Contoh Brand Community Marketing

Contoh Brand Community Marketing
Brandztory Blog » Digital Marketing » Contoh Brand Community Marketing

Contoh Brand Community Marketing yang sukses berhasil diterapkan oleh brand-brand besar di seluruh dunia, tidak hanya memiliki Brand Awarness yang kuat, tetapi juga konsumen yang selalu setia berada di balik brand mereka.

Jenis-jenis Brand Community Marketing Beserta Contohnya

Terdapat dua jenis Pemasaran Komunitas, yaitu:

1. Organic Brand Community Marketing

Pemasaran secara organik adalah suatu grup atau komunitas yang di bentuk oleh konsumen tanpa campur tangan brand. Seperti grup di sosial media, diskusi forum online, sampai komunitas tidak resmi di suatu tempat.

Contohnya dapat Anda lihat pada komunitas pemilik motor Vespa di grup Facebook. Komunitas ini di buat oleh sesama konsumen motor Vespa yang memiliki tipe motor yang sama. Di dalam grup ini konsumen secara otomatis akan berinteraksi satu sama lain tanpa perlu kehadiran dan persetujuan dari pihak Vespa.

Kekurangan dari jenis Organik ini adalah minimnya supervisi dan input positif terhadap brand Vespa. Jika ada konsumen yang tidak menyukai produk Vespa, maka konsumen yang lain dapat terpengaruh oleh input negatif yang ada. Maka dari itu, penting bagi pemilik brand Vespa untuk memberikan wadah konsumennya dalam berdiskusi dan menerima saran dari konsumennya. Untuk alasan itulah jenis kedua ini sebaiknya di lakukan oleh setiap brand.

Jenis ini yang paling direkomendasikan, yaitu komunitas yang dibuat oleh pemilik brand untuk konsumennya.

Contoh yang paling terlihat jelas adalah komunitas fans grup boyband BTS. Komunitas ini difasilitasi dan diawasi langsung oleh manajemen grup boyband BTS dengan sebutan “Army”. Jenis ini paling sering di terapkan oleh pemilik bisnis untuk meminimalisir impresi buruk terhadap brand-nya dengan keterlibatan langsung oleh pemilik brand tersebut.

Bahkan, Pemasaran Komunitas jenis ini di manfaatkan oleh McDonalds untuk menggaet pasar yang lebih luas di masa pandemi. McDonalds menerapkan strategi ini dari Army dengan menghadirkan menu BTS Meal sebagai strategi pemasarannya. Dengan demikian, konsumen yang merasa bagian dari Army ini tergerak untuk membagikan menu ini ke orang lain. Cara ini terbukti sangat efektif di tandai dengan ramainya gerai McDonalds di penjuru daerah untuk mencoba menu kolaborasi ini.

Itulah Contoh dan Jenis Brand Community Marketing. Jika bisnis Anda belum memiliki tim digital marketing yang handal, silahkan hubungi kami melalui link ini. Atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 yang siap membantu bisnis Anda berkembang di dunia digital.