11 Cara Ampuh Jualan di Instagram Laris Manis [Update 2022]

cara jualan di instagram 2022

Pernahkah kamu berjualan di Instagram namun hasilnya kurang memuaskan? Jika iya, mungkin ada strategi kamu yang kurang tepat. Menurut katadata, 91,01 juta masyarakat Indonesia menggunakan Instagram sebagai sarana hiburan, komunikasi, dan belanja. Tingginya angka pengguna ini merupakan peluang yang sangat besar untuk pebisnis. Terlebih selama adanya pandemi, semakin banyak masyarakat yang terdorong untuk belanja secara online. Namun perlu kamu perhatikan, setiap tahun instagram selalu berinovasi meluncurkan fitur-fitur baru. Oleh karenanya, kamu wajib untuk update cara jualan di instagram pada tahun 2022 ini. 

Di artikel ini brandztory akan membahas tuntas cara ampuh berjualan di instagram, paling ter-update di tshun 2022.

Cara Jualan di Instagram Terupdate 2022

cara jualan di instagram 2022
source: unsplash

Sebelum menjalankan cara-cara yang akan brandztory jelaskan, kamu harus ingat! Bahwa instagram adalah media sosial yang mengutamakan konten visual dan tren yang up to date. Jadi, konsistensi dalam membuat konten sangatlah penting saat berjualan di Instagram. Nah, sekarang ikuti cara jualan di instagram tahun 2022 ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal, antara lain:

1. Buat Akun Khusus Untuk Berjualan di Instagram

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah membuat akun khusus untuk berjualan. Jangan lupa untuk mengubah akun kamu menjadi akun profesional (bisnis) karena ada beberapa fitur yang tidak tersedia di akun pribadi. Salah satunya adalah instagram ads, fitur insight, dan instagram shop. 

Selain itu, saat membuat akun, gunakan nomor telepon khusus untuk bisnis agar tidak bercampur dengan urusan pribadi. Pasti kamu tidak ingin kan chat pacar tertimpa dengan chat jualan?

2. Buatlah Profil Yang Menarik Untuk Jualan di Instagram

Sama seperti konsep jatuh cinta, dari mata jatuh ke hati. Untuk mendapatkan perhatian konsumen, profil bisnis pun harus menarik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

a. Pilih username & foto yang mudah diingat

Wajib hukumnya untuk menggunakan nama brand dalam username instagram. Begitu pula dengan foto, gunakan foto dalam bentuk logo sehingga lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Tips: Daftarkan username yang kamu inginkan secepat mungkin, sebelum digunakan oleh orang lain.

cara jualan di instagram 2022 tampilan edit profile instagram
Optimasi profil instagram milikmu

b. Buat Bio yang Informatif 

Selain username dan foto, bio instagram adalah identitas brand yang paling sering dilihat oleh konsumen. Tulis bio yang menjelaskan kelebihan brand kamu dan jangan lupa untuk memasukkan link Call to Action (CTA) untuk memudahkan konsumen saat ingin membeli produk.

contoh bio instagram
Contoh bio instagram yang baik

3. Hubungkan Akun Instagram dengan Akun Social Media Lain

Tahukah kamu? Konten Instagram bisa dihubungkan ke social media lain. Jadi dengan satu kali upload, kamu bisa membuat konten di beberapa social media. Untuk saat ini kamu bisa connect ke social media lain, seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, Tumblr, Ameba, dan OK.ru.

Caranya mudah, dengan Klik Setting > Account > Sharing to other apps

4. Buatlah Konten Berkualitas dengan Instagram Feed

Jenis konten instagram feed terbagi menjadi 2 (dua), yaitu foto dan reels. Dalam membuat konten, ada baiknya kamu membuat content pillar terlebih dahulu. Dari content pillar tersebut, kamu akan lebih mudah menentukan topik harian.

Misalnya, untuk jualan skincare, content pillar-nya ada 4, yaitu:

  • Foto dan Informasi Produk: Foto, manfaat produk dan bahan-bahan yang digunakan
  • Edukasi: Hal-hal ilmiah yang berhubungan dengan produk
  • Testimoni: Tanggapani dalam bentuk gambar dan tulisan dari pelanggan
  • Campaign: Konten khusus yang secara berkala kamu lakukan, misalnya giveaway, lomba, dll.

Konten di atas dapat kamu buat dalam bentuk gambar maupun video reels. Untuk reels dapat untuk membuat konten behind the scene atau cara pemakaian produk.

5. Manfaatkan Instagram Story Untuk Konten Interaksi Jualan

Fitur Instagram Story
Fitur-Fitur Pada Instagram Story

Walaupun hanya bertahan selama 24 jam, Instagram story cenderung lebih sering dilihat karena posisinya yang berada di paling atas home. Buatlah konten interaksi bersama followers di sini, kamu bisa menggunakan fitur QnA, Polling, dan Quiz. Kombinasikan dengan GIF dan musik agar konten lebih menarik. 

Selain konten interaksi, kamu juga bisa membuat konten promo dengan CTA langsung ke e-commerce. Gunakan fitur link untuk mengarahkan followers ke link e-commerce produk.

6. Gunakan Instagram Ads Untuk Menjangkau Target Audiens

Cara jualan di instagram 2022 lainnya adalah iklan. Konten berkualitas tidak akan efektif jika belum menjangkau target audiens yang tepat. Dengan menggunakan Instagram Ads, kamu dapat menjangkau audiens yang kamu inginkan. Budget iklannya pun terjangkau, sesuai dengan pengeluaran yang kamu mau. 

Caranya pun mudah, cukup pilih postingan yang ingin kamu iklankan lalu tekan tombol ‘boost post’. Untuk pilihan demografi yang lebih spesifik, kamu bisa menggunakan Facebook Ads Manager.

7. Manfaatkan Instagram Live dan Instagram Shop

Menurut katadata.co.id fitur live streaming ini sendiri dapat meningkatkan penjualan sampai 29%. Maraknya belanja melalui live streaming saat ini merupakan kesempatan yang bagus untuk kamu ikuti. Buatlah promo khusus selama live streaming untuk menarik perhatian pelanggan. Jangan lupa untuk menghubungkan akun dengan instagram shop untuk memudahkan pelanggan mencari produk yang kamu mau.

Instagram live dapat menambah kepercayaan pelanggan terhadap produk yang kamu jual. Selama live pun kamu bisa mencontohkan cara pemakaian produk yang benar.

8. Cara Jualan di Instagram Dengan Caption yang Unik dan Menarik

Jika foto produk sudah berhasil menarik perhatian pelanggan, tetap saja caption lah yang akan membuat pelanggan tersebut tertarik dan memutuskan untuk membeli. Membuat caption yang bisa membuat seseorang memutuskan untuk membeli tidaklah mudah. 

Kamu bisa menggunakan rumus copywriting di bawah ini:

  • AIDA: Susunan kalimat dimulai dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), Action (tindakan).
  • STEPPS: Susunan kalimat yang berisi Social Currency (tren terkini), Tigger (kalimat clickbait), Emotion (memberikan emosi positif), Public, Practical Value (mempunyai nilai), dan Stories.
  • FAB: Feature (spesifikasi), Advantage (fungsi), Benefit (manfaat)
  • BAB: Before (latar belakang), After (pengaruh penggunaan produk), Bridge (solusi)

9. Gunakan Hashtag yang Relevan dan Populer di Instagram 2022

trik hashtag instagram
Contoh hashtag yang relevan dan populer

Supaya konten kamu tidak tenggelam dan mudah untuk dicari, gunakanlah hashtag yang relevan. Hashtag ini bisa kamu buat sendiri khusus untuk brand milikmu atau bisa juga menggunakan hashtag populer.

Hashtag populer dapat menjangkau audiens yang lebih luas karena banyak akun yang menggunakannya. Kamu bisa mencari hashtag populer di situs www.all-hashtag.com

10. Posting di Waktu Aktif

cara jualan di instagram 2022
Laporan insight instagram

Jika menggunakan akun bisnis, kamu bisa melihat insight untuk mengetahuii kapan waktu aktif followers. Laporan insight ini terbagi menjadi harian dan jam. Waktunya bisa berbeda-beda tergantung dari  bisnis dan target audiens kamu. 

11. Endorsement dan Paid Promote

Siapa yang tidak mau punya barang samaan dengan artis favoritnya? Hal inilah yang membuat penjualan tiba-tiba ‘naik’ secara signifikan jika kamu melakukan endorsement kepada artis yang tepat. Endorsement dan paid promote akan membuat konsumen lebih percaya dengan kualitas produk yang kamu tawarkan.

Lakukan endorse pada artis maupun influencer yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan. Biasanya mereka memasang nomor kontak atau email di bio akun. Carilah akun dengan followers dan engagement rate (ER) yang tinggi.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Berjualan di Instagram

kesalahan saat berjualan di instagram
source: unsplash

Ada hal-hal kecil yang mungkin tak kamu sadari berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di Instagram. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Beli Followers

Hati-hati! Followers hasil dari membeli itu kebanyakan akun robot lho. Artinya, akun tersebut akun mati atau bukan real human. Niatnya followers semakin banyak untuk meningkatkan penjualan, tapi kalo akunnya ga aktif, percuma aja kan?

Lebih baik aktif konten dan iklan aja, followers pun sesuai dengan target produk kamu dan bisa membentuk loyal konsumen deh.

2. Posting Foto Terlalu Sering ataupun Jarang Posting

Selalu buat jadwal secara rutin untuk postingan instagram milikmu. Jangan terlalu sering dan jangan juga terlalu jarang posting. Aturlah jadwal secara berkala, seperti sehari sekali atau seminggu 5 kali. Hal ini karena update postingan sangatlah penting untuk menjaga interaksi antara brand dan konsumen kamu.

3. Spamming di Akun Artis

Ikut ‘nimbrung’ di akun artis saat ada hal-hal booming memang bisa meningkatkan brand awareness kamu ke masyarakat luas. Namun, beda ceritanya kalau kamu hanya numpang iklan saja. Spamming akan membuat produk terlihat murahan dan tidak terpercaya. Solusinya, tulislah komentar yang berkaitan dengan hal booming tersebut.

4. Malas Berinteraksi dengan Followers

Interaksi dengan konsumen adalah poin yang paling penting. Kenapa? Karena kamu berjualan secara online dimana konsumen tidak bisa melihat langsung produk yang kamu jual. Dengan interaksi, komunikasi dua arah tetap dapat berjalan dan konsumen pun akan semakin yakin terhadap produk yang kamu jual.

Sukses Jualan di Instagram Bersama Brandztory

Agar sukses jualan di Instagram, tentunya kamu harus tau cara jualan di instagram 2022 dan rumus algoritma yang paling up to date. Mengeksekusi cara-cara di atas itu susah-susah gampang. Konsultasikan saja dengan tim brandztory mengenai strategi jualan terbaik untuk bisnismu. Kamu bisa menghubungi kami melalui link ini atau chat langsung ke +628118811598 tentang hal-hal apa saja yang ingin kamu kembangkan. Jangan lupa untuk follow instagram kami di @brandztory untuk informasi seru lainnya ya.