Fun Fact! Kenapa Selalu Ada Promo di Akhir Tahun?

promo akhir tahun

Pernahkah kamu berfikir, kenapa selalu ada promo besar-besaran di akhir tahun?  Sejumlah toko berlomba-lomba memberikan promo agar masyarakat tertarik membeli produknya. Mulai dari toko offline sampai online pun tidak melewati momentum akhir tahun ini. Permasalahannya, kenapa harus ada promo di akhir tahun? Sejak kapan momentum ini terbentuk?

Ternyata ada fun fact yang tersimpan didalamnya. Sebelum berburu promo, baca dulu yuk fakta di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Promo?

Kata promo itu sendiri berasal dari kata promosi, yang menurut researchgate berarti teknik marketing yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk atau jasa yang menarik perhatian konsumen. Tentu harga yang ditawarkan pun berbeda, harga promo biasanya lebih murah daripada harga normal karena bertujuan untuk menarik perhatian.

Para pelaku usaha biasanya mengadakan promo di momen-momen tertentu, seperti saat akhir tahun, peluncuran produk terbaru, dan hari libur nasional. Bahkan saat ini banyak e-commerce yang memanfaatkan tanggal cantik seperti 11.11 sebagai promo besar-besaran.

Kenapa Banyak Promo di Akhir Tahun?

black friday
(Source: Unsplash)

Seperti penjelasan di atas, promo memang biasa terjadi di momen-momen besar, seperti libur nasional dan akhir tahun. Namun promo terbesar di Indonesia tetap jatuh pada promo akhir tahun. Kenapa?

Ternyata semua itu ada sejarahnya, promo akhir tahun pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 2012 dengan sebutan 12.12.12 oleh 6 e-commerce besar di Indonesia, yaitu Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak. Karena besarnya antusias masyarakat, promo akhir tahun diadakan kembali pada tahun 2013 dan sejak saat itu setiap tanggal 12 Desember dikenal sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Bukan hanya untuk meningkatkan angka penjualan, Harbolnas ini juga bertujuan untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia. Terbukti dari yang bermula hanya diikuti 6 e-commerce, kini lebih dari 200 mitra ikut mengikuti.

Harbolnas ini sendiri terinspirasi dari promo Black Friday di Amerika yang digelar setiap hari Jumat pada bulan November setelah Thanksgiving. Biasanya Amerika selalu menggelar promo besar-besaran dari setelah Thanksgiving sampai hari Natal. Tapi tetap saja semua itu tidak menjawab pertanyaan ‘kenapa harus di akhir tahun?’.

Diskon akhir tahun
(Source: Unsplash)

Ada beberapa alasan menarik kenapa promo besar ada di akhir tahun, antara lain:

1. Waktunya Liburan Panjang

Seperti yang kita tau pada akhir tahun ada dua momen besar, yaitu libur natal dan tahun baru. Libur panjang itu membuat akhir tahun memiliki kesan relaxing dan refreshing, salah satu caranya dengan belanja! Momen inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengadakan promo besar-besaran. 

2. Closing Time

Setiap akhir tahun perusahaan akan menutup buku keuangan, sehingga tidak heran jika ada promo besar-besaran karena mereka sengaja ingin meningkatkan angka pendapatan atau angka penjualan perusahaan di detik-detik terakhir. Terutama untuk fashion brand yang mengganti konsep pakaian setiap tahunnya, mereka biasanya akan mengadakan promo besar atau dikenal sebagai ‘cuci gudang’ jika stok pakaian tahun ini masih banyak yang belum terjual. 

3. Target Penjualan

Kebanyakan orang senang saat mendekati akhir tahun karena identik dengan liburan dan belanja, tapi tidak pada salespeopleSalespeople di sini berarti mereka yang harus memenuhi target penjualan setiap tahunnya. Penutupan buku keuangan perusahaan di akhir tahun berarti penutupan target penjualan mereka juga. Apakah akan memenuhi target dan mendapatkan bonus? Atau belum berhasil dan kehidupan karir terancam? Semua itu kamu sebagai konsumen yang menentukan.

Tips Berburu Promo 

Tips Berburu Promo 
Tips Berburu Promo 

Siapa di sini yang suka kehabisan barang promo? Berarti kamu belum tau tips dan triknya. Makanya sebelum kehabisan, ada baiknya kamu ikuti tips di bawah ini:

1. Berlangganan Newsletter 

Buat kamu yang suka belanja di e-commerce, jangan lupa berlangganan newsletter mereka ya. Dengan berlangganan, kamu akan mendapatkan informasi promo lebih dulu dibanding yang lain. Newsletter biasanya akan dikirimkan melalui email pribadi, jadi notifikasi kamu harus selalu aktif.

2. Pantau Social Media & E-Commerce

Cara termudah namun paling ampuh adalah pantau social media & e-commerce favoritmu. Karena saat ini mayoritas brand mempromosikan produknya secara online. Kamu cukup follow beberapa brand yang kamu sukai dan dapatkan informasi promo paling terbaru.

3. Pilih Satu E-Commerce Favoritmu

Sibuk ngecekin satu-satu e-commerce? Jadi kehabisan barang kan. Ada baiknya kamu memutuskan satu e-commerce favoritmu sebagai prioritas utama. Kalo kamu setia di satu e-commerce, promo yang kamu dapatkan bisa jauh lebih besar dibandingkan pelanggan lain loh. Semakin besar total belanjaanmu, semakin besar juga promonya.

4. Cari Toko Dengan Rating Tinggi

Jangan jadikan momen promo ini menjadi hari terburukmu. Tidak sedikit toko yang memanfaatkan momen  promo ini untuk menurunkan kualitas produknya. Selalu beli produk dari rating dan review terbaik. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi.

5. Pastikan Internet Lancar 

Ini terpenting dan tidak boleh terlewatkan. Pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang lancar, karena ada ribuan hingga jutaan pelanggan lainnya yang mengincar barang yang sama dengan kamu. Apalagi jika produknya dalam jumlah dan waktu terbatas. Semakin cepat koneksi internetmu, semakin besar kemungkinan mendapatkan barang impianmu.

6. Membuat Daftar Belanja

Pernahkah kamu kehabisan uang belanja karena tergiur barang promo? Padahal barang yang dibutuhkan belum terbeli. Untuk menghindari situasi seperti itu, buatlah daftar belanja produk apa aja yang paling kamu butuhkan. Dengan begitu kamu dapat memanfaatkan momen promo ini dengan maksimal. Setelah kebutuhan terpenuhi, kamu baru bisa mencari barang dengan promo yang menggiurkan lainnya.

7. Cari Voucher Belanja Terbesar

Tahukah kamu, beberapa brand memberikan voucher belanja melalui selebriti ataupun influencer pilihan mereka? Semua followers atau kenalan selebriti tersebut dapat menggunakannya untuk mendapatkan harga spesial. Selalu pantau selebriti yang bekerja sama dengan brand favoritmu! Lebih banyak promo, lebih murah lagi harganya.

8. Cari Jasa Pengiriman Termurah

Biaya ongkir bisa jadi bumerang bagi kamu yang berada di kota jauh. Karena harus membayar biaya yang mahal, bahkan bisa 2 – 3 kali lipat daripada harga produk. Pastikan biaya ongkir yang tersedia tidak lebih mahal daripada harga produkmu, bahkan saat ini tidak sedikit e-commerce yang memberikan voucher gratis ongkir.

Brandztory Ada Promo Website di Akhir Tahun?!

Pusing nyari promo terus tapi ga dapet-dapet? Tenang aja! Brandztory akan kasih promo spesial untuk kamu yang lagi kesulitan mau bikin website. Caranya gampang, tinggal pantengin aja instagram brandztory di sini atau untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi tim Brandztory melalui link ini atau bisa chat melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan konsultasi pembuatan website dengan harga terjangkau.