Website: Arti, Unsur, Fungsi, Jenis, Manfaat, Cara Membuatnya

website

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat masyarakat terutama pelaku usaha untuk terus mengembangkan teknik pemasarannya agar menarik perhatian konsumen. Mulai dari pembuatan toko online, blog pribadi, portofolio pekerjaan, sampai profil perusahaan semuanya menggunakan website. Mungkin kamu tidak sadar kalo semua laman yang selama ini kamu kunjungi di komputer ataupun hp adalah website.

Penggunaan web sudah menjadi salah satu teknik pemasaran online yang ampuh dan efektif bagi masyarakat. Walaupun begitu, ternyata masih banyak yang belum mengetahui kegunaan dari situs itu sendiri dan alasan kenapa website banyak digunakan untuk berbagai hal?

Buat kamu yang penasaran, yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian Website

Menurut merriam-webster, website adalah sekumpulan halaman yang biasanya mengandung hyperlink dari satu halaman ke yang lain dan tersedia online yang dibentuk oleh individu, perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintah, atau organisasi. Semua informasi yang kamu sediakan untuk pengunjung akan tertera dalam situs tersebut.

Informasi tersebut bisa dalam bentuk gambar, video, teks, dan ilustrasi yang sesuai dengan karakteristik situs web itu sendiri. Misalnya, situs brandztory dengan URL https://www.brandztory.com/ mempunyai 7 halaman yang masing-masing membahas informasi yang berbeda.

digital marketing agency

Lingkaran merah di atas menunjukkan beberapa halaman web yang merupakan turunan web utama namun tetap terhubung satu dengan yang lain, yaitu untuk memasarkan brandztory sebagai perusahaan penyedia jasa marketing.

Sejarah Website

website
(source:freepik)

World Wide Web (WWW) atau dikenal sebagai situs web pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John Berners-Lee dengan URL http://info.cern.ch/ dan tersebar luas secara online pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991. 

Tujuan ia membuat World Wide Web ini sendiri untuk mempermudah peneliti di tempatnya bekerja dalam berbagi informasi penting. Namun ia sengaja tidak mempatenkan penemuannya ini agar dapat digunakan secara bebas. Pada akhirnya berkat jasa Tim Berners, situs we dapat digunakan secara bebas dan gratis oleh seluruh masyarakat di dunia pada tanggal 30 april 1993.

Tim Berners pun mendapatkan gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya. Saat ini penggunaan situs web berkembang luas karena manfaatnya yang mempermudah masyarakat.

Unsur-Unsur Website

website
(source:freepik)

Jika kamu baru pertama kali membuat situs web, unsur-unsur inilah yang harus kamu perhatikan. Situs web sendiri mempunyai beberapa unsur agar dapat bekerja dengan baik, antara lain:

1. Domain / URL

Kamu harus menentukan domain atau URL situs web milikmu, domain merupakan alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs agar masyarakat dapat menemukan laman web milikmu di internet. Buatlah nama domain yang unik, menarik, dan mudah diingat sehingga pengunjung tidak kesulitan jika ingin berkunjung kembali ke web milikmu.

Sayangnya, untuk mendapatkan domain unik kamu harus membayar biaya tertentu. Tapi tenang saja, sekarang nama domain sudah diperjualbelikan secara bebas di internet dengan harga terjangkau. Di Indonesia sendiri mempunyai domain yang dikhususkan untuk tujuan tertentu, seperti lembaga pemerintahan mempunyai domain khusus “go.id”. Tujuannya agar masyarakat mudah mengidentifikasi lembaga sah milik pemerintah.

Contoh nama domain/URL : www.brandztory.com

domain website
domain website

2. Web Hosting

Setelah menentukan nama domain, kamu juga harus mempunyai web hosting. Gunanya untuk menyimpan semua data, seperti teks, gambar, video, dan data lainnya yang akan digunakan untuk membentuk situs web. Semakin besar web hosting yang kamu sewa, semakin besar juga data yang dapat kamu gunakan.

Sama halnya dengan domain, penyewaan hosting ini juga mudah kamu temukan melalui internet dengan harga yang terjangkau. Durasi penyewaan ini biasanya dihitung per tahun, kamu dapat memulainya dengan hosting yang kecil dan memperbesar datanya di tahun berikutnya saat website-mu berkembang.

3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman ini bertujuan untuk menerjemahkan setiap perintah saat seseorang mengakses sebuah situs web. Orang yang membangun dan mengembangkan situs web dinamakan sebagai Web Developer. Biasanya web developer sering menggunakan bahasa pemrograman HTML, ASP, JSP, PHP, dan Java Script.

4. Desain Website

Rasanya tidak cukup jika situs web hanya dapat bekerja dengan baik saja, tentu tampilan situs web juga harus menarik. Inilah kegunaan dari desain, apabila situs mempunyai desain yang indah maka akan meningkatkan estetika situs web itu sendiri . 

Orang yang dapat mendesain tampilan situs disebut sebagai Web Designer. Tapi kamu juga bisa mencari satu agency, seperti Brandztory untuk mengerjakan pembuatan situs web dari awal pembuatan domain sampai desain agar tidak perlu repot mencari satu per-satu atau dapat juga menggunakan jasa desain website terbaik dan professional lainnya.

5. Konten

Situstanpa adanya konten itu tidak menarik. Pengunjung pasti ingin mendapatkan sesuatu dari kunjungannya ke situs web milikmu. Konten ini bisa berupa informasi perusahaan, produk perusahaan, ataupun artikel. Kamu bisa membuat konten sesuai dengan tujuan awal situs web itu sendiri.

PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang mengelola semua eksistensi nama domain di Indonesia.

Jenis-jenis Website

web
(source:freevektor)

Pada dasarnya ada 2 (dua) jenis website yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Website Statis

Statis berarti tetap. Dalam hal ini, situs web yang tampilan dan isi kontennya bersifat statis atau tidak berubah-ubah. Setelah pertama kali dibuat, jika kamu ingin mengubahnya harus dengan cara manual, yaitu dengan mengubah bahasa pemrograman situs web tersebut. Oleh karena itu, tampilan situs web statis cenderung lebih sederhana dan klasik karena tidak sering melakukan perubahan. Namun kelebihannya adalah kamu tidak memerlukan database yang besar.

Kekurangan : Terbatas dalam interaksi dengan pengunjung (tidak menarik)

Kelebihan : Tidak membutuhkan database yang besar

2. Website Dinamis

Kebalikan dari statis, website dinamis mempunyai tampilan dan desain yang berubah-ubah. Jenis situs web ini paling sering digunakan oleh para developer saat ini karena cenderung lebih mudah jika ingin melakukan perubahan langsung oleh pengelola. Bukan hanya itu, desain website-nya pun dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman atau yang biasa dikenal sebagai desain kekinian.

Kekurangan : Membutuhkan database yang besar karena lebih kompleks

Kelebihan : Tampilan dan konten menarik dapat berubah sesuai perkembangan zaman

3. Website Interaktif

Seperti namanya, website ini dibentuk dengan tujuan agar pengunjung dapat berinteraksi satu dengan yang lain. Biasanya bentuk dari situs web ini adalah platform social media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

Fungsi Website

bahasa pemrograman website
(source:pixabay)

Ada 3 (tiga) fungsi website yang menjadi dasar pembuatan website, antara lain: 

1. Sarana Informasi

Website sebagai sarana informasi adalah tujuan awal Tim Berners saat pertama kali membuat situs. Tujuan ini tidak pernah berubah dan tetap berlaku sampai saat ini. Kalo kamu ingin membuat situs web, sampaikan informasi tersebut dengan cara yang menarik dan selalu up to date agar pengunjung selalu ingin berkunjung kembali. 

2. Sarana Komunikasi

Saat ini website tidak hanya untuk menyampaikan informasi secara satu arah, tapi kamu juga bisa melakukan komunikasi dua arah dengan pengunjung lainnya. Salah satu contohnya, seperti situs social media Facebook, Twitter, dan Instagram.

3. Sarana Transaksi Jual Beli Online

Ini dia fungsi utama yang mendorong para pebisnis untuk membuat website. Dengan menggunakan website khusus untuk transaksi jual beli online, konsumen kamu akan lebih mudah untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Salah satu contohnya, situs web e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Tapi bukan hanya e-commerce saja, brand pribadi pun bisa menggunakan situs web sebagai transaksi jual beli online.

Manfaat Website

situs
(source:pixabay)

Dari penjelasan singkat di atas, ternyata situs web berperan besar dalam kehidupan ya. Manfaat situs web itu sendiri terbentuk dari masing-masing pihak yang membuatnya, mau itu individu, perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintah, ataupun organisasi. Berikut beberapa manfaat situs web yang akan kamu rasakan, antara lain:

1. Sumber Informasi

Mayoritas masyarakat saat mencari suatu informasi, akan mencarinya melalui internet. Tempat tanpa ada batas waktu dan mencakup jangkauan yang luas untuk mendapatkan jawaban atas segala permasalahan yang kamu alami. Lalu di mana peran dari suatu situs web? Uniknya, hampir semua informasi yang ada di internet berada dalam platform website. Mau itu social media, blog, profil perusahaan, maupun toko online.

2. Meningkatkan Awareness 

Kamu juga dapat memanfaatkan situs web untuk branding dengan cara meningkatkan awareness pada masyarakat. Tujuan branding itu sendiri agar masyarakat dapat mengenal barang atau jasa yang kamu tawarkan. Buat kamu yang ingin mencari pekerjaan, dapat membuat situs web untuk membentuk personal branding-mu. Begitu pula untuk perusahaan, untuk membentuk company branding dari para konsumen.

3. Menjadi Portofolio Pribadi

Buat kamu yang ingin membentuk personal branding, bisa membuat website sebagai portofolio pribadi. Jadi, para rekruter dapat dengan mudah melihat semua hasil kerjamu dalam satu tempat. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang meminta calon karyawannya untuk memberikan portofolio dalam bentuk website.

Contoh: www.ldavidwrites.com 

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Saat kamu meningkatkan brand awareness, secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh besar pada angka penjualan kamu. Semakin besar masyarakat yang mengenal brand yang kamu miliki, semakin besar juga antusias masyarakat dalam membeli produk yang kamu tawarkan. Bukan hanya itu, penggunaan website yang ditujukan khusus untuk transaksi jual beli online juga dapat meningkatkan angka penjualan karena mempermudah konsumen untuk membeli.

5. Mempermudah Masyarakat Berinteraksi 

Dengan adanya website, kamu juga jadi lebih mudah untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya. Salah satu contohnya adalah platform social media yang memang pada dasarnya untuk interaksi. Selain social media, kamu juga bisa membuat situs web yang khusus untuk forum tertentu, seperti kaskus tempat berkomunitas dan berbagi hobi.

6. Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Mempunyai website dapat meningkatkan kualitas brand yang kamu tawarkan, bukan hanya brand jika kamu membuat portofolio dalam bentuk website juga akan menunjukkan keterampilan yang kamu miliki. Karena proses pembuatan situs web itu sendiri tidaklah mudah walaupun saat ini sudah banyak platform yang menawarkan template website. Tapi tetap saja membutuhkan usaha dan proses yang panjang untuk membuatnya.

Cara Membuat Website

situs web
situs web

Jika melihat unsur-unsur website di atas rasanya membuat website itu rumit sekali ya. Padahal saat ini kamu ga harus mempunyai keahlian coding/ bahasa pemrograman dulu lho. Sudah ada beberapa platform untuk membuat website tanpa coding atau yang disebut dengan Content Management System (CMS). 

Di sini akan menjelaskan lebih jauh cara pembuatan website tanpa coding, cocok buat kamu yang pemula.

1. Pilih Jenis Website 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis website yang akan kamu buat. Semua informasi, manfaat, fitur, gambar, sampai nama domain dan web hosting itu ditentukan oleh jenis website yang kamu pilih. Kamu dapat memilih jenis website berdasarkan tujuan kamu membuat website, apakah untuk pribadi, toko online, profil perusahaan, atau forum komunitas.

2. Pilih Platform Pembuat Website

Tahapan inilah yang akan mempermudah kamu membuat website tanpa coding sama sekali. Dengan memanfaatkan platform membuat website atau biasa disebut Content Management System (CMS), kamu akan mendapatkan template website dan semua sistem pengelolaan untuk membuat gambar, video, teks, dan lain-lain. 

Ada beberapa CMS yang bisa kamu gunakan, seperti:

Diantara semua CMS tersebut, WordPress lah yang paling populer untuk digunakan. Menurut W3Techs, WordPress mendominasi seluruh website di internet sebesar 40%. Kamu juga bisa membuat website secara gratis di WordPress, semua fitur seperti domain dan hosting telah disediakan. Tapi jika kamu ingin mempunyai domain dan hosting sendiri, kamu bisa melakukan pembayaran tambahan.

Oleh karena itu, untuk selanjutnya akan menjelaskan secara lengkap tahapan apa saja yang harus kamu lakukan jika membuat website dengan menggunakan CMS WordPress.

3. Tentukan Web Hosting dan Domain

Setelah memilih CMS, dalam hal ini menggunakan WordPress, kamu harus menentukan domain dan web hosting yang akan kamu gunakan. Buat kamu yang masih bingung apa yang dimaksud dengan domain dan web hosting, bisa pahami gambar di bawah ini.

website

a. Pilih Web Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu membutuhkan web hosting sebagai ruang penyimpanan seluruh file agar dapat diakses secara online. Semua data, teks, gambar, video dalam website akan tersimpan di Web Hosting ini. Ada beberapa jenis layanan hosting yang paling populer, antara lain:

  • Shared Hosting

Kelebihan : Harga relatif murah dan mudah digunakan (cocok untuk pemula)

Kekurangan : Kelancaran performa dan keamanan belum sebaik yang lain

Cocok untuk kamu yang ingin membuat portofolio online.

  • Cloud Hosting

Kelebihan : Mudah digunakan dan kapasitas penyimpanan yang besar

Kekurangan : Rentan terkena cyber attack karena hosting ini dapat mengakses semua file yang ada di internet.

Cocok untuk kamu yang ingin membuat toko online.

  • VPS

Kelebihan : Mempunyai performa, keamanan, kapasitas penyimpanan, dan reputasi yang terbaik dibanding yang lain

Kekurangan : Harga yang lebih mahal

b. Pilih Domain

Setelah mempunyai web hosting, kamu juga harus menentukan nama domain yang unik dan menarik. Domain ini sendiri bertujuan agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan website-mu. Pada subjudul bagian ‘unsur-unsur’ di atas telah dijelaskan domain apa saja yang sering digunakan di Indonesia.

Gunakan nama domain yang mudah diingat dan hindari penggunaan tanda baca maupun simbol, serta sesuaikan dengan nama bisnis ataupun karakteristik bisnis kamu.

4. Install WordPress

Selanjutnya, kamu harus menginstall WordPress dengan langkah-langkah di bawah ini:

a. Download and Extract

Download dan unzip WordPress dari link ini https://wordpress.org/download/ 

b. Buatlah Database

Jika kamu sudah menggunakan layanan web hosting seperti penjelasan di atas, maka kamu telah mendapatkan layanan database secara otomatis. Tapi jika kamu ingin membuatnya sendiri secara manual, maka kamu bisa menggunakan phpMyAdmin.

c. Atur wp-config.php

Kamu bisa melewatkan tahapan ini dan membiarkan WordPress mengaturnya secara otomatis pada tahap ‘Install Script’ nanti. Gunanya wp-config.php ini untuk menyimpan detail informasi database yang akan tersedia dalam WordPress. Jika tidak ada wp-config.php, WordPress tidak dapat terhubung dengan database.

d. Upload File Website

Sebelum upload file, kamu harus menentukan di mana domain kamu akan muncul, misalnya:

e. Run Install Script

5. Atur Setting WordPress

Kamu tidak cukup hanya menginstall WordPress saja, kamu juga harus melakukan optimasi pada Setting WordPress. Untuk melakukan optimasi setting, kamu harus melakukan log in dengan cara berikut ini:

b. Masukkan username dan password

Kamu berhasil masuk ke dashboard WordPress, di sini lah kamu dapat mengatur beragam fitur yang tersedia seperti konfigurasi, post, plugin, dan sebagainya.

c. Selesai!

Sudah selesai langkah-langkah pembuatan website tanpa harus coding sama sekali. Namun walaupun begitu, kamu tidak serta merta hanya menjaga situs web agar dapat diakses saja, kamu juga harus mengelola situs tersebut agar tetap memiliki pengunjung yang banyak. Buatlah berbagai konten, seperti artikel yang sesuai dengan tujuan situs web kamu.

Masih Bingung? Ada Cara Yang Lebih Mudah!

Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara membuat website. Walaupun tidak memerlukan pengetahuan coding, pada kenyataannya tidak semudah itu ya. Kamu tidak perlu khawatir, buatlah situs web lebih mudah dengan harga yang terjangkau bersama brandztory. Hubungi kami melalui link ini atau bisa chat kami melalui Whatsapp di nomor: +628118811598 dan dapatkan website impianmu.