Cara Ampuh Membuat Password Yang Kuat dan Aman

cara membuat password kuat

Saat ini semakin banyak transaksi secara online, mulai dari jual beli barang, social media, sampai dengan rekening bank. Untuk menjaga keamanan setiap transaksi, dibutuhkan ‘password’ sebagai salah satu gerbang penghalang untuk hacker yang ingin membobol masuk. Namun, masih sedikit masyarakat yang mengerti pentingnya password yang kuat dan resiko dari pembobolan transaksi online ini. Untuk mencegahnya kamu harus tahu cara membuat password kuat dan aman. 

Dalam memperingati Hari Password Sedunia, brandztory akan membahas mengenai cara mudah membuat password kuat dan aman. Tahukah kamu, penelitian Institut Teknologi Georgia menganjurkan 12 karakter ketika membuat password. Jika password-mu masih dalam bentuk kata-kata dalam kamus, seperti ‘iloveyou’ atau ‘nama panggilan’ dan ‘tanggal lahir’, simak artikel di bawah ini!

Josh Shaul, CEO Allure Security mengatakan bahwa kekuatan password dapat diukur dari panjang dan kompleksitasnya

Kenapa Membutuhkan Password Yang Kuat?

tips buat password kuat
source: unsplash

Nyatanya, masih banyak yang bertanya-tanya kenapa membutuhkan password yang kuat? Password kuat identik dengan karakter unik yang sulit untuk diingat, sehingga masyarakat berasumsi lebih baik membuat password yang mudah diingat daripada kuat namun mudah lupa. Permasalahannya adalah seseorang tidak pernah tau kapan dan bagaimana suatu akun terkena hack. 

Pernahkah kamu mendapat pemberitahuan log in dari device yang tak dikenal? Jika iya, inilah salah satu contoh tindakan hack. Hacker dapat mendapatkan informasi pribadi kamu dan menggunakannya dengan itikad buruk. Bayangkan bagaimana jika akun yang terkena hack adalah akun bisnis atau akun rekening bank milikmu? Pasti berbahaya bukan? Itulah yang membuat password kuat menjadi sangat penting.

Ada 3 (tiga) alasan pentingnya membuat password yang kuat, yaitu:

  1. Menjaga keamanan informasi pribadi
  2. Melindungi email, file, dan hal yang dijaga dalam password
  3. Mencegah orang lain mengakses akun tanpa izin

Cara Membuat Password Yang Kuat

cara membuat password kuat
source: freepik

Untuk membuat password kuat dan aman ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, antara lain:

1. Buatlah password dengan karakter unik 

Gunakan kombinasi karakter unik seperti simbol-simbol khusus yang ada dalam keyboard agar hacker sulit untuk menebak password. Dengan adanya karakter unik, hacker akan membutuhkan waktu yang lama untuk log in akunmu.

2. Cara membuat password kuat dengan password panjang

Buatlah password dengan minimal 12 karakter yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Dari pihak google sendiri memberikan tips untuk membuat password panjang dan mudah diingat, dengan menggunakan:

  1. Kutipan dari buku
  2. Lirik lagu atau puisi
  3. Kutipan dialog dari film
  4. Kata-kata yang bermakna dan selalu teringat
  5. Buat singkatan / akronim dari informasi pribadi kamu

3. Gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital dan huruf kecil

Untuk mendapatkan password yang kuat kamu harus membuat kombinasi yang terdiri dari angka, simbol, huruf kapital, dan huruf kecil. Semakin kompleks tatanan kata, maka semakin sulit password kamu untuk diretas.

4. Hindari penggunaan satu huruf kapital

Usahakan untuk menghindari penggunaan satu huruf kapital karena lebih mudah ditebak. Terutama jika letaknya berada di depan atau belakang kata, sepeti ‘Lahirjakarta’, buatlah password yang lebih kompleks, seperti ‘[email protected]@’.

5. Jangan gunakan kata-kata umum dalam kamus

Hindari penggunaan kata-kata umum yang mudah orang lain tebak, seperti ‘iloveyou’ atau ‘passwordsaya’. Mayoritas masyarakat masih menggunakan password dengan kata-kata yang mudah ditebak, seperti nama pribadi, nama anak, tanggal lahir, ataupun informasi pribadi lainnya. 

Jenis password paling sering digunakan
Jenis Password Paling Sering Digunakan

6. Gunakanlah password yang berbeda di setiap akun 

Usahakan jangan menggunakan password yang sama untuk semua akun yang kamu miliki, karena hal ini akan mempermudah hacker meretas semua akun dengan satu password saja. Terutama bedakan password untuk akses email dan rekening bank yang memuat informasi penting.

7. Terapkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Saat ini sudah cukup banyak platform yang menerapkan sistem autentikasi dua faktor (2FA), seperti Shopee dan Tokopedia. Sistem 2FA ini akan memverifikasi saat pengguna ingin melakukan sesuatu, verifikasi biasanya dengan cara mengirimkan OTP dalam bentuk SMS, chat, maupun email.

8. Cara membuat password kuat debgan merubah password secara berkala

Untuk memiliki ketahanan yang lebih kuat, usahakan untuk mengubah password secara teratur. Setidaknya setiap jangka waktu 3 sampai 6 bulan sekali. Walau begitu, banyak yang khawatir karena sulit untuk mengingat banyak password. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan yang akan dijelaskan di sub bab selanjutnya.

9. Hindari penggunaan password yang berisi informasi pribadi

Hindari menggunakan kata-kata yang tercantum dalam social media kamu. Salah satunya adalah informasi keluarga, nama pasanga, tanggal lahir, nama anak, binatang kesayangan, maupun makanan favorit. Jika kamu ingin menggunakannya, buatlah singkatan menjadi akronim dan kombinasikan dengan karakter unik. Misalnya, untuk kata ‘harijadipernikahanbennysara12julisukaayamgoreng’ menjadi ‘[email protected]’.

10. Buat password panjang yang mudah diingat namun sulit ditebak

Jika kamu kesulitan jika menggunakan banyak karakter unik, kamu juga bisa membuat password dari momen-momen yang selalu kamu ingat. Misalnya, ‘Jam 9 malam pada tanggal 10 april 2021, saya terkena COVID-19 bersama istri dan anak’. Carilah momen-momen yang selalu kamu ingat namun sulit untuk orang lain tebak.

Hal yang perlu kamu ingat adalah hacker memiliki dictionary attack, yaitu sistem dimana hacker dapat mencari kata sandi yang terbentuk dari semua kata sandi yang terdapat dapat kamus atau kata sandi yang sudah pernah terdaftar sebelumnya.

Kamu bisa cek kekuatan password dengan mengunjungi situs, seperti security.org, thepasswordmeter.com, dan haveibeenpawned.com. Walaupun di beberapa platform juga ada yang menyediakan fitur ini secara langsung.

Kesalahan Cara Membuat Password Kuat

Password lemah
Source: Freepik

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh masyarakat saat membuat password. Beberapa diantaranya merasa telah membuat password yang kuat dan aman, namun ternyata masih ada kelemahan di dalamnya. Apa saja kesalahannya? Berikut beberapa contoh yang telah brandztory kumpulkan:

1. Menggunakan informasi yang mudah diketahui orang lain

Penggunaan password dengan kombinasi nama anak dan tanggal lahir, seperti ‘ArYa09Juni’ akan mudah hacker tebak. Buatlah password dengan informasi yang hanya kamu ketahui saja, lebih baik lagi jika menggunakan kata-kata yang tidak terdaftar dalam kamus. Ada 3 (tiga) kesalahan dari password ini, yaitu:

  1. Password terlalu pendek, harus minimal 12 karakter
  2. Berisi informasi yang mudah diketahui orang lain
  3. Tidak menggunakan simbol unik, seperti ([email protected]#$%^)

2. Tidak cukup panjang walaupun sudah menggunakan karakter unik

Beberapa masyarakat membuat password dengan karakter unik namun tidak cukup panjang, seperti nama makanan favorit ‘35Kr!m’. Permasalahannya password hanya terdapat 6 karakter saja, hacker akan mudah menebaknya. Akan lebih baik jika kamu mengkombinasikan 2 nama makanan favorit, seperti ‘[email protected]’.

3. Password kuat dan aman namun sulit untuk diingat

Kesalahan umum lainnya adalah asal membuat password kuat namun tidak menyimpannya dengan baik. Sebaiknya setiap password yang telah kamu buat, disimpan di aplikasi penyimpanan daripada menulis didalam kertas karena rentan untuk hilang.

Aplikasi Untuk Menyimpan Password

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh masyarakat adalah lupa password sendiri. Terutama jika mempunyai password yang berbeda untuk lebih dari satu akun. Akibatnya banyak masyarakat membuat password yang sama untuk semua akun, namun hal ini sangat beresiko untuk diretas oleh hacker. Untuk mencegah hal-hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi password manager yang akan mengingatkan kamu saat log in ke setiap akun. Berikut aplikasi password manager yang dapat kamu gunakan, antara lain:

1. Password Manager Google Chrome

Bagi kamu yang sering menggunakan Google Chrome dapat menggunakan fitur password manager. Fitur ini sudah termasuk ke dalam Google Chrome jadi kamu hanya perlu mengaktifkannya saja.

2. 1Password

Untuk kamu yang mempunyai bisnis, dapat menggunakan 1Password sebagai platform penyimpanan password. 1Password memiliki layanan khusus untuk keluarga dan bisnis, sehingga dapat kamu gunakan untuk penyimpanan email, rekening bank, dokumen, credit card, dan lain-lain.

3. LastPass

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan adalah LastPass. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di browser maupun di perangkat hape. Cocok untuk kamu yang perlu mengelola puluhan bahkan ratusan password dengan beberapa user, seperti perusahaan dan pebisnis.

Itu dia penjelasan mengenai cara membuat password yang kuat dan tips penyimpanannya. Semoga bermanfaat dan membantu kegiatanmu sehari-hari, mulai dari pengelolaan social media pribadi, sampai dengan kegiatan bisnis. Jika kamu ingin mendapatkan strategi bisnis terbaik, konsultasikan saja dengan tim brandztory melalui link ini atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598.