Apa Aja Sih Manfaat Foto Produk?

manfaat foto produk adalah

Foto produk terbukti mempunyai pengaruh yang besar dalam hasil penjualan. Penting bagi pelaku usaha untuk mempelajari mengenai produksi foto yang menarik sebelum melakukan penjualan. Menurut penelitian Weebly, 75% konsumen menyatakan bahwa foto sangat menentukan keputusan mereka saat membeli. Simak yuk manfaat foto produk untuk bisnismu.

Pengertian Foto Produk

Foto adalah semua gambar yang dihasilkan dari kegiatan fotografi. Sedangkan, suatu barang atau jasa yang dijual-belikan disebut sebagai produk. Dalam hal ini, foto produk adalah semua hasil visual gambar yang bertujuan untuk kegiatan promosi produk tersebut.

Foto diambil dengan menggunakan metode fotografi yang dapat memperlihatkan detail dan bentuk barang secara jelas. Biasanya, foto digunakan pada katalog, brosur, sosial media dan juga website. Pada dasarnya, kegiatan ini bermaksud untuk menarik calon konsumen agar membeli produk dalam gambar.

Manfaat Foto Produk

Jika ingin mulai berbisnis, kamu perlu memperhatikan konsep foto yang sesuai dalam bidang usahanya. Karena, baik pelaku usaha skala kecil (UMKM) maupun yang berskala besar harus mengutamakan “wajah” dari produknya. Terdapat banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari foto yang baik. Antara lain:

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tidak jarang ada konsumen yang komplain karena kualitas produk tidak sesuai dengan deskripsi saat membeli secara online. Salah satu kelemahan bisnis online adalah konsumen hanya dapat mengandalkan tulisan dan gambar  sebelum membeli. Oleh karena itu, jika foto tidak menjelaskan produk secara detail, maka kamu akan kehilangan kepercayaan konsumen.

Foto bisa menjadi jawaban bagi setiap pertanyaan yang mungkin konsumen miliki. Jika kamu dapat memberikan jawaban itu, bukan hanya membeli tapi konsumen juga akan kembali lagi untuk melakukan pembelian kedua kalinya.

2. Membangun Brand Identity

Manfaat lainnya, yaitu dapat meningkatkan brand identity karena akan meningkatkan awareness / kepekaan konsumen terhadap produk-produk kamu. Biasanya, suatu brand akan membuat konsep foto yang konsisten, sehingga dapat menunjukkan keunikan brand tersebut. Dengan begitu, saat konsumen melihat foto yang “bercerita” tentang keunikan suatu produk, mereka akan langsung mengenali brand dalam foto tersebut.

3. Meningkatkan Nilai Jual Produk

Selain membangun brand identity, foto yang menarik juga dapat meningkatkan nilai jual. Apabila kamu memamerkan foto berkualitas yang dapat menunjukkan selling point brand tersebut, maka konsumen akan beranggapan bahwa kualitas barang atau jasa memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain itu, metode fotografi yang kamu terapkan juga menentukan hasilnya, usahakan selalu menghasilkan foto yang jelas, detail, unik, dan menarik.

4. Menarik Lebih Banyak Konsumen

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gerbang pertama yang dilalui konsumen adalah gambar dari suatu produk. Konsumen akan melewati produk pada foto yang tidak berkualitas. Gambar yang memanjakan mata konsumen secara otomatis akan menarik minat mereka untuk mempelajari lebih lanjut produk tersebut. Bahkan, memungkinkan mereka melakukan konversi seperti membeli atau merekomendasikan produknya ke calon konsumen lain.

5. Meningkatkan Conversion Rates

Gambar produk bertujuan untuk menarik konsumen agar dapat meningkatkan angka penjualan. Hal ini sangat penting dalam bisnis online dimana konsumen tidak dapat melihat dan memegang secara langsung produk yang ingin dibeli.

Selama foto dapat memberikan informasi yang cukup ke konsumen, maka konsumen akan lebih yakin untuk melakukan transaksi pembelian.

Foto Produk Penting Untuk Meningkatkan Penjualan

Setiap pelaku usaha pasti ingin meningkatkan penjualan bisnisnya, dalam hal ini foto berperan sangat penting. Foto yang berkualitas dapat menarik lebih banyak konsumen, namun kenyataannya tidak mudah menghasilkan foto yang jelas, berkualitas, dan menarik.

Jika kamu kesulitan menghasilkan foto produk yang berkualitas, silahkan hubungi kami melalui link ini, atau chat melalui Whatsapp, di nomor: +628118811598 yang siap membantu kamu mendapatkan foto berkualitas untuk meningkatkan penjualan bisnis.