Press Release: Strategi Untuk Branding Perusahaan

press release perusahaan

Berkenaan dengan Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari lalu, Brandztory akan membahas secara lengkap mengenai Press Release. Tapi sebelumnya, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pers? Kenapa Press Release merupakan strategi branding yang baik bagi perusahaan? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini.

Penetapan Hari Pers Nasional itu sendiri berawal dari Keputusan Presiden RI No. 5 Tahun 1985 yang ditandatangani langsung oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.  Hal ini menandakan bahwa pers memiliki makna dan peran yang sangat penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Karena pers merupakan sarana komunikasi utama untuk mengobarkan semangat perjuangan dan kebangkitan nasional agar tercapai cita-cita kemerdekaan Indonesia itu sendiri.

Fungsi pers pun tercantum dalam Pasal 3 UU RI No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, dan lembaga ekonomi. Berdasarkan undang-undang di atas, fungsi pers mencakup semua lingkup salah satunya adalah lingkup ekonomi bisnis, yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan yang disebut sebagai Siaran Pers atau Press Release. Lalu, bagaimana cara press release dapat menjadi strategi branding perusahaan? Penjelasan lengkapnya ada di artikel ini.

Pengertian Press Release

Press Release Perusahaan
source : freepik

Press Release atau Siaran Pers adalah suatu pemberitaan untuk surat kabar atau media massa yang dibuat oleh humas / public relation suatu industri, perusahaan, organisasi, ataupun lembaga dengan tujuan memberikan informasi sekaligus promosi kepada masyarakat. Biasanya perusahaan yang baru berdiri akan mengadakan press release untuk memperkenalkan usaha dan produk yang mereka tawarkan. Kegiatan press release ini dapat dilaksanakan melalui media massa online ataupun portal berita yang mudah diakses oleh masyarakat Indonesia. 

Media massa yang diundang pun merupakan media massa yang terpercaya dan dikenal oleh masyarakat sehingga akan sangat menguntungkan kamu dalam mendapatkan traffic dan kepercayaan. Karena semakin besar masyarakat yang tau produkmu maka semakin besar juga masyarakat yang tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Namun bukan hanya perusahaan yang baru berdiri saja, perusahaan besar yang sedang berjalan seperti PT. Unilever tbk pun menggunakan strategi branding press release. Unilever secara tidak langsung mempromosikan produknya dengan membagikan keseruan kegiatan sosial yang mereka jalani sesuai dengan visi dari produk tersebut. Dengan begitu konsumen pun semakin tertarik dan percaya dengan produk yang ditawarkan.

Kenapa Membutuhkan Press Release?

kenapa membutuhkan press release
source : freepik

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa perusahaan membutuhkan press release? Apa keuntungan yang akan didapatkan? Pada dasarnya ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika melakukan press release, keuntungan-keuntungan inilah yang membuat press release sebagai salah satu strategi branding bagi beberapa perusahaan. Berikut manfaatnya, antara lain:

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Saat perusahaan baru pertama kali berdiri, pasti akan mengalami kesulitan untuk memperkenalkan usaha dan produk apa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Oleh karena itu, tidak sedikit perusahaan yang melakukan press release untuk membantu memperkenalkan usaha dari perusahaan itu sendiri. Semakin banyak dan terpercaya pers yang meliput perusahaan kamu, maka semakin baik pula citra perusahaan yang kamu miliki. 

2. Memperkenalkan Produk

Berhubungan dengan poin pertama, jika citra perusahaan kamu baik maka konsumen pun akan lebih percaya dengan produk yang kamu tawarkan. Press release pun akan membantu mempromosikan produkmu secara online sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan produk kamu secara mudah. Semakin mudah terakses, semakin terkenal produkmu, semakin banyak pula konsumen yang tertarik untuk membeli. 

3. Strategi Pemasaran Yang Efektif

Memilih strategi pemasaran tidaklah mudah, namun press release terbukti merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif karena akan mempermudah kamu dalam pembuatan konten promosi yang berkualitas. Dalam konten tersebut pun akan tercantum sisi perusahaan yang unik dan menarik bagi masyarakat sehingga masyarakat ingin tau lebih dalam tentang apa yang kamu tawarkan. 

4. Dapat Menyesuaikan Target Pasar

Ini dia salah satu alasan kenapa press release merupakan strategi pemasaran yang efektif! Jika kamu melakukan promosi atas produk terbaru melalui press release, maka kamu dapat menyesuaikan target pasar yang sesuai dengan produk terbaru kamu tersebut. Misalnya, produk kamu cocok untuk digunakan oleh remaja perempuan, nah kamu bisa membuat konten dan memasarkannya dengan topik yang menarik untuk remaja perempuan. Dengan begitu konsumen yang dituju pun spesifik dan penjualan pun akan meningkat.

5. Mudah dan Harga Relatif Terjangkau

Pelaksanaan press release cenderung tidak sulit karena kamu dapat mengundang beberapa pers untuk meliput acara launching produk ataupun kegiatan sosialisasi lainnya. Kemudian, kamu akan mendapatkan konten secara online yang akan tersebar secara online. Untuk harga pun relatif terjangkau berbeda dengan pemasaran secara offline yang mengharuskan kamu membuat acara yang menarik bagi konsumen.

Macam-macam Press Release

Macam - macam Press Release
source : unsplash

Pada dasarnya press release yang dapat kamu lakukan terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

1. Basic Publicity Release

Jenis press release ini akan menghasilkan konten yang berisi ulasan seluruh informasi penting mengenai perusahaan dan acara yang perusahaan selenggarakan.

2. Product Release

Untuk jenis press release ini merupakan jenis yang diselenggarakan khusus untuk acara peluncuran produk baru. Oleh karena itu, kontennya pun hanya berfokus pada produk saja, cocok untuk kamu yang ingin memperkenalkan spesifikasi produk secara detail.

3. Financial Release

Untuk tipe yang terakhir ini mungkin cukup jarang untuk kamu temui karena jenis ini bertujuan untuk memberitahukan kondisi keuangan perusahaan kepada masyarakat. Namun, bukannya tidak mungkin untuk dilakukan karena untuk beberapa perusahaan membutuhkan adanya financial release untuk menjaga hubungan baik perusahaan dengan pemegang saham. 

Struktur Press Release

Struktur Press Release
source : freepik

Agar lebih mengerti mengenai press release lebih dalam, kamu harus tau dulu struktur pembuatan press release itu sendiri. Berikut struktur umum pada press release:

1. Judul / Head

Tentu hal pertama yang pembaca perhatikan saat membaca press release adalah judul. Biasanya masyarakat hanya membutuhkan waktu selama 3 detik untuk membaca judul dan memutuskan apakah akan lanjut membaca tulisan tersebut atau tidak. Oleh karena itu, penulisan judul merupakan hal yang sangat penting, kamu harus memilih judul yang menarik dan mewakili isi press release sehingga masyarakat akan penasaran. 

2. Teras / Lead

Setelah judul, hal yang paling sering diperhatikan oleh pembaca adalah teras atau lead. Teras atau lead adalah bagian pembuka dari press release. Saat menulis teras, sebaiknya kamu menerapkan sistem 5W+1H yang dituliskan secara ringkas dan jelas sehingga dapat meningkatkan rasa penasaran konsumen.

3. Isi / Body

Untuk penulisan isi / body press release sebaiknya kamu menerapkan teknik piramida terbalik. Teknik piramida terbalik, yaitu teknik penulisan yang menempatkan informasi penting di paling atas lalu secara bertahap menjelaskan informasi turunan di bawahnya. Kenapa menggunakan teknik ini? Karena dapat menarik perhatian para pembaca untuk terus membacanya sampai akhir tulisan tersebut.

Penataan struktur penulisan memang penting tapi bukan hanya struktur yang harus kamu perhatikan, namun juga informasi penting lainnya, antara lain:

  1. Waktu Siaran Pers
  2. Tanggal Pembuatan Press Release
  3. Informasi Kontak Perusahaan

Informasi di atas penting untuk kamu cantumkan jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal dari pelaksanaan press release. Terutama informasi kontak perusahaan karena pembaca jadi tau akan mencari tau lebih lanjut mengenai perusahaan dan produk yang ditawarkan tersebut ke mana. 

Contoh Press Release

1. Unilever Indonesia

Contoh Press Release
source : unilever.co.id

Press release ini merupakan press release yang berfokus pada kegiatan sosialisasi yang telah diadakan oleh Unilever. Memang bukan berfokus untuk promosi namun secara tidak langsung dengan adanya press release ini, citra perusahaan Unilever di mata masyarakat menjadi lebih baik karena adanya kegiatan sosial yang bertujuan membantu masyarakat Indonesia secara langsung. Ini merupakan salah satu strategi agar konsumen kamu akan merasa lebih dekat dengan perusahaan.

2. Garuda Indonesia

Contoh Press Release
source : garuda-indonesia.com

Untuk selanjutnya, press release dari Garuda Indonesia yang berisi informasi mengenai kuota jasa yang mereka berikan. Dalam hal ini penambahan kuota rute Medan-Nias karena melihat adanya peningkatan pada pertumbuhan wisatawan yang melintasi rute tersebut. Press release ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat yang sedang ingin berwisata ke daerah Nias atau Medan dapat menggunakan layanan Garuda karena banyaknya penerbangan yang akan tersedia.

Press Release Strategi Branding Yang Efektif

Berdasarkan penjelasan di atas, strategi pelaksanaan press release cukup efektif bagi perusahaan yang ingin meningkatkan citra ataupun memperkenalkan produk baru ke masyarakat luas. Kamu akan mendapatkan keuntungan yang maksimal apabila menyusun strategi ini dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan target pasar. Berkenaan dengan Hari Pers Nasional ini, semoga semakin banyak lagi masyarakat yang berjaya dan bekerja sama dengan pers nasional untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Summary
Press Release: Strategi Untuk Branding Perusahaan
Article Name
Press Release: Strategi Untuk Branding Perusahaan
Description
Kenapa press release merupakan strategi branding yang baik bagi perusahaan? Karena press release adalah sarana pemberitaan ke masyarakat luas.
Author
Publisher Name
Brandztory
Publisher Logo