7 Tips Edit Foto Ala Selebgram Di Tahun 2022

Tips edit foto 2022

Saat ini semakin banyak pengguna yang beralih ke Instagram, mulai dari content creator, selebgram, sampai brand sekalipun. Fitur-fiturnya yang mendukung pun membuat Instagram menjadi platform bisnis. Banyak content creators dan selebgram yang berlomba-lomba mempercantik feed instagramnya untuk menarik perhatian audiens. Begitu pula dengan pebisnis, mempercantik konten instagramnya untuk menarik para konsumen. Kali ini brandztory akan membahas mengenai tips edit foto terupdate 2022 untuk membuat instagrammu terlihat menarik.

Pernahkah kamu merasa ragu-ragu saat ingin posting foto di Instagram? Ya, seringkali keraguan itu timbul karena takut merusak perpaduan foto dalam feed. Salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah, memilih satu konsep dan menerapkannya ke semua konten di Instagram. Caranya, Ikuti tips edit foto ini untuk mendapatkan feed instagram yang estetik layaknya selebgram.

Tips Edit Foto Kekinian 2022

1. Tips Edit Foto Desaturated Tone/Grey Tone

Tips edit foto yang populer di tahun 2022 ini adalah desaturated tone, dimana kamu akan mengedit foto dengan grey tone atau semi-dark tone. Konsep editing ini fokus menurunkan brightness dan meningkatkan ketajaman sehingga mendapatkan hasil foto yang calm, profesional, dan terlihat elegant.

Konsep foto ini biasa digunakan oleh selebgram seni (fotografer) atau yang bekerja di dunia fashion untuk menunjukkan kesan mahal dan classy.

Tips edit foto:

  1. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto, seperti VSCO dan lightroom
  2. Turunkan brightness dan tingkatkan detail, contrast, sharpness, dan smoothness sehingga mendapatkan kesan classy dan profesional.
  3. Kamu juga bisa mengatur tampilan feed dengan tools bernama ‘unfold’ sebelum mempostingnya di Instagram agar feed selalu terlihat rapi dan aesthetic.

2. Raw atau Tidak Diedit

Konsep foto ini bukan berarti kamu tidak boleh mengeditnya sama sekali, melainkan meminimalisir editan pada foto dan video agar tercipta kesan natural. No-edit foto ini juga memberikan ruang interaksi yang lebih dekat kepada audiens instagram milikmu.

Konsep ini lebih cocok untuk digunakan oleh komedian, moms (family oriented), maupun selebriti. Salah satu yang menggunakannya adalah youtuber, Jerome Polin yang terkenal dengan kehidupannya di Jepang.

Tips edit foto:

  1. Edit secara halus brightness, contrast, dan color correction fotomu, namun jangan ubah tone yang sudah ada. 
  2. Hanya lakukan perubahan sampai warna tidak berbeda jauh dengan foto sebelumnya di feed. 

3. Tips Edit Foto Sun or Light Reflection

Sun or Light Reflection cocok untuk kamu yang ingin memberikan kesan berbeda dalam feed instagram. Reflection ini dapat dibentuk dengan memanfaatkan cahaya matahari ataupun lighting yang diarahkan ke arah cermin agar memantul. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pantulkan cahaya ke arah tembok agar terlihat jelas.

Konsep reflection ini biasa digunakan oleh content creator dan selebgram mulai dari Gen Y – millennials sampai dengan Gen Z.

Tips edit foto:

  1. Kamu bisa menggunakan studio, atau bahkan ruangan yang dapat dipantulkan dengan cahaya lampu. Cara ini, juga sering dilakukan oleh fotografer profesional untuk brand-brand besar.
  2. Tanpa ribet, kamu juga bisa gunakan aplikasi edit Afterlight, VSCO, dan Tezza.

4. Tips Edit Foto Warm or Earth Tone

Warm atau earth tone terkenal karena kesannya yang hangat dan nyaman. Cocok untuk kamu yang suka menunjukkan foto interior design dan pemandangan. Beberapa selebgram dengan profesi traveler sering menggunakannya.

Tips edit foto:

  1. Untuk mendapatkan tone ini, pertama-tama kamu harus mencari preset yang bertemakan reddy-brown undertones.
  2. Kemudian, kamu bisa atur temperature, highlights, dan shadows sesuai dengan tutorial preset yang kamu temukan.

5. Tips Edit Foto Dengan Pink Tone

Pink tone untuk feed instagram? Mungkin kedengarannya cukup aneh, tapi tone ini merupakan salah satu konsep foto yang sedang tren saat ini. Beberapa selebgram menggunakan tone ini untuk memberikan kesan cute, lovely, dan estetik. Tone ini juga cocok banget buat kamu yang suka menyebarkan energi positif melalui foto-foto bersama teman, keluarga, dan orang-orang tersayang. 

Tips edit foto:

  1. Gunakan aplikasi edit, seperti lightroom dan VSCO
  2. Atur highlight dan shadow, di sini kamu bisa menentukan mau seberapa pekat pink tone yang akan kamu gunakan. Jangan lupa tingkatkan juga ketajaman untuk mendapatkan hasil yang detail.
  3. Kamu juga bisa download langsung preset yang tersebar secara online maupun dalam aplikasi untuk diterapkan ke dalam foto.

6. Back to ‘90s Design / Colorful pallets

Perpaduan warna-warna cerah memang tak pernah gagal membangkitkan semangat bagi yang melihatnya. Buat kamu yang berprofesi sebagai dunia kreatif, konsep ini bisa kamu gunakan. Salah satu content creator iconic yang terkenal dengan warna-warnanya yang cerah adalah Aulion. Ia selalu membuat konten-konten video dengan warna dasar merah, biru, kuning, maupun hijau. Buat kamu yang kesulitan mendapatkan warna dasar tersebut, dapat menggunakannya dalam frame, seperti yang dilakukan Aulion ini.

Jangan lupa, tambahkan kreatifitasmu untuk mendapatkan hasil yang original! Sebagai tips kamu bisa mengkombinasikan konsep ini dengan konsep ‘90s. Untuk konsep 90’s kamu harus menonjolkan kemampuan desain grafis.

Tips edit foto: 

Kamu bisa gunakan warna cerah dalam foto raw-mu, ataupun menambahkannya melalui edit foto.

7. Kreasi Sticker di Stories

Saat ini story menjadi salah satu fitur yang ramai digunakan, konten yang akhir-akhir ini populer adalah photo dump dimana kamu mengajak orang lain untuk membagikan foto mereka pada momen tertentu. Karena kepopulerannya, rasanya sayang jika post story hanya gitu-gitu aja. Kamu juga bisa kreasikan story dengan sticker yang tersedia di Instagram!

Tips ini cocok untuk kamu sebagai brand online shop, content creator, maupun menggunakan Instagram sebagai akun personal. Salah satunya adalah, cara unik melakukan repost story dengan frame, seperti tips yang diberikan oleh Benakribo ini.

Tips edit foto:

  1. Cari tema yang sesuai dengan foto milikmu
  2. Gunakan sticker dalam bentuk gif untuk kesan yang lebih menarik
  3. Tambahkan juga fitur musik untuk menarik audiens bukan hanya melalui visual tapi audio pula.

Aplikasi Edit Foto Yang Mudah Digunakan

Setiap aplikasi edit biasanya memiliki spesialisasi yang berbeda-beda, inilah beberapa aplikasi edit yang sudah brandztory kumpulkan sehingga mudah untuk kamu gunakan, antara lain:

  1. Lightroom: Dapat mengedit dan menyimpan preset sendiri secara manual
  2. VSCO: Mempunyai berbagai filter dengan nuansa yang berbeda
  3. Snapseed: Tersedia tools editing yang dapat menghilangkan objek tidak diinginkan
  4. Planoly: Untuk mengatur tampilan feed sebelum diupload
  5. Afterlight: Tersedia alat-alat editing yang profesional
  6. Unfold: Untuk menambahkan teks ke dalam foto

Tips Edit Konten Video Reels

Nah bonus buat kamu nih yang ingin jadi konten creator. Konten video seperti reels lebih diminati oleh audiens saat ini, jadi pastikan kamu membuat konten video yang menarik dengan cara di bawah ini;

1. Typography on Video

Reels saat ini memiliki angka engagement yang cukup tinggi karena besarnya minat masyarakat. Oleh karena itu, di tahun ini untuk membuat reels yang menarik dan berbeda, kamu juga harus memberikan typography di dalam video. Memberikan teks dalam reels membuat jalan cerita menjadi lebih jelas dan dapat memperluas jangkauan audiens pula.

Konsep tulisan ini bisa kamu gunakan untuk informasi produk saat berjualan, maupun untuk menjelaskan kegiatan sehari-harimu. Gunakanlah typography yang sesuai dengan tema videomu.

Tips edit video:

  1. Untuk mendapatkan jenis typography yang lebih beragam, gunakan aplikasi editing di luar Instagram, seperti Inshot dan VN.
  2. Kamu juga bisa menambahkan beberapa filter, sticker dari tools editing Instagram itu sendiri untuk menambah exposure-mu di Instagram.

2. Editing Effect for Reels

Saat ini banyak selebgram yang mengkombinasikan desain grafis dengan live action. Kombinasi ini akan memberikan kesan yang lebih fun seakan-akan sedang bermain game secara virtual. Sayangnya, untuk saat ini cara edit video masih memerlukan skill yang cukup tinggi.

Dari selebgram fashion, fotografi, sampai dengan brand online shop dapat menerapkan konsep ini untuk menarik perhatikan audiens. Karena saat ini audiens lebih menyukai konten yang interaktif dibandingkan video estetik saja.

Tips edit video:

  1. Kamu bisa menggunakan jasa freelance editor untuk mendapatkan hasil yang lebih profesional
  2. Untuk edit video dengan konsep ini kamu bisa menggunakan tools Premiere Pro, Sony Vegas, Davinci Resolve, Final Cut Pro.

Itulah 7 tips edit foto terupdate 2022 yang telah brandztory kumpulkan. Semoga bermanfaat dan konten-konten instagrammu pun semakin menarik dan terlihat estetik. Jangan lupa untuk follow instagram brandztory untuk informasi terupdate lainnya! Jika kamu ingin mulai berbisnis juga dapat konsultasikan langsung dengan tim kami dengan klik link ini atau melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 untuk konsultasi strategi pemasaran terbaikmu.