Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing
Brandztory Blog » Digital Marketing » Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing atau pemasaran online sering dibanding-bandingkan dengan “Pemasaran Tradisional” seperti mulut ke mulut, brosur, billboard dan sebagainya. Setiap pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik untuk menyampaikan pesan promosi dan mengukur dampaknya merupakan kegiatan promosi online. Menariknya, iklan di televisi di anggap sebagai salah satu pemasaran tradisional walaupun menggunakan perangkat elektronik.

Apa yang membedakan Digital Marketing dengan Pemasaran Tradisional?

Dalam pengaplikasiannya, Pemasaran Online biasanya mengacu pada kampanye yang di tampilkan melalui perangkat komputer, ponsel, tablet, atau perangkat elektronik lain yang tersambung dengan koneksi internet. Konten kampanye ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk, mulai dari video, iklan bergambar (display ads) hingga posting di media sosial.

Pada awal masa pandemi COVID-19 dan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tahun 2020, Bank Indonesia mencatat kenaikan nilai transaksi digital sebesar 64,5%.

Pengertian Digital Marketing

Sejak pandemi COVID-19 yang berlangsung satu tahun silam, memaksa para pemilik usaha untuk melakukan transformasi digital. Semua kegiatan konvensional beralih menjadi online agar tidak tertinggal.

Pemasaran online, yang juga disebut Digital Marketing, adalah kegiatan promosi brand untuk menjangkau pelanggan potensial melalui jaringan internet. Tidak hanya sekedar mencangkup email, media sosial, dan website, tetapi juga pesan teks dan multimedia sebagai sarana pemasaran.

Pada dasarnya, pemasaran yang melibatkan perangkat komunikasi digital adalah Pemasaran Online. Sebagai contoh, Brandztory memanfaatkan media sosial Instagram sebagai salah satu strategi untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Digital Marketing Menghasilkan Pertumbuhan

Pemasaran digital adalah hal yang wajib Anda lakukan dan menjadi fokus utama dari semua strategi pemasaran bisnis. Sejauh ini, belum ada cara yang jauh lebih efektif untuk tetap terhubung dengan konsumen Anda dan tidak ada metode yang memberikan data secara akurat selain Digital Marketing.

Itulah pengertian Digital Marketing. Jika bisnis Anda belum memiliki tim digital marketing yang handal, silahkan hubungi kami melalui link ini. Atau bisa chat kami langsung melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 yang siap membantu bisnis Anda berkembang di dunia digital.