Manfaat Social Media Marketing Untuk Perkembangan Bisnis

Manfaat social media marketing

Social media marketing adalah suatu bentuk pemasaran secara digital yang menggunakan social media, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, ataupun Twitter. Salah satu caranya, adalah dengan membuat konten untuk menarik perhatian konsumen. Simak manfaat social media marketing untuk bisnis kamu!

Manfaat Social Media Marketing

Sebelumnya kita sudah banyak membahas tentang jenis sosial media dan tools yang tersedia, tapi sebenarnya apa yang membuat social media marketing ini berbeda dari jenis marketing lain? Berikut manfaat yang dapat kamu dapatkan:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Alasan utama adalah karena banyaknya masyarakat Indonesia yang menghabiskan waktunya dengan menjelajah di social media. Hal inilah yang juga bisa kamu jadikan kesempatan untuk mempromosikan suatu brand. 

Kamu dapat meningkatkan brand awareness jika banyak konsumen yang melihat konten di social media tersebut.

2. Mudah Digunakan dan Efektif

Dengan berkembangnya fitur di social media pun mempermudah kamu untuk mengatur data, target, dan rencana yang akan kamu jalankan. Tanpa harus menganalisis secara manual, kamu akan mendapatkan grafik penjualan dan engagement konsumen secara mudah.

3. Bersifat Lebih Interaktif

Karena social media pada awalnya bertujuan untuk kesenangan pribadi, dan baru saat ini berkembang ke dunia bisnis, kamu jadi bisa memanfaatkan hal ini dengan menarik perhatian konsumen. Buatlah seakan-akan brand ini adalah seseorang yang mempunyai kehidupan pribadi dan perasaan yang sama dengan mereka. 

Salah satu caranya, yaitu kamu bisa menunjukkan perjuangan behind the scenes saat mempersiapkan suatu produk. Engage your customer as a person, not as a brand.

4. Meningkatkan Traffic Website Utama

Tidak hanya meningkatkan traffic di social media, tapi hal ini bisa kamu manfaatkan juga untuk meningkatkan traffic di situs web utama ataupun situs lainnya. Dengan cara mensisipkan link pada biodata ataupun deskripsi profil di social media kamu. 

Biasanya kamu bisa mensisipkan link landing page ataupun website official store.

5. Memperluas Target Pasar 

Kelebihan dari social media adalah cepatnya suatu informasi tersebar. Jika ada satu konsumen yang menyukai produkmu, maka kemungkinan akan banyak konsumen lain yang tertarik membeli. Tapi hal ini juga dapat menjadi petaka apabila ada konsumen yang memberi testimoni negatif, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga brand identity kamu.

Social Media Marketing Apa yang Sesuai Dengan Brand Kamu?

Kamu dapat menggunakan layanan agency atau in-house marketer untuk meningkatkan engagement dan exposure media sosial kamu. Seperti di brandztory, kami selalu siap membantu kamu merancang dan mengeksekusi strategi social media marketing terbaik buat brand kamu. 

Hubungi tim Brandztory melalui link ini atau bisa chat melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan konsultasi cara membuat strategi marketing terbaik.