Cara Mudah Jualan Online di Live Streaming [Terlengkap]

Cara Jualan Live Streaming

Apakah kamu berminat untuk menjalankan bisnis online? Atau sudah memilikinya tapi bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan? Pas sekali! Karena artikel ini akan membahas cara jualan online live streaming agar dapat meningkatkan penjualan suatu bisnis. Di tahun 2022 ini, semakin banyak marketplace yang menyediakan fitur live streaming.

Menurut katadata.co.id fitur live streaming ini sendiri dapat meningkatkan penjualan sampai 29% terutama saat festival belanja. Kontennya yang interaktif dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada penjual. Hal inilah yang membuat banyak marketplace lain berlomba-lomba untuk menyediakan fitur tersebut, mulai dari Facebook, Shopee, sampai dengan TikTok.

Buat kamu yang ingin meningkatkan penjualan melalui live streaming, simak terus artikel ini sampai habis ya!

Pengertian Live Streaming

Live streaming adalah siaran video yang direkam dan disiarkan secara langsung (realtime) tanpa disimpan terlebih dahulu. Awalnya live streaming ini bertujuan untuk sharing kehidupan antara teman saja. Namun, karena antusiasnya yang cukup tinggi maka muncul lah fitur live streaming untuk berbelanja. 

Hasilnya yang cukup memuaskan, saat ini semakin banyak marketplace yang menyediakan fitur live streaming untuk berberlanja, mulai dari Facebook, Shopee, TikTok, Lazada, Tokopedia, dll.

Manfaat Live Streaming

Jika dapat memanfaatkan fitur live streaming dengan maksimal, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Tingginya minat masyarakat terhadap live streaming, membuat pebisnis lebih mudah untuk menyebarkan informasi brand, seperti merek, logo, dan slogan kepada konsumen. Apalagi masyarakat lebih tertarik dengan hal yang bersifat visual & audio daripada teks, dengan konten dan pembawaan yang menarik, konsumen pun akan mempunyai kesan yang mendalam terhadap brand tersebut.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Keuntungan lainnya adalah saat live streaming konsumen dapat bertanya secara langsung dan kamu pun sebagai pebisnis dapat menjawabnya secara spontan. Adanya interaksi secara langsung tersebut itulah yang membuat konsumen lebih percaya terhadap suatu brand, mulai dari originalitas, fungsi, dan warna produk yang akan mereka beli.

3. Dapat Memperluas Audiens

Tahukah kamu? Di beberapa platform ada satu kolom khusus di mana semua live streaming yang sedang berlangsung terkumpul. Jadi jika ada konsumen yang ingin membeli sesuatu, dapat mencarinya di sana. Dari situ kamu sebagai pebisnis bisa memperluas audiens walaupun mereka belum mem-follow akun brand-mu.

Tips Live Streaming Ramai Pembeli

Tips Live Streaming Ramai Pembeli
Source : pexels.com

Menjalankan live streaming itu sesungguhnya tidak terlalu sulit jika tau tips dan triknya. Ini dia 8 tips agar live streaming milikmu ramai pembeli, antara lain:

  1. Buat konten jadwal live streaming terlebih dahulu untuk menjangkau lebih banyak konsumen
  2. Buat promosi khusus saat live streaming saja agar lebih menarik
  3. Berikan penjelasan mengenai produk yang jelas, beserta mencontohkan apabila produk digunakan
  4. Gunakan peralatan yang lengkap, mulai dari tripod, handphone atau kamera, mikrofon, ring light agar produk terlihat lebih jelas
  5. Berikan informasi yang jelas mengenai cara pembelian
  6. Pastikan internet selalu lancar, karena konsumen akan kehilangan minatnya jika live streaming terputus.
  7. Lakukan live streaming secara rutin, jadi jika ada konsumen yang ketinggalan akan tau kapan live streaming selanjutnya
  8. Jangan lupa jawab pertanyaan konsumen yang muncul di kolom komentar

Cara Jualan Online Live Streaming di Marketplace

Ada banyak marketplace yang menyediakan fitur live streaming untuk berjualan, salah satunya adalah Shopee, Facebook, dan TikTok. Brandztory akan menjelaskan langkah-langkah berjualan online melalui live streaming di ketiga platform tersebut. Sebelum berjualan, pastikan ikuti langkah-langkah ini, yaitu:

1. Shopee

Salah satu marketplace yang menyediakan fitur live streaming adalah Shopee. Shopee terkenal dengan promo-promonya yang besar sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk berbelanja di sana. Hal ini merupakan kesempatan bagus yang harus kamu manfaatkan sebagai pebisnis! Terutama adaya fitur Shopee LIVE yang memungkinkan penjual untuk mempromosikan brand dan produknya secara langsung ke pembeli. 

Penjual juga dapat menayangkan ulang live streaming-nya pada kolom Shopee LIVE di halaman tokonya. Sehingga konsumen yang tertinggal jadwal live dapat menonton reka ulang. Buat kamu yang ingin melakukan live streaming, semua ketentuan tertulis secara lengkap di laman Seller Shopee, yang telah brandztory rangkum sebagai berikut:

Cara Jualan Online Live Streaming di Shopee

1. Atur bahasa menjadi Bahasa Indonesia untuk pengaturan ini

2. Klik Shopee Live pada halaman Saya

Live streaming shopee
Live streaming shopee

3. Klik Buat Live Streaming

Live streaming shopee
Live streaming shopee

4. Tambahkan Foto Cover Produk, Judul Deskripsi (Apakah ada promo), dan tambahkan produk apa saja yang ingin kamu jual saat live streaming. Lalu, klik Lanjut

cara Live streaming shopee
Cara Live streaming shopee

5. Klik Mulai Live Streaming

Cara Live streaming shopee
Cara Live streaming shopee
  • Kamu bisa menambahkan maksimal 500 produk dari daftar Toko Saya atau daftar Favorit Saya untuk kamu promosikan saat live streaming. 
  • Jika kamu ingin menampilkan produk diskon, kamu harus mengatur harga diskon terlebih dahulu melalui halaman Promosi Saya di aplikasi.
  • Kamu juga bisa mengatur reminder kapan jadwal live streaming selanjutnya berlangsung dan membagikannya ke konsumen.

Cara Mengatur Reminder Untuk Live Streaming

1. Klik Shopee Live pada halaman Saya

Cara Live streaming shopee
Cara Live streaming shopee

2. Klik Pengaturan Pengingat

Cara Live streaming shopee
Cara Live streaming shopee

3. Klik Buat Pengingat Baru

Cara Jualan Online Live Streaming
Cara Live streaming shopee

4. Tambahkan Foto Cover, Judul, dan tentukan kapan waktu live streaming akan dimulai. 

Cara Jualan di Shopee
Cara Live streaming shopee

5. Jadwal live streaming pun akan muncul di halaman utama toko kamu dan kamu juga dapat men-share link live streaming tersebut ke konsumen lainnya.

  • Pengikut toko akan mendapatkan notifikasi jika ada live streaming yang sedang berlangsung, jika kamu mengaktifkan fitur notifikasi pengikut
  • Jika terpilih oleh pihak Shopee, kamu dapat muncul pada halaman Akan Dimulai di halaman utama Shopee Live, sehingga bukan hanya pengikut toko kamu saja yang tau pelaksanaan live streaming tersebut.

2. Facebook

Selain menjadi social media ternama, Facebook juga mengeluarkan fitur marketplace guna memudahkan pelaku bisnis mempromosikan produknya ke konsumen. Kesuksesan marketplace Facebook tersebut salah satunya dikarenakan oleh fitur Live Streaming. Buat kamu yang ingin berjualan menggunakan live streaming, jangan lupa untuk meng-update Facebook ke versi yang terbaru.

Pastikan kamu mempunyai toko di Facebook dan ikuti langkah-langkah berikut untuk berjualan melalui live streaming Facebook, antara lain:

Live Streaming Melalui Komputer

1. Klik Video Siaran Langsung (Live), hal ini akan mengarahkan kamu ke fitur Live Producer

2. Klik Live Shopping dan pastikan untuk mengaktifkan opsi Live Shopping (Enable Live Shopping)

3. Beri judul video dan klik Siarkan Langsung jika sudah siap semua.

4. Kamu bisa menampilkan produk yang ingin dijual melalui Commerce Manager dan kamu juga bisa menambahkan tautan sehingga pelanggan bisa membelinya secara langsung. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan apabila kamu mempunyai akun Commerce Manager.

5. Jika tidak memiliki akun Commerce Manager, kamu juga bisa menunjukkan produk secara langsung di Live Shopping.

3. TikTok

Bukan hanya Facebook saja, TikTok adalah salah satu social media yang mempunyai fitur live streaming khusus untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli suatu produk. Live sreaming ini disebut sebagai Live E-Commerce dan hanya akun yang telah memenuhi syarat saja yang dapat menggunakan fitur ini.

Syarat Live E-Commerce di TikTok, antara lain:

  • Minimal 1000 followers
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Mempunyai aplikasi TikTok terbaru.

Cara Berjualan Melalui Live E-Commerce

1. Klik tombol ‘+’ di bagian bawah layar untuk mulai siaran langsung

Cara Live Streaming di TikTok
Cara Live Streaming di TikTok

2. Tambahkan Foto Cover dan Judul yang menarik perhatian konsumen

Cara Live Streaming di TikTok
Cara Live Streaming di TikTok

3. Tambahkan Daftar Produk yang ingin kamu jual saat live streaming. Kamu bisa menambahkan produk sampai dengan 100 produk.

Cara Live Streaming di TikTok
Cara Live Streaming di TikTok

4. Jangan lupa untuk Pin Produk yang sedang kamu tunjukkan saat siaran langsung agar konsumen lebih mudah mengetahui produk mana yang ingin mereka beli.

Cara Live Streaming di TikTok
Cara Live Streaming di TikTok

Itulah penjelasan cara jualan online melalui live streaming di berbagai platform. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk follow instagram brandztory untuk informasi ter-update di dunia teknologi lainnya! Dalam hal konsultasi strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan, langsung saja hubungi brandztory di link ini atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598.