Tips Strategi Social Media Marketing Paling Ampuh

tips social media marketing

Walaupun tak lagi asing, tapi masih banyak yang bingung bagaimana cara memasarkan produk melalui media sosial. Segala kegiatan promosi, mulai dari menarik konsumen, mengembangkan target pasar, sampai untuk meningkatkan penjualan dilakukan dengan menggunakan social media. Berikut tips social media marketing yang patut kamu coba!

Social media marketing adalah suatu bentuk pemasaran secara digital yang menggunakan social media, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, ataupun Twitter.

Pilar Utama Social Media

Ada berbagai macam platform social media, tools, kelompok kompetitor, dan hal lainnya yang mungkin membuat kamu bingung. Social media marketing memang dapat berupa berbagai macam cara, tapi pada dasarnya cara jualan online teknik marketing ini terdiri dari 6 hal, yaitu:

  1. Pembuatan Konten / Konten Marketing
  2. Influencer Marketing
  3. Iklan Berbayar / Social Media Ads
  4. Engagement / Jumlah Followers
  5. Jumlah likes dan Testimoni
  6. Social Media Strategy / Management

Di platform manapun yang kamu pilih, ke-6 hal itulah yang harus kamu perhatikan saat menjalankan social media marketing. Jangan hanya tertuju platform apa dengan pengguna terbesar, tapi carilah platform yang dapat mencapai ke-6 hal di atas.

Tips Menentukan Strategi Social Media Marketing

Pada bagian ini kamu akan tau hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat membuat strategi dalam Social Media Marketing.

1. Ketahui Target Audience-mu

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga harus tau audience atau konsumen seperti apa yang cocok dengan produkmu. Hal ini sangat penting, karena inilah awal penentu semua tahapan dalam strategi yang akan kamu jalani nanti.

Misalnya: Produk kamu adalah susu bayi bebas laktosa, di sini kamu dapat mencari influencer ibu dengan anak berusia 2 tahun.

2. Pelajari dan Manfaatkan Tools yang Tersedia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak tools yang tersedia pada masing-masing platform. Tools ini akan mempermudah kamu untuk menganalisis semua data engagement sesuai dengan target, waktu, dan wilayah yang kamu iklankan.

3. Analisis Perkembangan Kompetitor

Analisis brand kompetitor, berguna untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan sainganmu. Hasil yang didapatkan kemudian bisa menjadi evaluasi apa yang dapat brand kamu tingkatkan. Kamu bisa melihat kepopuleran dan testimoni kompetitor dengan mencari nama brand mereka di platform Twitter ataupun Instagram.

4. Tentukan Tema Konten

Pada social media marketing, konten adalah kunci utama apakah konsumen tertarik untuk mempelajari produk lebih lanjut atau tidak. Konten harus sesuai dengan target audience dan brand identity yang kamu miliki. Posting secara rutin di waktu-waktu traffic yang tinggi juga sangat penting. Kamu harus tau kapan dan konten apa yang target audience kamu sukai, agar engagement dapat meningkat.

5. Gunakan Social Media Ads

Pemasaran secara gratis mungkin belum mendapatkan hasil yang maksimal. Investasi di iklan berbayar bisa jadi pilihan, di sini iklan kamu akan tersebar ke berbagai konsumen, di mana mereka dapat melihat iklan dan dapat klik langsung terarahkan ke situs web brand. Kamu dapat merencanakan anggaran dan tema iklan apa yang ingin ditayangkan sesuai target audience. Apakah tema kampanye diskon hari spesial? Atau pengenalan produk baru.

Masih belum yakin strategi social media marketing seperti apa yang cocok untuk brand-mu? Jangan khawatir, kamu dapat menggunakan layanan agency atau in-house marketer. Seperti di brandztory, kami dapat membantu kamu membuat strategi social media marketing apa yang terbaik buat brand kamu. 

Hubungi tim Brandztory melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan konsultasikan untuk membuat strategi marketing terbaik.

Summary
Tips Strategi Social Media Marketing Paling Ampuh
Article Name
Tips Strategi Social Media Marketing Paling Ampuh
Description
Social media marketing adalah suatu bentuk pemasaran secara digital yang menggunakan social media, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, ataupun Twitter.
Author
Publisher Name
Brandztory
Publisher Logo