Perbedaan Brand Activity VS Brand Activation Beserta Contohnya

perbedaan brand activity vs brand activation

Buat kamu yang pernah melihat billboard Charity dengan konsep Social Swipe satu potong roti, itu merupakan salah satu contoh brand activation. Lantas apa Perbedaan Brand Activity VS Brand Activation?

Kegiatan promosi yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen terhadap suatu brand, dengan cara memberikan pengalaman secara nyata.

Researchgate

Pengertian Brand Activation

Menurut researchgate, brand activation adalah kegiatan promosi yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen terhadap suatu brand, dengan cara memberikan pengalaman secara nyata. Semakin kuat hubungan emosional yang timbul antara konsumen dengan brand, maka semakin sukses pula kegiatan promosi tersebut. 

Yang dimaksud dengan memberikan pengalaman secara nyata adalah kamu sebagai pemilik brand harus bisa membuat konsumen merasakan langsung sensasi produk yang ditawarkan sehingga konsumen pun tertarik untuk membeli produk tersebut.

Meskipun demikian, bukan berarti semua kegiatan ini harus diadakan secara offline, saat ini semakin banyak brand activation online yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kunci activation yang sukses adalah kamu harus memahami hal-hal apa saja yang konsumenmu sukai dan apa yang mereka butuhkan saat ini.

Perbedaan Brand Activity dan Brand Activation

Pada dasarnya brand activity tidak jauh berbeda dengan brand activation karena terhubung satu sama lain. Brand activity memiliki makna kata benda yang berarti kegiatan atau acara. Sedangkan, Brand activation berasal dari kata kerja ‘Activate’ yang berarti mengaktifkan perasaan konsumen. Jadi, Perbedaan Brand Activity VS Brand Activation hanyalah cara penggunaan bahasanya saja yang berbeda.

Contoh Sukses Brand Activation

Kunci sukses suatu kegiatan adalah sifatnya yang unik dan menarik. Kamu akan membutuhkan banyak referensi ide untuk menemukan konsep terbaik bagi brand milikmu. Berikut contoh brand activity yang sukses memikat hati masyarakat.

OFFLINE EVENT

1. Adidas

Tipe activation: Experiential Campaign, Adidas boost activation di Amerika Latin

Brand Adidas sengaja mengadakan kegiatan ini pada saat acara Santiago de Chile International Marathon berlangsung. Adidas mempromosikan brand-nya sebagai “Energy boost” yang cocok digunakan untuk menyelesaikan marathon panjang. Hebatnya, di sini adidas menunjukkan dirinya sebagai revolusi dalam berlari yang akan mengubah lari seseorang selamanya, dengan cara memberikan energi ke setiap langkah kaki peserta.

Kesuksesan adidas terjadi karena kecerdikan mereka yang memberikan kesempatan para peserta marathon untuk merasakan langsung kehebatan produk terbarunya. Pengalaman inilah yang akan terekam jelas oleh peserta marathon dan pengunjung lain pun akan percaya terhadap klaim adidas sebagai energy booster.

2. German NGO

(Source: Pinterest)

Tipe activation: Experiential activation, Charity Donation Billboard

NGO di Jerman mengadakan donasi sosial bernamakan Social Swipe, dengan menampilkan billboard digital dimana masyarakat dapat swipe kartunya untuk berdonasi sebesar 2 euro. Rahasia kesuksesan mereka berada pada keunikan visual billboard itu sendiri. Setiap orang yang swipe kartu mereka, akan terihat seperti sedang memotong sebuah roti, seakan-akan sedang menyiapkan roti tersebut untuk orang yang membutuhkan.

Kesuksesan Charity ini karena mereka berhasil mengimplementasikan tujuan mereka melalui visual yang menarik dan mudah dilakukan oleh masyarakat.

3. Asics

Tipe activation: Experiential Campaign, Asics ‘The Ultimate Treadmill Challenge’

Bekerja sama dengan atlet marathon terkenal di Amerika, Ryan Hall. Asics mengadakan challenge yang menantang pengunjung untuk berlari dengan kecepatan yang sama seperti atlet Ryan Hall sampai 42km tanpa henti! Banyak pengunjung yang tertarik mencoba karena asics menggunakan treadmill yang dibawa langsung dengan mobil pick up untuk berlari.

Terlihat banyak pengunjung yang tidak sanggup untuk mengikuti kecepatan yang sama seperti atlet Ryan, pengalaman inilah yang akan membekas di hati pengunjung. Tentu pengunjung yang ingin mencoba akan menggunakan produk asics karena salah satu tujuan utama asics adalah menimbulkan adanya perasaan bahwa sepatu asics nyaman digunakan untuk berlari marathon dengan kecepatan yang tinggi.

4. Gojek

(Source: Twitter)

Tipe activation: Experiential Activation, Billboard Gojek 

Gojek selalu memberikan gebrakan baru yang tak biasa, seperti konsep billboard yang viral di tahun 2017 karena sangat unik dan relatable bagi masyarakat banyak. Jarang sekali brand yang menampilkan full teks pada iklan billboard-nya, tapi gojek membuktikan hanya dalam tulisan, ia dapat mengikat hati orang banyak. Tulisan yang menggambarkan isi masyarakat itulah rahasia kesuksesan mereka.

Walaupun panjang, tapi penempatan lokasi yang tepat di daerah macet membuat pengendara yang lewat mau tidak mau pasti membaca isi teks tersebut. Kalo produk yang kamu tawarkan itu jasa, konsep gojek ini bisa banget kamu jadikan inspirasi.

ONLINE EVENT

1. Benefit Cosmetic

(Source: becausexm.com)

Tipe activation: Social Media Activation ‘A Lashtastic Virtual Media’

Bukan hanya offline saja, kamu juga bisa mengadakan kegiatan secara online, terutama selama pandemi dimana kamu tidak bisa mengadakan acara secara tatap muka. Brand kosmetik, Benefit berhasil memecahkan permasalahan ini. Saat peluncuran produk terbarunya ‘Magnet Extreme Lengthening Mascara’, Benefit bekerja sama dengan Because Creative Experiences untuk membuat games virtual.

Jadi dalam game itu, konsumen dapat mengumpulkan token dan menukarnya dengan diskon, produk mascara, ataupun konsultasi gratis dari benefit. Semua hadiah akan dikirimkan langsung ke rumah konsumen masing-masing, tanpa adanya kontak fisik. Keefektifan cara ini terbukti dengan tercapainya conversion rate lebih dari 50%, CTR sebesar 39,4% dan durasi konsumen bermain games selama 2 menit dan 22 detik.

Ingat! Kamu harus kreatif dan menyenangkan untuk bisa membuat activation yang sukses. Games secara virtual mungkin salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu coba.

2. Docker Dash

Brand Activity
(Source: docker.com)

Tipe activation: Experiental Activation, Docker Dash Game Software

Produk yang ditawarkan berupa software? Kamu bisa ikuti konsep ini. Docker merupakan platform software yang memungkinkan developer membuat dan menjalankan aplikasi pada sistem operasi yang berbeda. Docker membuat activation berupa game virtual agar memikat konsumennya.

Lagi-lagi konsep games lah yang berhasil memikat hati masyarakat. Brand docker membuat game bernama Docker Dash, yaitu live video game simulation yang mengundang 5000 orang untuk membuat aplikasi bersama dengan cara memecahkan teka teki yang ada dalam game tersebut terlebih dahulu. Jika mereka berhasil memecahkan teka teki, mereka akan mendapatkan produk untuk menyelesaikan aplikasi yang mereka buat. 

Ini cara yang cerdik dan menarik karena dengan cara ini masyarakat akan tau seberapa bernilainya software milik brand Docker tersebut dan kenapa Docker merupakan yang terbaik di bidang platform software jenis ini.

3. Samyang Challenge

(Source: YouTube)

Tipe activation: Experiental Activation, Samyang Noodle Challenge

Siapa sih yang ga tau brand mie Samyang? Rasanya tidak ada. Semua itu hasil dari keberhasilan kampanye digital ‘Samyang Noodle Challenge’ yang diikuti banyak orang mulai dari anak muda sampai artis papan atas. Para penantang harus menyantap mie Samyang yang terkenal dengan rasa pedasnya tanpa minum air sedikit pun sebelum mie tersebut habis dan mendokumentasikannya di social media mereka.

Konsep brand Samyang ini sangat pintar karena mereka tau betul apa yang disukai oleh masyarakat. Banyak masyarakat asia yang gemar mengkonsumsi makanan pedas, oleh karena itu mereka tertantang dengan klaim ‘sangat pedas’ oleh Samyang. Hal yang menantang, viral, dan menyenangkan pasti akan berhasil mengikat hati banyak orang, terbukti dengan meningkatnya penjualan mie Samyang sebanyak 10.000 bungkus dalam sehari. 

Itulah Perbedaan Brand Activity VS Brand Activation yang harus kamu ketahui supaya ngga bingung lagi. Masih galau mau pilih konsep apa? Konsultasikan aja dengan brandztory, dengan menghubungi melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan ide yang menarik dan unik untuk produkmu.