Jasa Desain Grafis: Manfaat, Jenis, dan Tips [Dengan Harga]

jasa desain grafis

Kehadiran jasa desain grafis bukanlah hal baru, permintaan atas jasa ini meningkat karena perannya yang cukup penting untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produk bisnisnya. Tapi apakah semua pelaku usaha membutuhkan jasa desain grafis? Apa saja yang termasuk ke dalam jasa desain grafis?

Buat kamu yang ingin membangun atau mengembangkan bisnis, simak penjelasan di bawah ini.

Tahukah kamu?

90% informasi yang diterima oleh otak adalah informasi visual. Desain grafis dapat menyajikan informasi ini secara visual.

Pengertian Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah komunikasi visual dengan memanfaatkan gambar serta tulisan yang bertujuan untuk menciptakan persepsi atas suatu pesan kepada pembaca. Biasanya digunakan oleh pebisnis untuk memperkenalkan suatu produk atau brand kepada masyarakat.

Jasa Desain Grafis adalah seorang ataupun badan yang menawarkan kemampuannya (jasa) untuk menciptakan komunikasi visual dalam bentuk tulisan dan gambar secara fisik maupun digital, sesuai permintaan. Permintaan ini meningkat cepat karena pesatnya perkembangan teknologi saat ini, dimana bisnis online menjadi sarana yang menjanjikan.

Saat ini pebisnis saling berkompetisi untuk menjadi yang paling menonjol. Salah satunya dengan cara mempunyai desain grafis yang terbaik.

Manfaat Jasa Desain Grafis

Selain dapat meningkatkan pemasaran bisnis, namun ternyata ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari jasa ini, antara lain:

1. Membangun Brand Identity

Desain logo akan memberikan kesan pertama pada konsumen. Gambaran brand kamu, apakah profesional dan berkualitas dapat tercermin dari desain logo. Selain logo, setiap ilustrasi, poster, brosur, website, dan social media, milik brand akan menciptakan Brand Identity.

Buatlah desain yang mencerminkan visi misi brand kamu. Dengan desain yang profesional dan konsisten maka brand identity dan recognition pun akan terbentuk.

2. Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan

Alasan utama kenapa pebisnis banyak yang menggunakan jasa ini adalah adanya peningkatan penjualan. Melalui desain grafis yang menarik sehingga dapat mengubah konsumen menjadi pembeli. Pada akhirnya bisnis akan mendapatkan ‘more recognition, more sales, and more revenue’.

3. Media Informasi dan Edukasi

Pada hakikatnya, manfaat dasar desain grafis adalah sebagai media informasi dan edukasi. Penyampaian informasi dengan desain grafis dinilai efektif karena dapat menarik perhatian konsumen dengan visualnya yang unik dan ‘eye-catching’. 

Terkadang gambar memberikan kesan lebih dalam dibandingkan tulisan. Informasi visual dapat menyampaikan informasi yang tidak dapat diekspresikan melalui tulisan.

4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Desain yang baik dapat menciptakan citra profesional pada brand, citra inilah yang menciptakan kepercayaan konsumen terhadap suatu brand. Kepercayaan konsumen sangat penting untuk mengembangkan bisnis kamu. 

Konsumen akan menilai berawal dari gambar ataupun informasi visual yang brand keluarkan. Tahap pertama inilah yang menentukan apakah konsumen percaya untuk membeli produk pada brand tersebut.

5. Mendapatkan Desain dan Harga Yang Sesuai

Untuk mengembangkan bisnis memang membutuhkan desain grafis, tapi apakah harus menggunakan jasa desain grafis? Banyak keuntungan menggunakan jasa ini, salah satunya dapat membantu pengerjaan lebih efektif, dimana kamu selaku pebisnis dapat mendapatkan desain menarik dengan harga murah dan cepat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan jasa desain grafis saat ini.

Jenis Jasa Desain Grafis

Desain grafis dapat berbentuk tulisan, gambar, warna, ataupun ruang. Keberagamannya itulah yang membuat ada banyak jenis jasa desain grafis. Setiap jasa menawarkan spesialisasi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan teknik yang diperlukan. Berikut jenis desain grafis berdasarkan tujuan:

1. Desain Grafis Pemasaran dan Periklanan

Jenis desain ini cocok untuk kamu yang ingin memasarkan produk ataupun brand. Desain iklan dapat dalam bentuk brosur, poster, maupun banner secara fisik dan dapat pula secara digital, seperti untuk social media ads, banner, images for websites, infographic.

2. Desain Grafis Identifikasi Visual

Desain milik brand, seperti logo dan tipografi secara tidak langsung menggambarkan wajah dari brand tersebut. Sangat penting bagi pebisnis untuk membuat desain yang dapat mencerminkan personality, expression, tone and voice brand miliknya.

Desain identifikasi visual sangat penting karena terpampang di seluruh produk sebagai wajah brand, salah satu contohnya desain kalender perusahaan yang diberikan sebagai souvenir kepada konsumen.

3. Desain Grafis User Interface (UI)

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, konsumen lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan handphone sehingga pebisnis harus mencari cara bagaimana agar dapat memanfaatkan momen ini. Salah satu caranya adalah dengan berbisnis secara online, menggunakan aplikasi maupun website.

Hasil jasa desain UI, salah satunya button, menu, micro-interaction, website design, dan application design untuk desain profil perusahaan.

4. Desain Grafis Packaging

Desain packaging ini sedikit berbeda karena mempunyai hasil dalam bentuk fisik (cetak). Membutuhkan kemampuan dan pemahaman di bidang percetakan. Semua packaging dalam bentuk box, kantong, botol, ataupun kaleng akan menyampaikan cerita dari setiap brand.

Itulah penting untuk menciptakan desain packaging yang menarik dan mencerminkan brand.

5. Desain Grafis Publikasi

Desain grafis publikasi adalah desain yang bertujuan sebagai media informasi dan edukasi, seperti katalog, majalah, koran, dan buku. Saat ini tidak hanya dalam bentuk cetak saja namun permintaan bentuk digital pun meningkat. 

Jasa Desain Grafis Publikasi

Untuk jenis desain ini, pemberi jasa harus mampu membuat tampilan yang menarik, namun mengandung informasi yang edukatif dan mudah dipahami. Usahakan cari jasa yang memenuhi kemampuan di atas, seperti Brandztory yang membuat katalog dengan tampilan yang dinamis dan modern untuk mengenalkan produk barunya ke konsumen.  

6. Motion Graphic

Motion graphic menyampaikan informasi bukan hanya melalui gambar, namun juga melalui gerakan dan suara. Terdapat visual yang lebih dapat menarik perharian konsumen karena seperti gambaran kehidupan sehari-hari.

Untuk hasil yang lebih menarik, tentu proses pembuatannya lebih kompleks. Banyak tahapan-tahapan yang harus dilewati, oleh karena itu biaya yang dikeluarkan pun lebih besar.

Hasil jasa motion graphic adalah video games, logo animasi, teaser produk, dan brand animasi.

7. Ilustrasi

Ilustrasi adalah gambar yang menerangkan suatu peristiwa, konsep, ataupun proses tertentu. Dalam bisnis, kamu dapat memanfaatkan ilustrasi untuk menggambarkan situasi konsumen saat menggunakan suatu produk. Ilustrasi dapat menggambarkan ekspresi dan emosi brand sebagai si pencerita apakah playful atau grandeur. Desain ini pun akan membantu kamu untuk memperlihatkan brand identity kamu.

Adanya Ilustrasi, bertujuan untuk memberikan kesan menyenangkan dan tidak monoton. Dapat menjadi dobrakan baru bagi pebisnis online saat ini.

Tips Memilih Jasa Desain Grafis Terbaik

Setelah mengetahui perbedaan dari setiap jenis jasa desain grafis, sekarang bagaimana cara membedakan jasa desain grafis antara yang satu dengan lainnya? Berikut tips memilih jasa agar sesuai dengan keinginan kamu.

1. Cari Portofolio Terbaik

Usahakan cari pemberi jasa yang memiliki portofolio dengan proyek yang serupa dengan proyek yang akan kamu garap. Dengan begitu kamu dapat membayangkan hasil kerja pemberi jasa tersebut. Semakin banyak pengalaman yang ia miliki, maka semakin tinggi kualitas yang ia miliki.

2. Lihat Rating, Testimoni, dan Ketepatan Waktu

Jika kamu mencari jasa desain grafis melalui website pemberi jasa / freelance, maka akan ada fitur rating dan testimoni yang dapat kamu pertimbangkan. Carilah jasa yang mendapatkan rating tinggi dengan testimoni yang bagus sebagai bukti kemampuannya.

Kamu juga dapat memeriksa testimoni, apakah si pemberi jasa dapat mampu menyelesaikan proyek tepat waktu atau tidak. 

3. Dapatkan Harga Terbaik

Dalam berbisnis, selalu perhatikan keseimbangan biaya pengeluaran dan pemasukan. Buat anggaran yang akan kamu keluarkan dan cari jasa dengan harga yang sesuai. 

Kelebihan dari menggunakan jasa desain grafis adalah harganya yang murah karena bisa menyesuaikan desain dengan anggaran yang kamu miliki.

Referensi Kisaran Harga Jasa Desain Murah Jakarta

  • Desain logo : 800 ribu s.d. 3.5 juta
  • Desain Ilustrasi : 750 ribu s.d. 1.5 juta
  • Desain packaging : 500 ribu s.d. 1 juta
  • Desain Website : start from 5 juta
  • Branding Package : start from 15 juta

Harga dapat berubah sesuai dengan permintaan.

Sistem Kerja Jasa Desain Grafis

Masih banyak yang ragu untuk menggunakan jasa desain grafis karena takut prosesnya yang sulit dan merepotkan. Pada dasarnya sistem kerja jasa apapun dan di mana pun itu berbeda-beda tergantung dari ketetapan masing-masing pemberi jasa. Namun, kamu bisa membayangkan sistem kerjanya dengan gambaran umum sistem kerja di bawah ini.

1. Bertukar ide atau Brainstorming 

Proses brainstorming antara kamu sebagai pebisnis dan designer dengan cara saling memberi masukan atas rencana desain. Apakah sudah sesuai dengan target pasar bisnis kamu atau tidak.

2. Designer membuat konsep dasar atau Draft design

Karena proses desain sangat panjang, maka untuk meminimalisir waktu dan tenaga, brainstorming dilakukan saat desain masih dalam tahap draft atau konsep bayangan. Dapat berisi draft desain, konsep warna, ataupun tema cerita.

3. Presentasi hasil akhir kepada klien

Setelah klien menyetujui draft design, maka designer akan melanjutkan desainnya sampai ke tahap akhir. Setelah itu designer akan mempresentasikan hasil akhirnya kepada klien apakah ada bagian yang ingin direvisi.

4. Pembayaran

Ketentuan pembayaran bisa kamu sepakati di awal, ada beberapa designer yang menerima pembayaran secara cicilan, tanpa DP, atau beberapa lainnya hanya menerima pembayaran penuh di awal.

Walaupun sudah tau tipsnya, memilih jasa desain grafis yang terpercaya memang tidak mudah. Kalo kamu kesulitan memilih, bisa lihat projects tim Brandztory di website kami dan hubungi kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 jika kamu tertarik mendapatkan desain grafis terbaik impianmu.