Tips Membuat Copywriting Agar Jualan Laris Manis

tips copywriting jualan

Pernahkah kamu berpikir, kenapa banyak masyarakat tertarik untuk membeli produk brand-brand besar? Ternyata salah satu strategi yang mereka gunakan adalah teknik copywriting. Copywriting memang sangat penting untuk menentukan apakah konsumen jadi membeli produkmu atau tidak. Karena impact-nya yang besar, teknik menulis ini perlu dikuasai oleh semua pebisnis, mau itu brand besar ataupun brand pemula. Lalu, bagaimana cara untuk menulis copywriting yang menarik? Simak artikel ini untuk dapatkan tips copywriting agar jualan kamu laris manis. 

Apa Itu Copywriting?

Apa Itu Copywriting?
Source: Unsplash

Copywriting adalah tulisan unik, menarik, dan mudah dipahami yang bertujuan untuk kebutuhan komersil. Dengan adanya tulisan ini, kamu dapat menarik perhatian konsumen sehingga mereka akan melakukan sesuatu yang kamu inginkan. 

Di dunia bisnis copywriting sudah bukan hal yang asing lagi, apalagi saat ini digitalisasi sudah semakin meningkat. Banyaknya bisnis online membuat persaingan semakin ketat, oleh karena itu strategi copywriting ini harus kamu kuasai terutama bagi pebisnis pemula. Copywriting ini sendiri sering ditemui di berbagai media pemasaran, seperti:

  1. Billboard
  2. Iklan Advertorial
  3. Caption instagram
  4. Landing page website
  5. Email newsletter
  6. Iklan digital, dan lain-lain.

Tapi apa bedanya copywriting dengan tulisan lainnya? Tulisan biasa belum tentu bersifat ‘engaging’ atau menarik perhatian. Contohnya, jika kamu membaca tulisan yang berisi penjelasan produk saja apakah tidak bosan? Di teknik copywriting ini, kamu harus bisa menata kata-kata agar konsumen tertarik untuk membaca dan bahkan membeli. 

Jadi, tidak semua orang bisa menulis dengan teknik copywriting, untuk mengetahui tips membuat copywriting simak artikel ini sampai selesai.

Kenapa Harus Ada Copywriting?

Kenapa Harus Ada Copywriting?
Source: pexels.com

Kenapa harus ada copywriting? Jika kamu ingin menarik konsumen untuk membeli produkmu, copywriting sangatlah penting. Sebagai contoh, ada konsumen yang tertarik dengan gambar produkmu dan ingin mempelajari produk lebih lanjut, tapi karena tidak ada penjelasan membuat ia jadi kehilangan minatnya. Melalui copywriting kamu bisa membuat penjelasan produk yang ‘menarik’ dan ‘engaging’ sehingga konsumen semakin ‘yakin’ untuk membeli ataupun melakukan sesuatu.

Mengabaikan copywriting berarti kamu membuang kesempatan konsumen membeli produkmu. Sayang bukan? Sudah mengeluarkan biaya besar tapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Pada dasarnya ada 3 (tiga) manfaat menerapkan teknik copywriting pada bisnismu, antara lain:

1. Membangun brand persona

Cara menulis copywriting bukan hanya asal menulis saja, kamu sebagai copywriter harus tau tone & voice yang dimiliki oleh brandmu. Sehingga konsumen yang membacanya pun seakan-akan sedang berkomunikasi langsung dengan brand itu. Dengan adanya copywriting yang menarik, brand persona pun akan terbentuk dan selalu diingat oleh konsumen.

2. Memberikan solusi dari suatu permasalahan

Peran copywriting sangatlah penting untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual dapat menyelesaikan masalah mereka. Copywriting yang baik adalah yang tau permasalahan konsumen dan memberikan solusinya, sampai pada akhirnya konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut.

3. Mendorong konsumen untuk melakukan sesuatu

Copywriting dapat mendorong konsumen untuk melakukan sesuatu yang kamu inginkan. Melakukan apa? Salah satunya adalah untuk melakukan pembelian, pendaftaran, maupun untuk berlangganan. Mungkin jika sebelumnya konsumen masih ragu tapi dengan adanya copywriting, konsumen akan yakin untuk membeli.

Tips Membuat Copywriting Untuk Jualan

Tips Membuat Copywriting Untuk Jualan
Source: unsplash

Untuk kamu yang masih pemula dan ingin belajar menulis copywriting, ikuti tips-tips di bawah ini untuk dapatkan copywriting yang ampuh untuk berjualan.

1. Pahami Informasi Produk

Sebelum menulis, tentu harus memahami informasi produk yang ingin dijual terlebih dahulu. Dengan memahami produk, maka kamu akan tau hal-hal apa saja yang ‘menjual’ dan terlihat menarik bagi konsumen. Dalam copywriting, kamu harus bisa menonjolkan apa yang membuat produkmu itu berbeda dari produk kompetitor lain? Contoh: Sabun cuci piring hanya dengan sekali bilas.

2. Tentukan Target Audiens Yang Spesifik

Agar copywriting efektif dan tepat sasaran, kamu harus menentukan audiens yang spesifik dan sesuai dengan produkmu. Misalnya, produk yang dijual adalah serum jerawat, maka target audiensnya adalah perempuan & laki-laki, umur 18-35 tahun, dan punya ketertarikan dengan skincare. Semakin tepat sasaran target audiens, maka semakin efektif pula teknik copywriting yang kamu berikan.

3. Cari Informasi Brand Kompetitor

Dalam berbisnis, penting untuk mengetahui informasi mengenai brand kompetitor, mulai dari keunggulan yang mereka tawarkan sampai dengan bagaimana penulisan copywriting untuk penawaran produk. Dengan mengetahuinya, kamu bisa memodifikasi strategi yang ‘works’ bagi mereka dan cari kelemahannya yang bisa kamu tonjolkan di produkmu.

4. Buatlah Judul Yang Menarik

Hanya butuh 3 detik bagi seseorang untuk memutuskan apakah ingin lanjut membaca suatu tulisan atau tidak, oleh karena itu penting sekali bagi copywriter untuk membuat judul yang menarik dan ‘engaging’ agar pembaca tertarik untuk membaca informasi produk lebih lanjut.

5. Tulis Dengan Tone & Voice Yang Sesuai Karakteristik Audiens

Tulislah seakan-akan kamu dan pembaca sedang berkomunikasi secara langsung. Bagaimana caranya? Gunakan tone & voice yang sesuai dengan karakteristik audiens. Jika target audiens kamu anak remaja, maka gunakanlah kata-kata yang trendy dan menyenangkan layaknya seorang teman. Dengan melakukan tips copywriting jualan ini, kamu bisa menjalin hubungan emosional dengan konsumen dan mereka pun akan loyal dengan brand milikmu.

6. Tulis Informasi Yang Lengkap, Jelas, dan Benar

Tips copywriting jualan yang satu ini wajib kamu lakukan! Karena jika konsumen tertarik untuk membeli tapi ternyata tidak ada informasi yang lengkap dan jelas, maka mereka akan kehilangan minat beli. Begitu pula jika ada klaim-klaim yang tidak benar, akan menimbulkan testimoni yang buruk dan menurunkan kepercayaan konsumen pada brand.

7. Gunakan Data Statistik

Dengan adanya data statistik dari suatu penelitian, konsumen akan semakin percaya dan yakin bahwa produk tersebut kredibel dan layak untuk dibeli. Selain itu, data-data statistik mengenai produk akan membuat brand tersebut trusted dan tidak overclaim.

8. Tonjolkan Keunggulan Produk

Tips copywriting jualan selanjutnya adalah tuliskan keunggulan produk yang tidak ada di produk lainnya. Keunggulan ini bisa berupa manfaat yang ditawarkan, diskon/promo, packaging, sampai dengan kolaborasi dengan artis viral. Intinya bagaimana cara kamu mencari celah agar produkmu beda dari yang lain sehingga konsumen tertarik untuk membeli produkmu. 

9. Terapkan Strategi AIDA

Salah satu teknik copywriting yang bisa kamu jadikan patokan dalam menulis adalah Strategi AIDA. AIDA kepanjangan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), Action (tindakan). Jika diterapkan, strategi ini akan membuat tulisanmu menjadi lebih menarik perhatikan dan bahkan sampai membuat konsumen melakukan sesuatu, seperti pembelian.

  • Attention : Buat kalimat pembuka yang menarik perhatian konsumen. Bisa mengenai permasalahan yang dialami oleh konsumen.
  • Interest : Agar pembaca tidak kehilangan minatnya, tuliskanlah data-data statistik mengenai produk yang bisa membuat mereka semakin tertarik dan ingin tahu produk lebih lanjut.
  • Desire : Buatlah konsumen menginginkan produkmu dengan cara menuliskan manfaat apa saja yang akan mereka dapatkan. Sebelumnya sudah kamu pancing emosi mereka dengan permasalahan yang sedang dialami, sekarang berikan solusi untuk permasalahan tersebut.
  • Action : Ketertarikan dan minat sudah ada, selanjutnya adalah dorongan agar mereka melakukan pembelian. Berikan informasi yang jelas, ke mana jika mereka ingin membeli. Apakah harus klik tombol, atau menghubungi kontak tertentu. Gunakan cara termudah untuk mereka menghubungimu.

10. Terapkan Strategi STEPPS

Teknik copywriting lainnya adalah STEPPS yang kepanjangan dari Social Currency, Tigger, Emotion, Public, Practical Value, dan Stories. Strategi ini terkenal untuk membuat konten menjadi viral. Cocok untuk kamu yang ingin menaikkan awareness suatu brand.

  • Social Currency : Konten yang mengikuti tren yang sedang terjadi di masyarakat. Bisa dalam bentuk keresahan masyarakat saat ini, bisa juga hal yang lagi booming di komunitas tertentu.
  • Trigger : Trigger bisa disebut sebagai Clickbait. Hal yang membuat masyarakat tertarik untuk tahu informasi produk lebih lanjut. Usahakan buat clickbait yang sesuai dengan masyarakat alami dan berkonotasi positif.
  • Emotion : Buatlah konten yang memberikan emosi positif sehingga konsumen merasa terbantu dan tertarik dengan konten yang kamu berikan.
  • Public : Pastikan setiap konten yang diberikan selalu bersifat positif dan mempunyai kesan yang baik di hadapan publik.
  • Practical Value : Tunjukkan value atau nilai yang akan konsumen dapatkan jika menggunakan produkmu. Biasanya bersifat edukatif, seperti konten tutorial ataupun QnA.
  • Stories : Buatlah jalan cerita brandmu, sehingga mempunyai brand persona yang mudah diingat oleh masyarakat. Dengan adanya cerita yang jelas, setiap kamu ingin menawarkan produk yang baru, konsumen akan lebih mudah mencernanya.

Contoh Copywriting Yang Sukses Menarik Audiens

1. Tokopedia

contoh copywriting terbaik
Source: tokopedia.com

Tokopedia berhasil menggemparkan masyarakat Indonesia dengan mengumumkan kolaborasinya dengan boyband terkenal dari Korea, BTS. Jika diperhatikan teknik yang digunakan oleh tokopedia adalah STEPPS. Kolaborasi dengan boyband terkenal termasuk salah satu upayanya untuk menarik perhatian masyarakat dengan mengikuti tren yang ada. 

Bukan hanya itu! Tokopedia juga menggunakan bahasa yang tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, yaitu WIB. Tapi WIB di sini bukan Waktu Indonesia bagian Barat melainkan Waktu Indonesia Belanja. Strategi Tokopedia ini bisa kamu ikuti sebagai inspirasi.

2. Gojek

Contoh Copywriting Yang Menarik

Salah satu iklan dengan copywriting terbaik adalah Gojek. Kali ini Gojek membuat iklan dalam bentuk cerita di kanal YouTube, cerita yang disuguhkan pun sangat unik karena menggunakan talent hantu, Kunti. Cerita dimana Kunti menggunakan semua fitur-fitur yang Gojek sediakan. Karena pengemasannya yang unik, video iklan ini pun telah ditonton sebanyak 4 juta kali.

Di iklan ini, selain ingin memperkenalkan fitur-fitur yang tersedia, Gojek juga mengajak masyarakat untuk bercerita pengalaman mereka menggunakan jasa Gojek melalui pengemasan yang unik dan menarik.

3. Aqua

Contoh Copywriting Yang Menarik

Aqua sempat menjalankan campaign yang berbunyi ‘Kurang fokus? Minum Aqua’. Dengan klaim karena dehidrasi maka konsentrasi pun akan menurun. Di sini Aqua mengetes masyarakat untuk membedakan 2 artis terkenal yang mirip. Campaign ini pun berhasil menarik perhatian masyarakat karena keunikan dan kelucuannya.

4. Brandztory

Saat ini konten microblog dan caption di instagram mempunyai antusias yang tinggi. Untuk menerapkannya, teknik copywriting dari brandztory ini bisa kamu ikuti. Kombinasi gambar dan tulisan bertujuan untuk membuat masyarakat tertarik membaca. Terlebih konteks yang diangkat pun mengenai permasalahan saat ini. Tidak lupa, berikan Call To Action (CTA) agar pembaca tau apa yang harus dilakukan selanjutnya, dalam hal ini adalah ‘Cari tahu lebih lanjut’ dengan swipe ke kiri.

Platform Untuk Latihan Copywriting

1. Hemingway Editor

Hemingway editor
Source: hemingwayapp.com

Dengan platform ini kamu bisa mengetahui apakah tulisanmu sudah mudah dibaca atau tidak. Seperti sedang ada editor yang memeriksa tulisanmu. Dengan menggunakan platform ini kamu bisa meningkatkan kualitas tulisanmu. 

2. Thesaurus.com

contoh copywriting
Source: thesaurus.com

Kamu bisa tingkatkan gaya tulisan dengan menggunakan platform ini karena tersedianya berbagai pilihan kata-kata yang sering digunakan oleh banyak penulis. Bagi kamu yang ingin mengembangkan kreatifitas tulisan, bisa banget menggunakan tulisan ini.

3. Copy.ai

Copy.ai
Source: copy.ai

Suka kehabisan ide saat nulis caption? Platform ini cocok banget buat kamu. Ada banyak rekomendasi tulisan kreatif yang bisa kamu gunakan dalam caption. Bukan hanya untuk caption social media saja, copywriting pada website, iklan, dan blog pun tersedia di sini.

Itulah tips-tips cara membuat copywriting yang baik untuk meningkatkan penjualan. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa follow instagram brandztory untuk dapatkan tips lainnya! Mau buat copywriting yang menarik untuk bisnismu? Konsultasikan saja dengan tim brandztory melalui link ini atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 untuk dapatkan strategi terbaik meningkatkan penjualan.