Manfaat Google News, Cara Baru Branding Perusahaan

Manfaat Google News dapat menjadi strategi baru bagi perusahaan untuk mempromosikan websitenya karena mudah dan banyak diakses user.

Pernahkah kamu melihat kolom berita di sebelah kiri layar utama handphone android-mu? Kemungkinan besar kolom tersebut adalah layanan Google News. Banyak yang tidak menyadari hal ini, padahal kolom berita milik google ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Terutama buat kamu yang ingin mengakses informasi yang kredibel dengan mudah. Nah sebenarnya apa sih manfaat Google News? Apa yang membedakannya dengan fitur google itu sendiri?

Semakin banyaknya informasi hoax yang tersebar di masyarakat Indonesia, membuat kebutuhan akses informasi yang kredibel pun kian meningkat. Oleh karena itu, google membuat layanan Google News sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi kredibel dalam satu platform. Banyaknya masyarakat yang mengakses kolom berita inilah yang membuat Google News menjadi cara baru bagi perusahaan maupun blogger dalam mempromosikan websitenya.

Jika kamu ingin tau cara daftar dan manfaat lain dari Google News, simak terus artikel ini ya!

Pengertian Google News

Pengertian Google News
Pengertian Google News

Google News adalah liputan berita terbaru yang komprehensif dikumpulkan dari berbagai sumber di seluruh dunia. Google Berita ini sendiri dapat diakses melalui website maupun smartphone dan menyediakan berita terkini berdasarkan lokasi kamu maupun berdasarkan hasil pencarian dengan kata kunci. 

Sekilas mungkin terdengar sama dengan layanan Google, tapi buat kamu yang benar-benar menginginkan akses informasi yang kredibel dalam satu platform, Google News-lah tempatnya. Aksesnya yang mudah seperti melalui handphone, hanya dengan geser kiri layar utama-mu (setelah ter-setting) pun kamu bisa mengakses berita-berita terkini.

Berbagai fitur mulai dari top stories, berita rekomendasi, following, saved searches, sampai dengan local news pun tersedia. Terlebih jumlah kunjungan Google News pada bulan November 2021 mencapai 494,1 juta pengunjung dari seluruh dunia. Mengalami kenaikan sebesar 0.28% dibandingkan bulan sebelumnya, coba kamu bayangkan seberapa besar manfaat yang didapatkan jika website kamu ada di dalam Google News?

Alasan-alasan inilah yang membuat daftar Google News sebagai cara baru untuk mempromosikan perusahaanmu.

Manfaat Google News

Google Berita memang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat, tapi apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mendaftarkan website ke dalam Google News? Berikut penjelasannya.

Manfaat Google News
Manfaat Google News

Berita atau artikel yang terdapat di Google News tentu terhubung dengan Google Search, oleh karenanya sangat mungkin kalo kamu mendapatkan posisi di laman utama Google News, kamu juga akan mendapatkan first page di Google Search tanpa harus melakukan pengaturan SEO terlebih dahulu. Karena setiap konten yang terbit di Google News, akan secara otomatis mendapatkan index di mesin pencarian Google tanpa harus menunggu inspeksi URL di Webmaster Google.

2. Salah Satu Cara Iklan Tanpa Biaya

Strategi iklan identik dengan biayanya yang cukup besar, tapi bagaimana jika kamu bisa iklan tanpa mengeluarkan biaya? Tentu menggiurkan bukan. Itulah yang ditawarkan oleh Google News, bahkan untuk memaksimalkan pengaturan SEO saja setidaknya harus mengeluarkan biaya untuk penggunaan alatnya. Di Google News kamu bisa mendatangkan organic traffic dengan jumlah yang cukup besar tanpa perlu mengeluarkan biaya.

3. Meningkatkan Traffic atau Jumlah Pengunjung

Manfaat Google News
Manfaat Google News

Berhubungan dengan poin pertama, semakin mudah laman konten kamu ditemukan, semakin besar pula jumlah pengunjung yang kamu dapatkan. Apalagi jika kamu mendapatkan posisi utama di kedua platform, Google Search dan Google News. Selama konten milikmu kredibel dan berkualitas, Google News akan menempatkannya di laman utama. Di Indonesia sendiri persaingannya masih tergolong rendah, melihat masih cukup banyak yang tidak menyadari keberadaan Google News ini.

4. Sebagai Strategi Branding Baru

Semakin berkualitas konten yang tersedia, maka semakin bagus pula citra perusahaan. Terlebih jika website memiliki banyak pengunjung, membuktikan bahwa website tersebut dipercaya oleh masyarakat. Misalnya, kamu menjalankan bisnis di industri fotografi dan membuat konten mengenai hal-hal yang berhubungan dengan fotografi, hal ini akan membangun brand image pada website. Akan timbul citra bahwa perusahaan ahli dalam bidang fotografi dan masyarakat pun mempercayai jasa yang perusahaan tawarkan.

Salah satu faktor agar suatu halaman website mendapatkan first page adalah banyaknya jumlah backlink. Jika link konten kamu menjadi referensi untuk konten website lain, maka itulah yang disebut dengan backlink atau kamu bisa juga mengartikannya sebagai tautan di sebuah website yang mengarah ke website lain. 

Manfaat Google News
Manfaat Google News

Seseorang pasti membutuhkan sumber referensi yang terpercaya, jadi jika kamu mendapatkan link backlink artinya konten kamu kredibel dan berkualitas. Nah saat konten kamu direkomendasikan oleh Google News, maka konten kamu akan dianggap terpercaya dan terbaru bagi pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula kesempatan mendapatkan backlink, dan semakin terpercaya pula website kamu.

Syarat Daftar Google News

Syarat Daftar Google News
source : unsplash

Walaupun Google News adalah platform gratis yang dapat diakses oleh semua orang, namun untuk dapat menerbitkan konten di platform ini kamu harus memenuhi syarat-syarat pendaftaran terlebih dahulu, antara lain:

1. Mempunyai Website atau Blog Terupdate

Pihak Google akan menerima proses pendaftaran setelah memastikan bahwa website atau blog kamu sesuai dengan tujuan dari Google News itu sendiri, yaitu memberikan berita terbaru dan berkualitas. Jadi penting untuk kamu mempunyai website yang menyediakan konten berita dengan satu topik atau niche yang akan menjadi spesialisasi kamu. Seperti contoh di atas, jika bisnis kamu di industri fotografi maka topik berita kamu berputar di dunia fotografi.

Mempunyai niche atau jenis berita yang jelas akan mempermudah kamu untuk mendapatkan tempat di Google News karena dianggap ahli di bidang tersebut.

2. Mempunyai Konten Berita Yang Berkualitas

Salah satu syarat terpenting adalah kualitas konten yang kamu sediakan. Pihak Google akan melihat kualitas dari suatu konten berdasarkan beberapa faktor di bawah ini, antara lain:

  1. Terbaru / Up to date → Semua konten berita yang kamu sediakan harus berdasarkan peristiwa yang terjadi saat ini. Harus teraktual, terbaru, dan terpercaya sumber beritanya. 
  2. Orisinil → Semua konten harus orisinil dan tidak boleh plagiat dari sumber lain.
  3. Transparan → Lebih baik jika setiap konten tercantum informasi penulis dan editor.
  4. Tidak Salah Interpretasi → Pastikan semua konten tidak mengandung pernyataan yang salah interpretasi, seperti berita yang tidak benar / hoax.
  5. Jumlah Iklan Sedikit → Google lebih menyukai website yang memiliki jumlah iklan sedikit.
  6. Jumlah Kata Yang Sesuai → Untuk judul lebih baik jangan terlalu pendek dan terlalu panjang, begitu pula dengan panjang berita. Google sendiri tidak memberikan instruksi spesifik namun dianjurkan lebih dari 350 kata.
  7. Jangan Mengandung Iklan → Usahakan kontenmu hanya berisi berita saja, tidak ada unsur iklan di dalamnya.

3. Fokus Terhadap Satu Jenis Berita

Google News juga memiliki fitur yang cukup menarik yaitu adanya fitur personalized content yang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap traffic yang berkualitas tinggi, dimana setiap pengunjung yang mengnujungi website akan merasa senang karena topik yang ada di website atau blog sesuai dengan apa yang mereka pengunjung butuhkan.

4. Pastikan URL Unik dan Tidak Berubah

Mesin crawl Google yang berfungsi mendeteksi konten berita tidak dapat bekerja dengan baik apabila URL website selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, pihak Google News telah menyatakan bahwa jika URL konten kamu selalu berubah, maka Google tidak akan menerima website blog kamu.

Cara Daftar Google News

Untuk dapat mendaftarkan website atau blogmu ke dalam Google News kamu harus memenuhi ketentuan-ketentuan di bawah ini, antara lain:

1. Menggunakan Alat Publisher Center 

Google News menyediakan alat untuk membagikan konten kamu dengan cara mengirimkan feed RSS, URL situs, atau video. 

a. Masuk ke Publisher Center

Cara Daftar Google News
Cara Daftar Google News

Untuk pertama kali kamu harus menambahkan website-mu ke dalam publikasi di Publisher Center / Pusat Penerbit, dengan mengisi formulir informasi di atas.

b. Mengatur Setelan Publikasi

Cara Daftar Google News
Cara Daftar Google News

Setelah mendaftar, kamu dapat mengatur setelan publikasi dengan mengisi informasi yang diperlukan. Lingkaran merah di atas adalah tombol yang dapat kamu klik untuk mengatur profile publikasimu dan mengatur kontenmu di Google Berita. 

2. Daftar Melalui Crawl Web Normal Google

Apabila karena alasan tertentu kamu tidak melakukan publikasi melalui Publisher Center, Google tetap dapat menemukan website kamu melalui crawl web normal. Kamu memang tidak perlu mendaftar melalui Publisher Center agar dapat berkesempatan berada di peringkat Google News, namun jika melakukannya, kamu dapat menfaat berikut:

  1. Kontrol konten dan branding: Dapat mendesain, memberi merek, dan menyesuaikan publikasi di Google Berita
  2. Berkesempatan monetisasi: Dapat melakukan ‘block access to content’ pada konten berbayar melalui fitur Google Subscribe.
  3. Mendapatkan kelayakan penempatan: Selama memenuhi syarat, kamu dapat muncul di newsstand aplikasi di negara dan wilayah yang berlaku walaupun pihak Google tidak menjamin penempatan.

Temukan Brandztory di Google News!

Google News Brandztory
Google News Brandztory

Masih ragu untuk daftar Google News? Kunjungi brandztory untuk rasakan manfaat dari platform berita ini. Jangan lupa follow dan share konten brandztory ya agar semakin banyak orang yang bisa mengetahui informasi ini. Semoga setelah semua penjelasan di atas, semakin banyak yang tau manfaat dari Google News dan semakin banyak pula yang dimudahkan saat mencari informasi terkini.