online. Hal ini di lakukan dengan menyusun berbagai kegiatan promosi online seperti Email Blast untuk menyampaikan pesan perusahaan. Serta dengan melakukan riset konsumen untuk menemukan cara efektif lain dalam menjangkau pelanggan melalui Internet.

3. Skill Yang Harus di Miliki:

Beberapa skill yang harus dimiliki oleh Digital Marketing adalah:

  • Memiliki pengetahuan dasar marketing
  • Dapat mengatur waktu dengan baik
  • Memiliki skill presentasi yang baik
  • Pengetahuan di bidang utama digital marketing (SEO, Media Social, Iklan Online dan Konten Marketing)
  • Tahu bagaimana merencanakan, membuat dan menerapkan strategi pemasaran
  • Memahami penggunaan tools analisis
  • Tetap up-to-date dalam tren

Penting bagi seseorang yang bekerja di dunia digital, untuk memiliki pemahaman dasar tentang “coding“. Digital marketing bekerja sangat dekat dengan dengan Web Developer dan UI/UX Designer, sehingga sebaiknya memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan beberapa bahasa pemrograman lainnya.

Image source: freepik.com

4. Seperti Apa Tempat Bekerja Digital Marketing?

Digital Marketing Expert biasanya bekerja di agensi, dengan tim internal, atau memulai perusahaan mereka sendiri. Mereka dapat bekerja sebagai eksekutif penjualan melalui digital, Internet Marketing, spesialis optimasi mesin pencari (SEO) atau mangaer pemasaran digital.

Bahkan saat ini banyak perusahaan membangun tim digital marketing sendiri di perushaannya untuk menjawab tantangan pasar yang lebih luas yang seiring dengan berkembangnya teknologi. Jika bisnis Anda belum memiliki tim digital marketing yang handal, silahkan hubungi kami Digital Marketing Expert melalui link ini. Atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 yang siap membantu bisnis Anda berkembang di dunia digital.