Intip Cara Dapetin Monetisasi YouTube Terbaru 2021

Buat kamu yang pernah bikin konten di YouTube tapi gagal menghasilkan uang, berarti kamu belum mengetahui cara monetisasi YouTube terbaru.

Sudah bukan jadi rahasia lagi, YouTube merupakan salah satu platform yang menjanjikan untuk menghasilkan uang. Bagi kamu yang pernah mencoba buat konten di YouTube tapi gagal menghasilkan pundi-pundi uang, berarti kamu belum mengetahui cara monetisasi YouTube terbaru. Memonetisasi akun memang tidak mudah karena cara dan syaratnya yang dapat berubah setiap tahun, tergantung dari kebijakan dan algoritma YouTube itu sendiri.

Simak tips dan trik di bawah ini supaya dapet monetisasi dari YouTube tanpa gagal!

Rumus Algoritma YouTube

Salah satu syarat utama untuk bisa monetisasi YouTube adalah memiliki 1000 subscriber terlebih dahulu. Jadi, sebelum membicarakan cara monetisasi, wajib hukumnya buat kamu untuk tau rumus algoritma YouTube saat ini. Rumus inilah yang akan menilai apakah video kamu berkualitas baik dan dapat direkomendasikan ke lebih banyak penonton atau tidak. Semakin bagus video di mata algoritma, maka semakin tinggi angka viewers yang kamu dapatkan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar video kamu terlihat bagus di mata algoritma YouTube.

1. Faktor Metadata

Metadata adalah segala hal yang berhubungan dengan tata bahasa dan interaksi kamu dengan penonton. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Pilih niche atau tema yang kamu minati, tema inilah yang akan menjadi ciri khas YouTube kamu
  • Gunakan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan niche 
  • Gunakan keyword atau kata kunci yang ‘trending’ saat membuat judul
  • Pilih satu keyword yang ‘sama’ saat membuat judul dan deskripsi
  • Pilih tag yang tepat sesuai niche dan judul video
  • Gunakan fitur hashtag 
  • Tulis penjelasan singkat mengenai isi video di bagian deskripsi
  • Tulis kata-kata menarik di thumbnail video
  • Selalu ingatkan penonton untuk berlangganan (subscribe) pada awal dan akhir video
  • Gunakan tools SEO, seperti google trends untuk mencari keyword yang menarik dan trending
  • Cek rutin YouTube Analytic akun kamu, benahi konten, judul, dan thumbnail kamu jika angka CTR (jumlah klik) lebih tinggi dibandingkan angka Average View Duration (durasi video ditonton)
  • Buat jadwal dan selalu konsisten membuat video sesuai niche yang kamu pilih
  • Tambahkan video recommendation di akhir video
  • Gunakan fitur subtitle agar penonton dapat menikmati video kamu tanpa harus mendengarkan suara audio
  • Gunakan editing yang menarik agar penonton tidak mudah bosan

2. Faktor Engagement

Engagement adalah semua hal yang berhubungan dengan besaran angka likes, subscribe, share, dan komentar yang kamu dapatkan. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan, antara lain:

  • YouTube melihat tingkat engagement 3×24 jam pertama setelah video di-upload. Jika dalam waktu tersebut kamu mendapatkan banyak viewers, maka video kamu layak masuk ke dalam kolom trending.
  • Usahakan jumlah likes lebih tinggi dibandingkan dislike
  • Usahakan angka like, komentar, share, dan subscriber selalu meningkat, tidak pernah menurun secara drastis
  • Durasi video, jangan terlalu lama. Minimal 5 menit untuk menarik perhatian penonton
  • Semakin banyak video yang up to date atau keluaran terbaru, maka akan terlihat lebih baik di mata YouTube

Di tahun 2021 ini, YouTube tidak terlalu banyak mengubah algoritmanya, selama kamu mengikuti tips-tips di atas, peningkatan angka viewers pun akan kamu dapatkan. Satu hal yang berubah adalah jika kamu membuat konten anak-anak, seperti kartun, animasi, ataupun live action, maka di tahun ini kamu tidak dapat lagi memonetisasi akunmu. Alternatifnya, kamu bisa membuat konten tersebut di platform khusus, YouTube Kids yang menayangkan iklan khusus untuk tayangan anak-anak.

Algoritma Monetisasi YouTube
Algoritma Monetisasi YouTube

Cara Monetisasi YouTube

Setelah mendapatkan viewers yang banyak, sekarang waktunya memonetisasi YouTube-mu! YouTube Partner adalah sebutan untuk kamu yang berhasil monetisasi. Saat ini untuk bisa memonetisasi akun, kamu harus mendaftar untuk bergabung ke Program Partner YouTube (YPP). Proses ini juga lah yang membuat banyak kreator gagal memonetisasi kontennya. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan:

1. Kebijakan Monetisasi YouTube

Kamu harus memenuhi seluruh kebijakan yang ditetapkan oleh pihak YouTube sebelum ataupun sesudah melakukan monetisasi. Secara rutin akan ada peninjauan dari tim YouTube apakah channel yang melakukan monetisasi mematuhi kebijakan tersebut atau tidak. Peninjauan tersebut akan memperhatikan hal-hal berikut ini:

a. Tema utama

b. Video yang paling sering ditonton

c. Video terbaru

d. Proporsi waktu tonton terbesar

e. Metadata video (judul, thumbnail, dan deskripsi)

Hal-hal di atas tidak boleh mengandung spam, scam, SARA, ujar kebencian, dan cyber bullying agar mendapatkan persetujuan monetisasi. Namun, walaupun sudah disetujui tapi saat peninjauan rutin ditemukan adanya pelanggaran, maka pihak YouTube akan memberikan sanksi, sebagai berikut:

a. Menonaktifkan iklan dari konten kamu

b. Menangguhkan partisipasi kamu dalam YPP

c. Menangguhkan atau bahkan menghentikan channel YouTube-mu

2. Persyaratan Teknis

Selain mematuhi kebijakan YouTube, setiap kreator juga harus mengajukan permohonan bergabung ke dalam YPP, yaitu dengan mengikuti tahapan di bawah ini:

a. Mematuhi kebijakan seperti yang dijelaskan sebelumnya dan tidak memiliki teguran pedoman komunitas yang aktif di channel kamu

b. Tinggal di negara tempat YPP tersedia, Indonesia termasuk ke dalamnya

c. Memiliki total jumlah tayang lebih dari 4.000 jam yang ditonton publik dalam 12 bulan terakhir

d. Memiliki lebih dari 1.000 subscribers

e. Menghubungkan Google AdSense ke YouTube-mu

  • Pada bagian kanan atas, klik foto profil dan masuk ke pilihan ‘YouTube Studio’
  • Di menu kiri, klik ‘Monetisasi’
  • Klik ‘Mulai’ di kartu “Tinjau persyaratan Program Partner”
  • Dan ikuti perintah yang tertera dalam halaman tersebut
  • Pastikan hanya memiliki 1 akun Google AdSense

f. Mengajukan permohonan monetisasi

Klik ‘Mulai’ di kartu ‘Daftar ke Google AdSense’, jika sudah memiliki akun maka bisa menghubungkan akun tersebut ke dalam YouTube.

g. Hasil peninjauan:

  • Jika disetujui: Kamu bisa memilih preferensi iklan dan mengaktifkan monetisasi di video yang akan di-upload.
  • Jika ditolak: Kamu dapat mendaftar ulang 30 hari setelah penolakan.

Waktu peninjauan sekitar 1 bulan atau lebih setelah kamu mencapai jumlah minimum subscriber.

3. Pendaftaran Google AdSense

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu tahapan persyaratan yang harus kamu penuhi adalah memiliki akun Google AdSense, yang akan dihubungkan dengan akun YouTube-mu. Kamu hanya boleh memiliki satu akun AdSense dengan nama penerima pembayaran yang sama. Buat kamu yang belum mempunyai akun Google AdSense, bisa mengikuti tahapan ini:

  • Pada bagian kanan atas, klik foto profil dan masuk ke pilihan ‘YouTube Studio’
  • Di menu kiri, klik ‘Monetisasi’
  • Klik ‘Mulai’ di kartu “Daftar ke Google AdSense”
  • Pilih akun google yang ingin kamu gunakan untuk AdSense
  • Log in akun Google AdSense kamu dan beri informasi kontak, lalu kirim.

Jika kamu tidak tau atau lupa apakah pernah membuat akun AdSense atau tidak, kamu bisa memeriksanya dengan cara search inbox pada gmail yang berasal dari “AdSense” atau “[email protected]”.

Tidak dapat Monetisasi YouTube
Tidak dapat Monetisasi YouTube

Keuntungan Monetisasi YouTube

Tidak terbatas hanya untuk mendapatkan sejumlah uang, ternyata jika kamu menjadi bagian dari YPP, kamu juga akan mendapatkan akses, sebagai berikut:

1. Akses Ke Tim Dukungan Kreator

Tim ini disediakan oleh YPP agar kamu bisa bertanya hal apapun mengenai cara mendapatkan hasil yang maksimal sebagai kreator di kanal YouTube. Mulai dari cara memahami pedoman kebijakan dan hak cipta, cara memperbaiki bug pada akun, bahkan juga pertanyaan tentang berbagai layanan YouTube.

2. Akses ke Copyright Match Tool

Copyright Match Tool berguna untuk melindungi kontenmu dari plagiasi atau penjiplakan konten. Alat ini akan mencari video yang sama persis dengan video kamu yang ada di channel lain. Jika ada video yang cocok, maka kamu bisa mengajukan penghapusan video plagiat tersebut.

3. Akses ke Fitur Monetisasi

Kamu pasti sudah tau kegunaan fitur ini, yaitu untuk menghasilkan uang. Kamu akan menghasilkan uang dari pendapatan iklan, YouTube premium, merchandise, super chat & stickers, dan subscribers yang kamu dapatkan.

Tanpa monetisasi YouTube, kamu juga bisa mendapatkan uang melalui Pendanaan YouTube Shorts sebesar US$100 sampai US$10.000. Caranya dengan memenuhi syarat, yaitu mengupload video short yang kreatif dan orisinil dalam 180 hari terakhir.

Fitur Monetisasi YouTube

Di tahun 2021 ini, iklan bukanlah satu-satunya sumber penghasil uang di YouTube. Tim YouTube telah memberikan kesempatan yang lebih besar buat kreator untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak melalui fitur-fitur ini:

1. Iklan

Sumber pendapatan iklan berasal dari iklan display, overlay, dan video, di setiap konten yang kamu aktifkan fitur iklannya. Kamu dapat mengontrol penempatan iklan agar muncul di awal, di tengah, atau di akhir video.

Syarat

  • Berusia minimal 18 tahun, atau memiliki wali sah untuk menangani pembayaran melalui AdSense.
  • Konten sesuai dengan pedoman konten dari tim YouTube

2. Langganan Channel

Kamu akan mendapatkan penghasilan dari subscriber / pelanggan channel-mu yang melakukan pembayaran bulanan dengan imbalan, adanya keistimewaan khusus yang mereka dapatkan.

Syarat

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber

3. Merchandise

Kamu juga dapat menghasilkan uang dari penjualan merchandise yang telah kamu produksi di channel YouTube milikmu. Penggemar akan membeli merchandise yang terpampang di halaman video kamu.

Syarat :

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki lebih dari 10.000 subscriber

4. Super Chat & Super Stickers

Untuk fitur ini, penggemar kamu harus membayar agar pesanan yang ingin dibeli diperjelas dalam streaming chat.

Syarat

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tinggal di negara di tempat Super Chat tersedia

5. YouTube Premium

Setiap penggemar yang berlangganan YouTube Premium dan menonton konten kamu, maka kamu akan mendapatkan bagian dari biaya langganan tersebut.

Syarat : Membuat konten yang ditonton oleh pelanggan YouTube premium

Walaupun sudah tau cara monetisasi dan menggunakan rumus algoritma YouTube untuk menaikkan viewers, jika kamu tidak membuat konten yang ingin ditonton oleh banyak audiens, impian menghasilkan uang dari platform YouTube pun tidak dapat terwujud. Inilah yang sering kali dilupakan oleh para kreator! 

Buatlah konten terbaik sebanyak-banyaknya sembari belajar untuk dapat menghasilkan pundi-pundi uang di kemudian hari. Demikian informasi tentang algoritma dan cara monetisasi YouTube, semoga bermanfaat! Jangan lupa Subscribe channel Brandztory di sini.